Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Model Pembelajaran Open Ended
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Indonesia
(3) Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustina, V., Masrukan, M., & Walid, W. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Self-Regulated Learning pada Model Pembelajaran CPS Berbantuan Soal Open-Ended. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 225–239. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3644
Ahmad, H. A., Putri, D. H., & Connie, C. (2019). Efektivitas Penggunaan Model Open-Ended Problem Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 73–78. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.73-78
Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis melalui tugas open-ended. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(3), 247–258. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p
Andika, I., Lim, S., Nevile, S., Satya, R., & Farisi, A. (2024). Analisis Sistem Informasi Manajemen Proyek: Systematic Literature Review. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 11(1), 220–230. https://doi.org/10.35957/jatisi.v11i1.7006
Auliah, L., Syaiful, S., & Syamsurizal, S. (2020). Pengembangan modul digital pembelajaran Matematika berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 13–24. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9885
Ayu, L. S., Moharom, M. I., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Maju, 7(1), 8–17. https://www.neliti.com/publications/503277/analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-siswa-smk-dalam-menyelesaikan-soal#cite
Cahyani, D. N., Syaban, M., & Ridha, M. R. (2019). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui pembelajaran open-ended pada siswa SMP. INTERMATHZO, 4(2), 78–86. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/299
Efrilyani, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs). Skirpsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan.
Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature review: kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran creative problem solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337–348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Fitriana, A. S., & Lestari, K. E. (2022). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten space and shape ditinjau dari level kemampuan spasial matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 859–868. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10640
Ginting, S. S. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Ar-Rahman Medan Melalui Pembelajaran Open-Ended Berbasis Brain-Gym. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 26–40. https://doi.org/htt10.30821/axiom.v8i1.5442
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hagi, N. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325
Hakim, A. R., & Mulyatna, F. (2023). Sejarah Matematika: Perkembangan Bilangan Matematika Empiris. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 9, 471–478. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6555
Halim, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 106–114. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723
Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847
Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814
Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926
Komarudin, K., Monica, Y., Rinaldi, A., Rahmawati, N. D., & Mutia, M. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis: dampak model open ended dan adversity quotient (aq). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 550–562. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241
Larasati, M. A., & Dwidayati, N. K. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik Ditinjau dari Keaktifan Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 310–319. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/45046
Lestari, R., Rahmi, D., & Risnawati, R. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 239–248. https://doi.org/10.24014/juring.v%25vi%25i.7664
Magelo, C., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 15–21. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2593
Marissa, E. I., & Agoestanto, A. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pendekatan Matematika Realistik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 219–230. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17399
Masitha, C., & Siregar, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Open Ended. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 705–716. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12921
Mu’minah, I. H., & Suryaningsih, Y. (2020). Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Bio Educatio, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.31949/be.v5i1.2105
Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312
Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Open Ended Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25565
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni, S. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI YANG INOVATIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BEKEL DAN KELERENG. Jurnal Pengabdian Community, 2(2), 52–58. https://ejournal.ft.unsri.ac.id/index.php/community/article/view/704
Mulyawan, M. I., Setiani, Y., & FS, C. A. H. (2023). Efektivitas Pendekatan Open-Ended pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir HOTS Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 421–431. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1911
Nakul, K. G., Ekowati, C. K., & Blegur, I. K. S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Berbantuan Video Interaktif Pada Materi Fungsi Trigonometri Kelas XI SMA Negeri 1 Langke Rembong. Griya Journal Of Mathematics Education And Application, 4(2), 157–170. https://doi.org/10.29303/griya.v4i2.458
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, R., & Granita, G. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.500
Rahman, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Secara Menyenangkan pada Program Kesetaraan untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Matematik Peserta Didik. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 1(3), 93–98. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.3.93-98.2021
Rahmawati, D., Huda, N., & Marlina, M. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self-confidence pada Materi Barisan dan Deret Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 209–218. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22396
Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Saputri, C. M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Pola Bilangan di MTsN 1 Banda Aceh [Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/30844/
Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755
Septi, N. K. D. C., Paramartha, A. A. G. Y., & Wahyuni, L. G. E. (2020). An Analysis of the Quality of Teacher-Made Multiple-Choice Test Used as Summative Assessment for English Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), 4(2), 356–368. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25841
Setiana, S., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SDN SIDOTOTO. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 195–201. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10623
Setianingsih, L., & Purwoko, R. Y. (2019). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan soal open-ended. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(2), 143–156. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.143-156
Situmorang, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Open-ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(01), 74–80. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.811
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328
Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh pendekatan open ended dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.388
Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22.
Widyastuti, T., Supandi, S., & Harun, L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada model pembelajaran problem posing dengan pendekatan open ended berbasis soal cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 234–246. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7598
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R and D). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Zamzami, D. N. H. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) denga Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Shofa Marwah Jepara [Skripsi: Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/7401/
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26583
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mita Oktavia Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530