Pengembangan Media Kit Pembelajaran untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar terhadap Materi Pecahan Sederhana

Fita Ayu Apriyasha(1*), Taufik Hidayat(2), Nareswari Anita(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran sehingga siswa lebih mudah memahami konsep dasar pecahan dan memberikan rasa senang bagi siswa. Pengembangan desain pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model desain sistem pembelajaran ADDIE (Analysis Design Develop Implement Evaluate) yang dipadukan menurut langkah-langkah penelitian pengembangan yang di rekomendasi oleh Borg dan Gall dengan dasar pertimbangan bahwa model tersebut cocok untuk mngembangkan produk model instruksional ADDIE (Analysis Desain Develop Implement Evaluate). Media pembelajaran Puzzle Pecahan dibuat sehingga  membantu siswa memahami konsep dasar pecahan dan memberikan rasa senang siswa untuk mewujudkan terciptanya pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013


Keywords


Media, Pembelajaran, Puzzle, Pecahan

Full Text:

PDF

References


Ardiyansah, A. (2012). Film Animasi sebagai Medium Dokumentasi Kekayaan Alam, Intelektual, Budaya, dan Dinamika Sosial Politik. Humaniora, 3(2): 668-677. https://doi.org/10.21512/humaniora.v3i2.3411.

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: Skills for the future. The Clearing House, 83(2), 39-43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. New York: Springer

Eliza, R. (2010). Media pembelajaran sebagai sarana komunikasi matematika di Sekolah Dasar. Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, 13(2): 152-160.

Fauziyah, L., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika yang menunjang pendidikan karakter siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 149-163. http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2715.

Gülbahar, Y., & Tinmaz, H. (2006). Implementing project-based learning and e-portfolio assessment in an undergraduate course. Journal of Research on Technology in Education, 38(3), 309-327. https://doi.org/10.1080/15391523.2006.10782462

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, Dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A.R. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika siswa SMP berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43-52

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyatna, F., & Nofiansyah, W. (2019). Error patterns in determining combined probability functions from continuous random variables. Journal of Physics: Conf. Series, 1188(1)

Sadiman, A. (2002). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3884

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fita Ayu Apriyasha, Taufik Hidayat, Nareswari Anita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter