Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning: Meta Analisis

Muhammad Rifqi Azizi(1*), Scolastika Mariani(2), Arief Agoestanto(3), Sugiman Sugiman(4)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang penting dikuasai siswa dalam pembelajaran, namun kenyataanya kemampuan representasi matematis perlu ditingkatkan karena dapat membantu dalam menerjemahkan suatu permasalahan untuk menemukan solusi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel-artikel dengan topik kemampuan representasi matematis siswa SMP pada model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Tahapan dari penelitian ini yaitu: a.) menentukan topik yang akan diteliti, b.) menelusuri dan mengumpulkan artikel pada skala nasional atau internasional yang relevan, c.) membaca artikel untuk memperoleh data, d.) menentukan besarnya pengaruh (Effect Size) dari setiap artikel yang diteliti, e.) menganalisis artikel berdasarkan analisis data yang digunakan, dan f.) menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa SMP pada model PBL lebih baik daripada rata-rata kemampuan representasi matematis siswa SMP pada model ekspositori. Temuan penelitian ini dapat menjadi alternatif kepada pengajar untuk menggunakan model PBL dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP.

Keywords


Mathematical Representation Ability; Junior High School Students; Problem Based Learning (PBL) Model;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aslamiah, S., Johar, R., & Maidiyah, E. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Lingkaran dengan Konteks Kepramukaan di SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 92–99. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/336

Astuti, D., Asnawati, R., & Bharata, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(3). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/11601

Athifa, H. M., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(5).

Chakim, L. (2019). Keefektivan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 91–101.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara contextual teaching and learning dan problem based learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30–39. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3078

Daryono, D., Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (JPM Unila), 8(1), 1–11.

Dehani, S. K. (2019). Penerapan bahan ajar matematika berbasis realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 2(2), 41–48. https://doi.org/10.37150/jp.v2i2.1114

Fadillah, S., Fauzi, K. M. A., & Yus, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dan Adversity Quotient. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 2(1), 18–24. https://doi.org/10.30596/ejoes.v2i1.6613

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Fariha, M., & Karo-Karo S, I. R. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ICE BREAKING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs ZIA SALSABILA. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 10(2), 490–501. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i2.6406

Herdiana, Y., Marwan, M., & Zubainur, C. M. (2019). Kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa SMP melalui penerapan model problem based learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 23–35. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1250

Jenita, G., Sudaryati, S., & Ambarwati, L. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis melalui penerapan model problem based learning (PBL) siswa Kelas X MIA 1 di SMAN 4 Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 11–18.

Lestari, I., Kesumawati, N., & Ningsih, Y. L. (2020). Mathematical representation of grade 7 students in set theory topics through problem-based learning. Infinity Journal, 9(1), 103–110. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p103-110

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Mainali, B. (2021). Representation in teaching and learning mathematics. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(1), 1–21. https://doi.org/10.46328/ijemst.1111

Maryati, I., & Monica, V. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri dalam Kemampuan Representasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.666

Mathew, J. L. (2022). Systematic reviews and meta-analysis: a guide for beginners. Indian Pediatrics, 59(4), 320–330. https://doi.org/10.1007/s13312-022-2500-y

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.

Noer, S. H., & Gunowibowo, P. (2018). Efektivitas problem based learning ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan representasi matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(2), 17–32. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3751

Pratiwi, D. R., Caswita, C., & Wijaya, A. P. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (JPM Unila), 7(5), 591–602. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19351

Pratiwi, Y., Bharata, H., & Wijaya, A. P. (2019). EFEKTIFITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (JPM Unila), 7(4), 441–451. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/19006

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi pendahuluan: E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131–140. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-analisis pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878

Rangkuti, A. N. (2013). REPRESENTASI MATEMATIS. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(2), 49–61. https://doi.org/10.24952/logaritma.v1i02.222

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Santosa, T. A., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., Fradila, E., & Arsih, F. (2021). Meta-analisis: Pengaruh bahan ajar berbasis pendekatan STEM pada pembelajaran ekologi. Journal of Digital Learning and Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.52562/jdle.v1i01.24

Setianto, I. E., & Risnanosanti. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran RME dan CTL pada Sub Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.50

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77–86. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7357

Syawaly, A. M., & Hayun, M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.24853/instruksional.2.1.10-16

Utami, C. T. P., Mardiyana, & Triyanto. (2019). Profile of students’ mathematical representation ability in solving geometry problems. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 243(1), 12123. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012123

Utami, S. D., Asnawati, R., & Coesamin, M. (2015). Efektivitas penerapan problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (JPM Unila), 3(5). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/9633

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 17(1), 279–308. https://www.researchgate.net/publication/254943612

Wahyuni, E. D., Susanti, E., Sari, N., & Simarmata, R. H. (2020). Problem-based learning for measuring representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1), 12057. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012057

Yusuf, B., Gunowibowo, P., & Bharata, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung (JPM Unila), 5(7), 764–775. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13516




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26170

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Azizi, Scolastika Mariani, Arief Agoestanto, Sugiman Sugiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter