PENGARUH TES POTENSI AKADEMIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ganjar Susilo
Tri Astuti Nur'aini

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of students' academic potential tests on mathematics learning achievement. This research was conducted in class XI students of Kutai Kartanegara District Senior High School in Academic Year 2018/2019. The sampling technique uses stratified cluster random sampling which is based on the national average test scores for the mathematics year 2017/2018. In the upper category schools, selected Tenggarong Superior 3 High School, selected middle school category Samboja 1 Public High School and 1 Muara Jawa Public High School, selected lower category school Sangasanga 1 High School. The data analysis technique uses multiple regression analysis. Based on the results of the study it was found that there was an effect of the academic potential test on the mathematics learning achievement of the students of Class XI Public High School in Kutai Kartanegara District

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tes potensi akademik siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling yang berdasarkan nilai rata–rata ujian nasional mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2017/2018. Pada sekolah kategori atas, terpilih SMA Negeri 3 Unggulan Tenggarong, sekolah kategori sedang terpilih SMA Negeri 1 Samboja dan SMA Negeri 1 Muara Jawa, sekolah kategori bawah terpilih SMA Negeri 1 Sangasanga. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh tes potensi akademik dengan prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri Kelas XI di Kabupaten Kutai Kartanegara.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2008). Kualitas Tes Potensi Akademik (TPA) 07A. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 12(2), 231–250.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian (2nd ed.). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Epriliyanti, L. W., & Amin, S. M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Dan Spasial-Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(6), 123–130. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/19746/0.

Gultom, A. S., & Bukit, N. (2013). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions dan Tes Potensi Akademik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Optik Geometri. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2).

Primartadi, A. (2012). Pengaruh Metode Student Teams-Achievement Division (STAD) Dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Potensi Akademik Siswa SMK Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 143–153. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1024.

Riswanto, I. (2013). Pengembangan Soal Tes Potensi Akademik Numerik Penerimaan Siswa Baru SMP Berbantuan Media Berbasis Wireless Application Protocol Java 2 Micro Edition (J2ME). Jurnal Pancaran Pendidikan, 2(1), 95–104. Retrieved from http://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/665.

Sarwa, I. N. (2010). Determinasi Potensi Akademik, Bakat Kinestetik, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Karawitan Pada Mahasiswa Jurusan Karawitan Fakultas Seni Pertunjukkan Institut Seni Indonesia Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1–15. Retrieved from http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pp/article/view/23.

Widhiarso, W. (2016). Sekilas Tentang Potensi Akademik. Retrieved June 7, 2018, from http://upap.psikologi.ugm.ac.id/sekilas-tentang-tes-potensi-akademik.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2975

Article metrics

Abstract views : 19 | Full Text views : 8

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.