Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Diskrit Melalui Problem Based Learning pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Matematika Universitas Hasyim Asy’ari

Novia Dwi Rahmawati(1*)

(1) Universitas Hasyim Asy’ari
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kualitas pembelajaran matematika diskrit melalui Problem Based Learning pada mahasiswa semester IV prodi pendidikan matematika Universitas Hasyim Asy’ari. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan: (1) Keterampilan dosen mengalami peningkatan, yaitu pada  siklus I jumlah skor 41 dengan kategori tinggi dan pada  siklus II jumlah skor 49 dengan kategori sangat tinggi; (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu  pada siklus I jumlah skor rata-rata yang diperoleh 19,34 dengan kategori tinggi dan pada siklus II skor rata-rata meningkat mencapai 22,51 dengan kategori sangat tinggi; (3) Ketuntasan belajar mahasiswa mengalami peningkatan pada siklus I ketuntasan belajar 66,7% dan  pada  siklus II ketuntasan belajar 83,4% dengan KKM lebih dari atau sama dengan 65

Full Text:

PDF

References


Badden, M. S., & Wilkie, K. (2004). Chalengging Research in Problem Based Learning. London: Open University Press

Depdiknas. (2004). Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Eggen, P., & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Glazer, E. (2001). Problem Based Instruction. In M. Orey (Ed.), Emerging perspectives on learning, teaching, and technology. [Online]. Tersedia : http://www.textbookequity.org [15 Mei 2016]

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Halonen. D. (2010). Problem Based Learning: A case study. Education Today, 5 (2): 31-39

Hopkins, D. (2008). A Teacher’s Guide to Classroom Research. New York: Open University Press

Mulyatna, F. & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2): 147.

Priyastutik, S., Suhendri, H., & Kasyadi, S. (2018). Pengaruh Kemandirian dan Konsep Diri terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4 (1): 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3787

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Novia Dwi Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter