Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Membaca terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik

Muhammad Nur Ihsan Hamin(1*), Hesti Erviana(2), Nurhalizah Ramli(3)

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap minat belajar matematika, pengaruh literasi membaca terhadap minat belajar matematika, dan pengaruh literasi digital dan literasi membaca terhadap minat belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMA Negeri 3 Makassar dengan sampel sebanyak 197 peserta didik kelas XI yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Berdasarkan hasil pengujian statistik deskriptif dan uji prasyarat serta uji hipotesis dengan menerapkan statistik inferensial, diperoleh bahwa terdapat pengaruh literasi digital terhadap minat belajar matematika dengan dasar keputusan nilai sig 0,000 < sig 0,05 maka H1 diterima, tidak terdapat pengaruh literasi membaca terhadap minat belajar matematika dengan dasar keputusan sig 0,068 > sig 0,05 maka H0 diterima, serta terdapat pengaruh literasi digital dan literasi membaca terhadap minat belajar matematika dengan dasar keputusan nilai sig 0,000 < sig 0,05 maka H1 diterima. Temuan penelitian ini penting bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran matematika yang lebih relevan pada kebutuhan zaman. Diharapkan proses pembelajaran dapat menerapkan teknologi secara efektif dan memfasilitasi peserta didik dengan media pembelajaran yang menarik.

Keywords


Digital Literacy; Reading Literacy; Learning Interest; Mathematics;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adzani, M. I., Fahmi, L. Z., Sa’adah, N., & Ruqoiyyah, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas 5 dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang di SDN 26 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Hukum, 6(2), 10–18.

Aini, S. W., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Taksonomi pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca di SMK Negeri 3 Pekanbaru. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 933–948. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.513

Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65.

Amaly, N., & Armiah, A. (2021). Peran Kompetensi Literasi Digital Terhadap Konten Hoaks dalam Media Sosial. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 20(2), 43. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i2.6019

Argaruri, Y., Sulianto, J., Listyarini, I., & Rini, D. N. K. S. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik SDN Kalicari 01 Semarang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 189–201.

Arima, M. T., Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Alam, S. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kota Makassar. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818

Astuti, N. P., Suntari, Y., & EW, E. D. (2024). Studi Literatur: Pengaruh Komik Digital Berbasis PjBL terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 436–449. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15489

Ati, A. P., & Widiyarto, S. (2020). Peran Literasi Bahasa dalam Meningkatkan Minat Baca dan Menulis pada Siswa SMP Kota Bekasi. Basastra, 9(1), 105–113. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778

Aulia, S., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2024). Hubungan Literasi Membaca Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika di Kelas IV SDV Mangga Besar 01. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7533–7543. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14187

Biantoro, O. F. (2024). Efektifitas Media Video dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Diniyah. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 222–233. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.247

Bicer, A. (2021). A Systematic Literature Review: Discipline-Specific and General Instructional Practices Fostering the Mathematical Creativity of Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 252–281. https://doi.org/10.46328/IJEMST.1254

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Dewi, N. W. D. P., & Handayani, I. G. A. (2022). Peranan Aplikasi Photomath dalam Pembelajaran Matematika di Era Literasi Digital (Kajian Pustaka). Suluh Pendidikan (Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan), 20(1), 94–101. https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v20i1.411

Diantama, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) dalam Dunia Pendidikan. DEWANTECH: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.61434/dewantech.v1i1.8

Dinata, K. B. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Journal of Education, 19(1), 105–119. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i1.

Diniarti, A., Witono, A. H., & Nurmawanti, I. (2024). Identifikasi Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SDN 31 Mataram. Jurnal Educatio, 10(1), 221–226. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6596

Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91

Fadhilah, M. N. (2021). Peran Literasi Digital dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa PGMI. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456

Fitroh, I., Rosidi, M. I., & Juniarti, G. (2024). Sosialisasi Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo. Communnity Development Journal, 5(1), 2468–2473. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25453

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). How Can Students Improve Their Reading Comprehension Skill? Journal of Studies in Education, 6(2), 229. https://doi.org/10.5296/jse.v6i2.9201

Haleem, A., Javaid, M., Qadri, M. A., & Suman, R. (2022). Understanding the role of digital technologies in education: A review. Sustainable Operations and Computers, 3, 275–285. https://doi.org/10.1016/j.susoc.2022.05.004

Hasanah, S. N., Cholily, Y. M., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (SGf). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898

Hunady, J., Pisár, P., Vugec, D. S., & Bach, M. P. (2022). Digital Transformation in European Union: North is leading, and South is lagging behind. International Journal of Information Systems and Project Management, 10(4), 39–56. https://doi.org/10.12821/ijispm100403

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1), 59–73. https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290

Jayantika, I. G. A. T., & Namur, G. (2022). Peran Teknologi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Digital Matematika. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 284–291. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033331

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. JUPENDAS (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2), 11–21. http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Krawitz, J., Chang, Y. P., Yang, K. L., & Schukajlow, S. (2022). The Role of Reading Comprehension in Mathematical Modelling: Improving the Construction of a Real-World Model and interest in Germany and Taiwan. Educational Studies in Mathematics, 109(2), 337–359. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10058-9

Kustiyarto, R. A., & Marhaeni, N. H. (2025). Systematic Literature Review: Pengembangan Game Edukasi Berbasis Construct 2 untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Literasi Digital. Arsen: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.30822/arsen.v2i2.3381

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529

Lestari, D. I., Ibda, H., & Defriono, I. (2024). Pengaruh Literasi Digital terhadap Sikap Bijak Bermedia Sosial Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Ar-Rasyidin Payaman. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 6(1), 38–50.

Lovianova, I. V., Yu Kaluhin, R., Kovalenko, D. A., Rovenska, O. G., & Krasnoshchok, A. V. (2022). Development of Logical Thinking of High School Students Through a Problem-Based Approach to Teaching Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 2288(1), 1–19. https://doi.org/10.1088/1742-6596/2288/1/012021

Lubis, M., Zein, H. U., & Lubis, M. S. (2023). Pengaruh Literasi Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika UINSU Medan di Era Society 5.0. Jurnal Tarbiyah, 30(1), 39. https://doi.org/10.30829/tar.v30i1.2244

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 127–235. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664

Manar, K., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Analisis Strategi dalam Mengatasi Kesulitan Pemecahan Pembagian Bersusun pada Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(2), 22–29. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i2.459

Marweli, & Meiliasari. (2024). Faktor Penyebab Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) dalam Belajar Matematika: Systematic Literatur Review. Supermati: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 234–245. https://doi.org/10.33627/sm.v8i2.2824

Mashudi. (2021). Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187

Mohzana. (2023). Penerapan Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 223–232. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.6069

Mulyadi, R., & Afriansyah, E. A. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 183–191. https://doi.org/10.33654/math.v8i2.1898

Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276

Mulyoto, R. H., Sutirna, S., & Effendi, K. N. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash pada Materi Deret Aritmatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 170–179. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2809

Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Penguatan Efikasi Diri dan Kepemimpinan Visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 72–76. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i2.6102

Nikmah, E. A., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2021). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Model Problem Solving Berbantuan Magic Spin Board. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 81–89. https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.5956

Novitasari, D., MS, A. T., Hamdani, D., Junaidi, J., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 7(1), 1–16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916

Pahlavan, K., & Krishnamurthy, P. (2021). Evolution and Impact of Wi-Fi Technology and Applications: A Historical Perspective. International Journal of Wireless Information Networks, 28(1), 3–19. https://doi.org/10.1007/s10776-020-00501-8

Peng, D., & Yu, Z. (2022). A literature review of digital literacy over two decades. Education Research International, 2022(1), 1–8. https://doi.org/10.1155/2022/2533413

