Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Membaca terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adzani, M. I., Fahmi, L. Z., Sa’adah, N., & Ruqoiyyah, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang di SDN 26 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Hukum, 6(2), 10–18.
Aini, S. W., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Taksonomi pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 933–948. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.513
Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65.
Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.6019
Argaruri, Y., Sulianto, J., Listyarini, I., & Rini, D. N. K. S. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 189–201.
Arima, M. T., Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818
Astuti, N. P., Suntari, Y., & EW, E. D. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Komik Digital Berbasis PjBL terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 436–449. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15489
Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778
Aulia, S., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Hubungan Literasi Membaca Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDV Mangga Besar 01. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7533–7543. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14187
Biantoro, O. F. (2024). Efektifitas Media Video dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 222–233. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.247
Bicer, A. (2021). A Systematic Literature Review: Discipline-Specific and General Instructional Practices Fostering the Mathematical Creativity of Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 252–281. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1254
Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516
Dewi, N. W. D. P., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan), 20(1), 94–101. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.411
Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8
Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Journal of Education, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.
Diniarti, A., Witono, A. H., & Nurmawanti, I. (2024). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 31 Mataram. Jurnal Educatio, 10(1), 221–226. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6596
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Fadhilah, M. N. (2021). Peran Literasi Digital dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa PGMI. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456
Fitroh, I., Rosidi, M. I., & Juniarti, G. (2024). Sosialisasi Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo. Communnity Development Journal, 5(1), 2468–2473. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25453
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). How Can Students Improve Their Reading Comprehension Skill? Journal of Studies in Education, 6(2), 229. https://doi.org/10.5296/jse.v6i2.9201
Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004
Hasanah, S. N., Cholily, Y. M., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGf). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898
Hunady, J., Pisár, P., Vugec, D. S., & Bach, M. P. (2022). Digital Transformation in European Union: North is leading, and South is lagging behind. International Journal of Information Systems and Project Management, 10(4), 39–56. https://doi.org/10.12821/ijispm100403
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290
Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 284–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233
Krawitz, J., Chang, Y. P., Yang, K. L., & Schukajlow, S. (2022). The Role of Reading Comprehension in Mathematical Modelling: Improving the Construction of a Real-World Model and interest in Germany and Taiwan. Educational Studies in Mathematics, 109(2), 337–359. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10058-9
Kustiyarto, R. A., & Marhaeni, N. H. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan Game Edukasi Berbasis Construct 2 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Literasi Digital. Arsen: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.30822/arsen.v2i2.3381
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529
Lestari, D. I., Ibda, H., & Defriono, I. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Sikap Bijak Bermedia Sosial Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rasyidin Payaman. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 6(1), 38–50.
Lovianova, I. V., Yu Kaluhin, R., Kovalenko, D. A., Rovenska, O. G., & Krasnoshchok, A. V. (2022). Development of Logical Thinking of High School Students Through a Problem-Based Approach to Teaching Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 2288(1), 1–19. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2288/1/012021
Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UINSU Medan di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244
Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–235. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Manar, K., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Analisis Strategi dalam Mengatasi Kesulitan Pemecahan Pembagian Bersusun pada Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(2), 22–29. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.459
Marweli, & Meiliasari. (2024). Faktor Penyebab Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dalam Belajar Matematika: Systematic Literatur Review. Supermati: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 234–245. https://doi.org/10.33627/sm.v8i2.2824
Mashudi. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Mohzana. (2023). Penerapan Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 223–232. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.6069
Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183–191. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1898
Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276
Mulyoto, R. H., Sutirna, S., & Effendi, K. N. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Deret Aritmatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 170–179. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2809
Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 72–76. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i2.6102
Nikmah, E. A., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2021). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Model Problem Solving Berbantuan Magic Spin Board. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 81–89. https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.5956
Novitasari, D., MS, A. T., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916
Pahlavan, K., & Krishnamurthy, P. (2021). Evolution and Impact of Wi-Fi Technology and Applications: A Historical Perspective. International Journal of Wireless Information Networks, 28(1), 3–19. https://doi.org/10.1007/s10776-020-00501-8
Peng, D., & Yu, Z. (2022). A literature review of digital literacy over two decades. Education Research International, 2022(1), 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/2533413
Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263
Pratiwi, H., Elisa, M., Ariyani, M., & Harahap, M. (2024). Literasi Digital sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allim, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.25299/jpim.2024.19628
Proviara, M. M., Hartoyo, A., Fitriawan, D., Rif’at, M., & Jamiah, Y. (2024). Kemampuan Literasi Membaca dan Minar Belajar dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Cerpen Karya Nadia Cassinie. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 203–219. https://doi.org/10.23960/mtk/v12i3.pp203-219
Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233
Qorimah, E. N., Saputri, D. A., Firmansyah, D. A., & Cahyani, D. A. (2025). Analisis Penerapan Quiziz pada Materi Kenampakan Alam dan Keberagaman Sosial Budaya di Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.21137/sjes.2025.5.1.8
Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738
Ritno, Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67
RivaI, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika untuk Pemahaman Konsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–68.
Said, S. (2023). Peran Tekonologi sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300
Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449
Sinaga, M. E., & Simanjorang, M. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Parmaksian yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 178–186. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6019
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492
Srimuliyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.70437/jedu.v1i1.2
Sulistyawati, E., & Rahayu, D. S. (2022). Perkuliahan Online: Bagaimana Literasi Digital Calon Guru Matematika Berbantuan Lembar Kerja Etnomatematika dan GeoGebra? INOMATIKA, 4(1), 68–82.
Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. Seminar Nasional FMIPA Undiksha, 39–46.
Syawaludin, M. R. (2024). Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMKN 3 Bengkalis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika Dan IPA, 4(3), 512–523. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.736
Taherdoost, H. (2022). What are Different Research Approaches? Comprehensive Review of Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Research, Their Applications, Types, and Limitations. Journal of Management Science & Engineering Research, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.30564/jmser.v5i1.4538
Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745–26757.
Tinmaz, H., Lee, Y. T., Fanea-Ivanovici, M., & Baber, H. (2022). A Systematic Review on Digital Literacy. Smart Learning Environments, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s40561-022-00204-y
Usmaulidar, Fitria, Y., & Darmansyah. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Sumber Belajar Peserta Didik di Sekolah. Didaktik: Junal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 301–316. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2408
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Widianti, H. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Peserta Didik di SMAN 1 Kertosono Kab. Nganjuk). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(1), 101–114. https://doi.org/10.29138/lentera.v20i01.441
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697
Yusuf, M. A., Herman, H, T., Abraham, A., & Rukmana, H. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 6(2), 13331–13344. http://jonedu.org/index.php/joe
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Zebua, J. Y., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 692–696. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1455
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.29001
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Ihsan Hamin, Hesti Erviana, Nurhalizah. R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530