Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Model Pembelajaran Open Ended

Mita Oktavia Sari(1*), Rahmad Bustanul Anwar(2), Sutrisni Andayani(3)

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan model pembelajaran open ended menggunakan pendekatan systematic literature review (SLR). Dengan metode PRISMA sebanyak 20 artikel terpilih dari total 50 artikel yang diidentifikasi melalui database seperti Google Scholar, Researchgate, Garuda, Scopus dan Science Direct pada rentan tahun 2014-2024. Hasil analisis menggunakan aplikasi VOS Viewer menunjukan bahwa model pembelajaran open ended secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, terutama pada penelitian yang menggunakan metode kuantitatif. Pelaksanaan model ini melibatkan beberapa langkah penting seperti merancang soal open ended yang relevan dan menarik, menciptakan suasana kelas yang mendukung, memanfaatkan diskusi kelompok serta menggunakan media yang merangsang kreativitas. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran inovatif di kelas, sekaligus memberikan dasar bagi peneliti untuk memperdalam kajian tentang inovasi pembelajaran matematika di Abad ke-21.

Keywords


Creative Thinking Abilities; Open Ended Learning Model;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustina, V., Masrukan, M., & Walid, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self-Regulated Learning pada Model Pembelajaran CPS Berbantuan Soal Open-Ended. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 225–239. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3644

Ahmad, H. A., Putri, D. H., & Connie, C. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 73–78. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.73-78

Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis melalui tugas open-ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 247–258. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p

Andika, I., Lim, S., Nevile, S., Satya, R., & Farisi, A. (2024). Analisis Sistem Informasi Manajemen Proyek: Systematic Literature Review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 11(1), 220–230. https://doi.org/10.35957/jatisi.v11i1.7006

Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan modul digital pembelajaran Matematika berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885

Ayu, L. S., Moharom, M. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Maju, 7(1), 8–17. https://www.neliti.com/publications/503277/analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-siswa-smk-dalam-menyelesaikan-soal#cite

Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran open-ended pada siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 78–86. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/299

Efrilyani, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs). Skirpsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.

Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature review: kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran creative problem solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337–348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten space and shape ditinjau dari level kemampuan spasial matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 859–868. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10640

Ginting, S. S. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 26–40. https://doi.org/htt10.30821/axiom.v8i1.5442

Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177

Hagi, N. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Hakim, A. R., & Mulyatna, F. (2023). Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 471–478. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6555

Halim, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 106–114. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723

Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847

Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926

Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis: dampak model open ended dan adversity quotient (aq). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241

Larasati, M. A., & Dwidayati, N. K. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Ditinjau dari Keaktifan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 310–319. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45046

Lestari, R., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v%25vi%25i.7664

Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593

Marissa, E. I., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 219–230. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17399

Masitha, C., & Siregar, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 705–716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921

Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105

Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312

Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25565

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni, S. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI YANG INOVATIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BEKEL DAN KELERENG. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58. https://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/community/article/view/704

Mulyawan, M. I., Setiani, Y., & FS, C. A. H. (2023). Efektivitas Pendekatan Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 421–431. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1911

Nakul, K. G., Ekowati, C. K., & Blegur, I. K. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantuan Video Interaktif Pada Materi Fungsi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 4(2), 157–170. https://doi.org/10.29303/griya.v4i2.458

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Rahman, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Secara Menyenangkan pada Program Kesetaraan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematik Peserta Didik. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(3), 93–98. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.3.93-98.2021

Rahmawati, D., Huda, N., & Marlina, M. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self-confidence pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 209–218. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22396

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputri, C. M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Pola Bilangan di MTsN 1 Banda Aceh [Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30844/

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755

Septi, N. K. D. C., Paramartha, A. A. G. Y., & Wahyuni, L. G. E. (2020). An Analysis of the Quality of Teacher-Made Multiple-Choice Test Used as Summative Assessment for English Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), 4(2), 356–368. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25841

Setiana, S., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN SIDOTOTO. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 195–201. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10623

Setianingsih, L., & Purwoko, R. Y. (2019). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open-ended. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 143–156. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.143-156

Situmorang, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(01), 74–80. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.811

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh pendekatan open ended dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.

Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234–246. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7598

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R and D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Zamzami, D. N. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) denga Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Shofa Marwah Jepara [Skripsi: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/7401/




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26583

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mita Oktavia Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter