Eksplorasi Etnomatematika pada Pembelajaran Matematika SD dalam Pandangan Aliran Filsafat Pendidikan Konstruktivisme
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara unsur budaya lokal dalam Tari Renggong Manis dan konsep matematika yang relevan bagi pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnomatematika, di mana peneliti melakukan analisis terhadap elemen budaya dalam tari dan kaitannya dengan konsep matematika seperti geometri dan sudut. Hasil analisis menunjukkan bahwa Tari Renggong Manis dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika, sekaligus mempertahankan nilai-nilai budaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa menggabungkan budaya lokal seperti Tari Renggong Manis dalam pembelajaran matematika bisa meningkatkan pemahaman siswa sekaligus melestarikan budaya. Pendekatan ini juga mendukung cara belajar aktif sesuai prinsip konstruktivisme, sehingga membuat belajar lebih menarik dan bermakna. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pengintegrasian etnomatematika dalam pembelajaran matematika tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga memperkuat keterlibatan mereka dengan budaya lokal, sejalan dengan pandangan filsafat pendidikan konstruktivisme
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 10(2), 213222. https://doi.org/10.15548/alawlad.v10i2.2579
Amka. (2019). Filsafat Pendidikan. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Ashari, N. W., & Alimuddin, F. (2024). ETHNOMATHEMATICS INTEGRATION IN MATHEMATICS EDUCATION: A CASE STUDY OF FORT ROTTERDAM IN MAKASSAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 109118. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3801
Della, S. P., Rahmawati, E. Y., Luthfiyah, R. Z., Habiba, R. N., & Nafisa, S. (2024). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MAKANAN TRADISIONAL KERAK TELOR SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATEMATIKA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(3), 13611369. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.664
Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika tenun Timor pada materi pola bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 6479. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022
Fatimah, S., Fajriyah, R. Z., Zahra, F. F., & Prasetyo, S. P. (2024). Integrasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berbasis Kesenian Tari Budaya Lampung. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(4), 16311640. https://doi.org/10.35931/am.v8i4.3721
Fauzi, A., & Setiawan, H. (2020). Etnomatematika: Konsep geometri pada kerajinan tradisional sasak dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 118128. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4690
Febrianti, N. F., & Indrawati, D. (2021). Eksplorasi geometri pada jajanan tradisional di Lamongan sebagai implementasi etnomatematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (JPGSD), 9(1), 15301541.
Habibi, & Suparman. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 5764. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Herwendo, R. (2014). Analisis Semiotika Representasi Perilaku Masyarakat Jawa Dalam Film Kala. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(3), 230245. https://doi.org/10.32509/wacana.v13i3.151
Ikhwan, I., & Pamungkas, J. (2023). Pola Asah, Asih, Asuh dalam Implementasi Pembelajaran Seni Tari Wura Bongi Monca. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 37993808. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.3582
JakartaTourism. (2019). TUTORIAL TARI BETAWI, TARI RENGGONG MANIS. 15 Desember. https://www.youtube.com/watch?v=rQsqVggJJeY
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 1528. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Luga, M. J. F., Samson, H. B., & Oledan, A. M. B. (2024). Exploring the Significance and Implementation of Ethnomathematics in Education: A Meta-Synthesis of Cross-Cultural Perspectives in Indonesia and Thailand. Journal of Education and Practice, 15(7), 18.
Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164176. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i2.9787
Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Mardiyati, A. P., Al Hasyir, M. I. A. H., & Mulyatna, F. (2024). Ethnomathematics: Exploring Mathematical Concepts in the Art of Lenggang Nyai Dance. MathSciEdu: Journal of Mathematics and Science Education, 1(1), 5362. https://doi.org/10.19109/MathSciEdu.v1i1.22172
Marsigit, M., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 2038.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. Sage Publications.
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 24202427. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1807
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 4851. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 7684. https://doi.org/10.33752/cartesian.v1i2.2477
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357
Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual learning with Ethnomathematics in enhancing the problem solving based on thinking levels. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 331344. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.11679
Nurrahmah, A., Seruni, S., & Mulyatna, F. (2020). Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNITY SERVICE PROGRAMME. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184
Oktavianti, D., Hakim, A. R., Hamid, A., Nurhayati, N., & Mulyatna, F. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Jakarta dan Kaitannya dengan Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 2944. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14921
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 112. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11405
Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 2(2), 6176. https://doi.org/10.24952/di.v2i2.416
Rodrguez-Nieto, C. A., & Alsina, . (2022). Networking between ethnomathematics, STEAM education, and the globalized approach to analyze mathematical connections in daily practices. Eurasia Journal Of Mathematics Science And Technology Education, 18(3), 122. https://doi.org/10.29333/ejmste/11710
Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Culturally Relevant Pedagogy a an Ethnomathematical Approach. Journal of Mathematics & Culture, 7(1), 7497.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). State of the Art in Ethnomathematics BT - Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program (M. Rosa, U. DAmbrosio, D. C. Orey, L. Shirley, W. V Alangui, P. Palhares, & M. E. Gavarrete (eds.); pp. 1137). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3
Rudyanto, H. E., Sari HS, A. K., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 2532. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3348
Safii, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Batam: Cendikia Mulia Mandiri.
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Sholeh, M., Supriadi, N., & Suherman, S. (2021). Etnomatematika pada Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Segitiga dan Segiempat MTs. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 191204. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9184
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121138.
Suryana, A., Anggraeni, W., & Suyahya, I. (2022). Studi Eksplorasi pada Nada Bahasa Thailand dalam Perspektif Etnomatematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 181192. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12101
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam prespektif teori pembelajaran konstruktivis. TALIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 5972. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632
Waston, W. (2014). Epistemologi Konstruktivisme dan Pengaruhnya terhadap Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi. Suhuf, 26(2), 121130.
Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019). Ethnomathematics and outdoor learning to improve problem solving ability. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 1316. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.4
Yusnizar, Y., & Yahfizham, Y. (2024). Ethnomathematics Identification in West Sumatra Rantak Dance Performances. Unnes Journal of Mathematics Education, 13(1), 2835. https://doi.org/10.15294/5j8zky90
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.26033
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yogi Wiratomo, Suyitno Muslim, Wisnu Djatmiko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530