Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XII pada Materi Statistika

Alfiyan Syahrotus Sa'adah(1*), Rahma Inayah(2), Putri Zahro(3), Huri Suhendri(4), Arif Rahman Hakim(5)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XII pada materi statistika di salah satu SMA swasta di Jakarta Timur. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes uraian dan wawancara. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang mewakili kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memahami masalah, menyusun model matematika, menerapkan strategi penyelesaian, serta memeriksa dan menjelaskan hasil dengan baik. Siswa dengan kemampuan sedang masih mengalami kesalahan minor dalam perhitungan dan kurang teliti dalam menjelaskan hasil, sedangkan siswa dengan kemampuan rendah menghadapi kesulitan signifikan dalam memahami soal, menyusun model matematika, dan menerapkan strategi penyelesaian yang tepat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode pembelajaran interaktif dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika.


Keywords


Problem-Solving Abilities; Senior High School Students; Statistics;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik pengolahan hasil asesmen: teknik pengolahan dengan menggunakan pendekatan acuan norma (PAN) dan pendekatan acuan patokan (PAP). AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–28. https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.105

Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Ananda, E. R., & Susilawati, S. (2023). PEMANFAATAN MEDIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) DALAM BIDANG ETHNOMATHEMATICS JAJANAN PASAR DI KOTA MEDAN PADA MATERI BANGUN RUANG SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4252–4270. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10959

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/617

Basuki, K. H., Hakim, A. R., Farhan, M., & Apriyanto, M. T. (2021). Pelatihan penyusunan soal berkualitas pada guru matematika di SMPIT Arrahman Jakarta Selatan. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 36–40. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i01.2717

Bethony, M., Alam, S., & Taufiq, T. (2024). PENGARUH KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, KECERDASAN VISUAL-SPASIAL, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 322–337. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4943

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 197–202. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Hakim, A. R., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar dalam Aktivitas Math Trail. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 150–157. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/53980

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dari Perspektif Minat Belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544

Khoiri, N. (2019). Metodologi penelitian pendidikan : ragam, model, dan pendekatan. Semarang: SEAP: Southeast Asean Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014, (2014).

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Munengsih, M., Safitri, P. T., & Sukmawati, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada masa pandemik covid-19. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(4), 312–321. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i4.7267

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.963

Mutiasari, F., Agustinsa, R., & Yensy, N. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search , Solve , Create , Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 59–68. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.15152

Nugraha, M. R., & Basuki. (2021). Kesulitan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP di Desa Mulyasari pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.898

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: PISA, OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Permendiknas No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, (2006).

Pratami, J. W., & Hakim, A. R. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa Alat Peraga Montessori Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(2), 180–190. https://doi.org/10.58192/populer.v3i2.2312

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Putri, A., Iswara, A. D., & Hakim, A. R. (2021). Menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(2), 124–133. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3599

Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175–187. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Rinditia, D., Wanabuliandari, S., & Kuryanto, M. S. (2022). Analisis Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Game Edukasi Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 37–43. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/178

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Setya, A., Nugraha, A. E., Sutopo, A., & Anif, S. (2024). Analisis Strategi Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 4247–4256. https://doi.org/10.58230/27454312.750

Sholihat, A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Kelas XII Pada Materi Statistika. Lemma: Letters of Mathematics Education, 8(2), 76–90. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v8i2.5588

Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26469

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Alfiyan Syahrotus Sa'adah, Rahma Inayah, Putri Zahro, Huri Suhendri, Arif Rahman Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter