Desain Komik Strip Matematika pada Materi Statistika untuk Kelas VI Tingkat Sekolah Dasar

Syarifah Nadiyah(1*), Finna Yunilia Wijaya(2), Arif Rahman Hakim(3)

(1) AQILA BIMBEL
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
(3) Program Studi Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk desain komik strip matematika. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 ini bertempat di dua sekolah, yaitu: SD Negeri Cipinang Cempedak 04 Pagi, Jakarta Timur dan SD Assalafy Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE yang terbatas pada tahap Analisys, Design, dan Depelovement. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa yang dilakukan di dua sekolah tersebut, belajar matematika menggunakan komik strip matematika lebih membangkitkan minat siswa dalam belajar. Komik strip matematika ini dapat memfasilitasi guru dan orangtua untuk kegiatan belajar siswa, baik di sekolah ataupun di rumah.

Keywords


Media Pembelajaran, Komik Strip Matematika.

Full Text:

PDF

References


Annajmi. (2018). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai. Eddumatica. 8: 2-8.

Arifin. (2010). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arjuna. (2011). Komik sebagai Media Pembelajaran. Artikel. Diakses dari http://arjunabelajar.blogspot.com/2011/03/komik-sebagai-mediapembelajaran.html

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Branch, R. M. (2011). Instructional Design: The ADDIE Approach. London: Springer.

Fahmi, F. K. (2016). Pengembangan Media Games Education dalam Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). 1(2): 216–226.

Hakim, A. R. (2017). Pembelajaran Matematika yang Mudah dan Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, 271–281.

Khasanah, A. F. (2018). Pengembangan Soal Cerita Menggunakan Komik Matematika Bernuansa Islami pada Materi Perbandingan Kelas VII. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1): 43-52.

Malasari, N. & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1): 15-22.

Pritandhari, M. (2016). Penerapan Komik Strip sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 4(2): 1–7.

Rohani, A. (2014). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2): 290-304.

Sudjana, N. & Rivai. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., dkk. (2001). Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI.

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3870

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syarifah Nadiyah, Finna Yunilia Wijaya, Arif Rahman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter