Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Model Pembelajaran Treffinger
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Matematika penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir logis dan pemecahan masalah, yang menjadi dasar kreativitas. Kreativitas membantu siswa memandang masalah dari berbagai sudut dan menciptakan solusi inovatif. Namun, hasil TIMSS dan PISA menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru, membuat siswa kurang aktif. Untuk meningkatkan kemampuan kreatif, diperlukan model pembelajaran inovatif, seperti model Treffinger, yang mendorong siswa menjadi lebih kompeten dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model Treffinger dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui systematic literature review. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa lebih mampu mengembangkan konsep dan solusi secara mandiri.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.7
Analisa, K., & Muhid, A. (2023). Literature Review: Meningkatkan Creative Thinking Skill melalui Pembelajara Treffinger. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 648–659. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4030
Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 239–248. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p239-248
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989
Dewi, S. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 251–261. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/329
Faroh, A. U., Asikin, M., & Sugiman, S. (2022). Literature review: kemampuan berpikir kreatif matematis dengan pembelajaran creative problem solving. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 337–348. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071
Fikriya, A., Waluya, S. B., & Sunarmi, S. (2018). The analysis of adaptive reasoning ability reviewed from students’ confidence in ethnomathematic-based treffinger learning model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(2), 100–107. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.24941
Ginting, R. F., & Sahdani, A. H. (2014). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Setting Model Pembelajaran Treffinger. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(11), 1–7. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252
Handayani, R. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran menggunakan Model Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 7(1), 94–109. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v7i1.2062
Irmaningrum, R. N., Zativalen, O., & Nurhidayat, M. A. (2023). The Development of a Treffinger Model Based on Hybrid Learning on The Bhineka Tunggal Ika (PPSPS) Theme for The Fourth Grade of Elementary School. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 15(2), 403–430. https://doi.org/10.14421/albidayah.v15i2.1074
Isnaini, Duskri, M., & Munzir, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 15–25. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/4301
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Khairiah, L., & Amir, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Setting Model Pembelajaran Treffinger. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 54–58. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25595
Lestari, R., Mubarrak, J., & Eriza. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dengan Berbantuan Media Gambar terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education, 1(1), 34–41. https://journal.stedca.com/index.php/biochamp/article/view/49
Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206–212. https://doi.org/https://eric.ed.gov/?id=EJ1092494
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Mashuri, S., Tahmir, S., & Thalib, A. (2024). Literature Review: Treffinger Setting Cooperative (Tresco) Learning Model in Mathematics Learning. Scientific Research Journal of Education and Literature, 4(1), 1–7. https://www.researchgate.net/profile/Sufri-Mashuri/publication/382269247_Treffinger_Setting_Cooperative_Tresco_Learning_Model_in_Mathematics_Learning/links/6695b4c58dca9f441b800c51/Treffinger-Setting-Cooperative-Tresco-Learning-Model-in-Mathematics-Learning.pdf
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Mursidik, E. M., Syamsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69
Mutakin, T. Z., Mulyatna, F., & Hakim, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar Tingkat Empat pada Materi Bilangan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 49–58. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20907
Nufus, H., Duskri, M., & Bahrun. (2018). Mathematical creative thinking and student selfconfidence in the challenge-based learning approach. Journal of Research and Advantages in Mathematics Education, 3(2), 57–68. https://eric.ed.gov/?id=EJ1283917
Nurhayati, P., Waluya, S. B., Asikin, M., & Zaenuri. (2021). Studi Literatur Komunikasi Matematis, Self Efficacy, Model Pembelajaran Treffinger dan Assesmen Kinerja. IJOIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 249–275. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.46
Nursamira, Hermansyah, & Susanti, D. (2022). Studi Literatur: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mathematics Education And Application Journal (META), 4(2), 44–55. https://doi.org/10.35334/meta.v4i2.3347
Nursela, E., Surahmat, & Khairunnisa, G. F. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII-E SMPN 1 Kademangan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 17(31), 1–12. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/19599
Prameswari, E., Zamzaili, Hanifah, & Haji, S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 858–871. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.348
Rifa’i, R., Sujana, A., & Romdonah, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.4365
Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577
Shoimin, A. (2019). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Sleman: Arruzz Media.
Sholihah, F., Suyitno, H., & Dwijanto. (2022). Creative Mathematical Thinking Ability in Creative Problem Solving Model Viewed from Gender. Journal of Primary Education, 9(1), 58–65. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i3.36047
Siahaan, M. U. B., & Manurung, N. (2022). Studi Literatur Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Menangah Pertama (SMP). HUMANTECH: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(10), 1456–1463. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2169
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Student’s Creative Thinking in Solving and Posing Mathematical Problem. Journal on Matematics Education, 1(1), 17–40. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.794.17-40
Situmorang, D. F., Siahaan, T. M., & Tambunan, L. O. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(2), 396–404. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i2.1793
Sugilar, H. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematik Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Generatif. Infinity, 2(2), 156–168. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.32
Syahrir. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 2(1), 436–441. https://doi.org/10.58258/jime.v2i1.195
Tuginem, H. N. (2023). Penelitian strategi pengembangan koleksi di perpustakaan pada Google Scholar: sebuah narrative literature review. Jurnal Pustaka Budaya, 10(1), 32–43. https://doi.org/10.31849/pb.v10i1.11275
Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5328
Virliani, V., & Sukmawati, R. (2019). Upaya Peningkatan Kemmapuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dengan Model Treffinger. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–23. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1127
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26458
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vebryana Wahyuningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530