Realistic Mathematic Education pada Barisan dan Deret Aritmetika Berbasis Kehidupan Islami Pondok Pesantren
(1) Universitas Madura
(2) Universitas Madura
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model Realistic Mathematic Education pada materi barisan dan deret aritmetika berbasis kehidupan Islami Pondok Pesantren yang dilakukan selama dua kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA MA Matsaratul Huda. Data yang diperoleh berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa, dokumentasi dan tes. Hasil analisis data observasi aktivitas guru memperoleh nilai akhir dan hasil analisis data observasi aktivitas siswa memperoleh nilai akhir . Selain itu, siswa juga merespon “Positif” terhadap pembelajaran dengan persentase . Secara klasikal hasil tes belajar siswa memperoleh hasil sehingga ketuntasan belajar siswa dapat dikatakan “Tuntas”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika melalui Realistic Mathematic Education dapat membantu siswa memahami materi dan dapat memberikan pengetahuan baru tentang hubungan matematika dan kehidupan nyata yang berbasis Islami di lingkungan Pondok Pesantren.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA
Cooper, B. & Harries, T. (2002). Children’s Responses to Contrasting ‘Realistic’ Mathematics Problems: Just How Realistic are Children Ready to Be. Educational Studies in Mathematics, 49(2), 1-23 https://www.jstor.org/action/doBasicSearch?Query
Creswell, J. W. (2013). Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches Third Edition. California: SAGE Publication
Fathani, A. H. (2014). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Freudenthal, H. (1968). Why to Teach Mathematics So As to be Useful. Educational Studies in Mathematics, 1(1-2). 3-8 https://link.springer.com/article/10.1007/BF00426224
Gravemeijer, K. P. E. (1995). Developing realistic Mathematics Education (Ontwikkelen van realistisch reken/wiskundeonderwijs). Tijdschrift voor Didactiekder B-wetenschappen, 13(3), 271-276 https://research.vu.nl/en/publications
Gravemeijer, K. & Doorman, M. (1999). Context Problems in Realistic Mathematics Education: A Calculus Course As An Example. Educational Studies in Mathematics, 39(1-3), 111–129 https://link.springer.com/article/10.1023/A%3A1003749919816
Jannah, U. R. (2013). Teori Dienes dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Interaksi, 8(2), 126–131 http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_interaksi/article/viewFile/324/274
Jannah, U. R., Nusantara, T., Sudirman. & Sisworo. (2019). Students’ Characteristics of Students’ Obstacles in Understanding The Definition of A fuction. IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci, 243(012134)
Moleong, L. J. (2013). Metode Peneltian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ningsih, P. R. (2013). Penerapan Metode Realistic Mathematic Education (RME) pada Pokok Bahasan Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai di Kelas VII E SMP IPIEMS Surabaya. Gamatika, 3(2), 177-184 https://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/gamatika/article/view/377
Papadakis, S., Kalogiannakis, M. & Zaranis, N. (2017). Improving Mathematics Teaching in Kindergarten with Realistic Mathematical Education. Early Childhood Education Journal 45(3), 369–378 https://link.springer.com/article/10.1007/s10643-015-0768-4
Revina, S. & Leung, F. K. S. (2019). How the Same Flowers Grow in Different Soils? The Implementation of Realistic Mathematics Education in Utrecht and Jakarta Classrooms. International Journal of Science and Mathematics Education, 17(3), 565–589 https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-018-9883-1
Saharah., I Nyoman, M. & Baharuddin, P. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD Integral Rahmatullah Tolitoli pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(3), 178-192 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/5484
Subaidi, A. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Setting Learning Together (LT) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Sigma, 2(1), 1–4 http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/69/54
Van Den Heuvel-Panhuizen, M. (2003). The Didactical Use of Models in Realistic Mathematics Education: An Example from A Longitudinal Trajectory On Percentage. Educational studies in Mathematics, 54(1), 9–35 https://link.springer.com/article/10.1023/B%3AEDUC.0000005212.03219.dc
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternstif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Wubbels, T., Korthagen, F. & Broekman, H. (1997). Preparing Teachers for Realistic Mathematics Education, Educational Studies in Mathematics, 32(1), 1–28 https://link.springer.com/article/10.1023/A:1002900522457
Zulkardi, Z., Putri, R. I. I. & Wijaya, A. (2019). In M. van den Heuvel-Panhuizen (Ed.), Visions on and Experiences with Realistic Mathematics Education. International Reflections on the Netherlands Didactics of Mathematics
La Jamaa. (2015). Integrasi Matematika dan Islam. (Online), accessed 09 November 2018, 1-6 https://syariah.iainambon.ac.id/index.php/artikel-dosen/integrasimatematikadan-islam-dr-la-jamaamhi
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5163
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ukhti Raudhatul Jannah, Towafi Towafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530