E-SABAK DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Muhammad Fajri(1*), Erry Utomo(2)

(1) SDN Pondok Petir 01
(2) Prodi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan perangkat e-sabak untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis siswa kelas IV SDN Pondok Petir 01, Kota Depok. Penelitian dilakukan selama 3 bulan pada Februari sampai April 2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memotret dan mengidentifikasi penggunaan e-sabak dalam mengembangkan kemampuan berpikir matematis di kelas IV SDN Pondok Petir 01. Kemampuan berpikir matematis perlu dikembangkan dalam rangkaian pembelajaran. Oleh karenanya, pengembangan pembelajaran dapat mengoptimalkan dan mengembangkan kemampuan berpikir matematis siswa. E-sabak merupakan perwujudan keduanya yang mana di dalamnya tertanam berbagai aplikasi inovatif untuk menunjang proses pembelajaran di kelas. Penggunaan e-sabak pada pembelajaran matematika khususnya di kelas IV SDN Pondok Petir 01 dilakukan untuk mendorong kemampuan berpikir matematis siswa. Konten yang disajikan dalam e-sabak mendukung kemampuan berpikir matematis siswa dalam penyelesaian masalah yang bertautan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan siswa mampu menyelesaikan persoalan dengan menggunakan perangkat e-sabak yang tertanam konten pembelajaran matematika sesuai kompetensi dasar matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penggunaan e-sabak memudahkan siswa mengembangkan kemampuan berpikir matematisnya secara efektif dan optimal.

Keywords


Berpikir Matematis; e-sabak; pembelajaran matematika; siswa kelas IV Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


B.R. Hergenhahn, M. H. (2008). Theories of Learning, terjemahan oleh Triwibowo B.S. (1 ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

ÇEL?K, B. T. T. A. E. A. (2015). A daunting task for pre-service mathematics teachers: Developing students mathematical thinking. Educational Research and Reviews Journal, 10(7), 1015–1022. https://doi.org/10.5897/ERR2015

Creswel, J. C. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. California: Sage Publications.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Matthew B Miles, M. H. (2014). Qualitative Data Analyze: A Method Source Book. London: Sage Publishing.

RC Bogdan. (1982). Qualitative Research for Education: An Intruduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.

Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Suwandayani, B. I. (n.d.). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang. Primary School Education Journal, UM Surabaya, 2(1), 78–88.

Virinyapong, R., & Harfield, A. (2013). Facing the challenges of the One-Tablet-Per-Child policy in Thai primary school education. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, Vol 4(9).

Warsihna, J., Mutmainah, S., & Utari, I. (n.d.). E-Sabak untuk Pembelajaran di Indonesia. Jurnal Teknodik, Vol 19, No, 293–304.

Winarso, W. (2014). Membangun Kemampuan Berfikir Matematika Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Induktif, Deduktif dan Induktif-Deduktif Dalam Pembelajaran Matematika. Eduma, 3(2), 95–118.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5445

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Fajri, Erry Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter