Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika
(1) universitas indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mempelajari Peranan Metode Pembelajaran Pembelajaran Kolaboratif terhadap Pemecahan Masalah Matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel diambil dalam penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII di Kecamatan Jagakarsa yaitu: MTs Nurussaadah Jakarta dan SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta tahun ajaran 2018/2019, dengan masing-masing siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol 25 siswa. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 50 siswa, dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan bantuan soal esai untuk variabel pemecahan masalah matematika siswa.Uji hipotesis penelitian menggunakan uji –t dan diperoleh hasil. Perlu DAPAT disimpulkan, yang disediakan Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning terhadap pemecahan masalah matematika. Metode Pembelajaran Kolaboratif dapat digunakan sebagai alternatif bagi guru dalam melakukan pembelajaran untuk membuat pembelajaran yang aktif, efektif dan tidak dapat digunakan.
Full Text:
PDFReferences
DEPDIKNAS. (2008). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: visi media.
Dewi, M., & Suhendri, H. (2017). Pengaruh Kemandirian Dan Ketahanmalangan (ADVERSITY QUOTIENT) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, ISSN: 2581-0812.
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negri 1 PERCUT SEI TUAN Melalui Pendekatan Differentiated Intruction. MES VOL.2.
Handayani, B. D. (2011). Efektifitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. VI (1).
Hasannudin, L. U. (2011). Model Pembelajaran Kolaboratif Bagi Pendidikan. Universitas Hasanuddin.
Inah, E. N., & Pertiwi, U. A. (2017). Penerapan Collaborative Learning Melalui Permainan Mencari Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Al- Ta'dib vol.1 (1).
Lestari, E. I. (2016). Pentingnya Penerapan Collaborative Learning Pada Pembelajaran SD Dengan Tepat. jurnal pendidikan, 6.
Luddin, M. (2016). ISU - ISU KRISIS DALAM PENDIDIKAN TINGGI. Yogyakarta: Deepublish.
Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh Kemadirian Dan Konsep Diri Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. (JKPM) Jurnal Kajian Pendidikan Matematika VOL.4,No.1.
Siswono, T. Y. (2012). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Pendidikan, 1-9.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Gramedia.
Wear, A. S., & Indrawati, R. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Dan Diskusi Pada Materi Pokok Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. (JKPM) Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 163.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3875
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 iffah karimah, Huri Suhendri, Condro Endang Werdiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530