Pratiwi, A. D., Nugroho, A. A., Setyawati, R. D., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. Janacitta, 6(1), 38–47. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i1.2263

Pratiwi, H., Elisa, M., Ariyani, M., & Harahap, M. (2024). Literasi Digital sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Muta’allim, 1(2), 79–92. https://doi.org/10.25299/jpim.2024.19628

Proviara, M. M., Hartoyo, A., Fitriawan, D., Rif’at, M., & Jamiah, Y. (2024). Kemampuan Literasi Membaca dan Minar Belajar dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Cerpen Karya Nadia Cassinie. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 203–219. https://doi.org/10.23960/mtk/v12i3.pp203-219

Putri, R. A. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105–111. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233

Qorimah, E. N., Saputri, D. A., Firmansyah, D. A., & Cahyani, D. A. (2025). Analisis Penerapan Quiziz pada Materi Kenampakan Alam dan Keberagaman Sosial Budaya di Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.21137/sjes.2025.5.1.8

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Ritno, Rahim, A. R., & Syamsuri, A. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Membaca dan Menulis terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 115–129. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.67

RivaI, S., & Rahmat, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika untuk Pemahaman Konsep Dasar Matematika Bagi Mahasiswa Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 57–68.

Said, S. (2023). Peran Tekonologi sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202. https://doi.org/10.33627/pk.62.1300

Septia, T., & Wahyu, R. (2023). Literasi Digital Peserta Didik dalam Pembelajaran Geometri Terintegrasi Geogebra. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 51–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1222

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh Literasi Digital terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532–542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Sinaga, M. E., & Simanjorang, M. M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMA Negeri 1 Parmaksian yang Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 10(2), 178–186. https://doi.org/10.36987/jpms.v10i2.6019

Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492

Srimuliyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.70437/jedu.v1i1.2

Sulistyawati, E., & Rahayu, D. S. (2022). Perkuliahan Online: Bagaimana Literasi Digital Calon Guru Matematika Berbantuan Lembar Kerja Etnomatematika dan GeoGebra? INOMATIKA, 4(1), 68–82.

Suryaprani, M. W., Suparta, I. N., & Suharta, I. G. P. (2016). Hubungan Jenis Kelamin, Literasi Matematika, dan Disposisi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Negeri di Denpasar. Seminar Nasional FMIPA Undiksha, 39–46.

Syawaludin, M. R. (2024). Pembelajaran Berbasis Literasi dan Numerasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMKN 3 Bengkalis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matemaika Dan IPA, 4(3), 512–523. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i3.736

Taherdoost, H. (2022). What are Different Research Approaches? Comprehensive Review of Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Research, Their Applications, Types, and Limitations. Journal of Management Science & Engineering Research, 5(1), 53–63. https://doi.org/10.30564/jmser.v5i1.4538

Taruklimbong, E. S. W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745–26757.

Tinmaz, H., Lee, Y. T., Fanea-Ivanovici, M., & Baber, H. (2022). A Systematic Review on Digital Literacy. Smart Learning Environments, 9(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s40561-022-00204-y

Usmaulidar, Fitria, Y., & Darmansyah. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Sumber Belajar Peserta Didik di Sekolah. Didaktik: Junal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(5), 301–316. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2408

Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589

Widianti, H. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Digital dalam Pembelajaran Matematika (Studi Kasus Peserta Didik di SMAN 1 Kertosono Kab. Nganjuk). Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(1), 101–114. https://doi.org/10.29138/lentera.v20i01.441

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

Yusuf, M. A., Herman, H, T., Abraham, A., & Rukmana, H. (2024). Analisis Regresi Linier Sederhana dan Berganda Beserta Penerapannya. Journal on Education, 6(2), 13331–13344. http://jonedu.org/index.php/joe

Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Media Sosial. JPI: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 1–13. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575

Zebua, J. Y., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 692–696. https://doi.org/10.59098/mega.v5i1.1455




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i2.29001

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Nur Ihsan Hamin, Hesti Erviana, Nurhalizah. R

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter