Pengaruh Media Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Pengukuran Kelas IV SDN
(1) Institus Sains dan Bisnis Internasional SINGKAWANG
(2) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(3) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran pokok yang sangat vital dan signifikan dalam dunia pendidikan, Oleh karena itu penelitian tentang matematika memegang peranan penting dalam kemajuan pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode true experimental dengan subjek 46 siswa kelas IV SDN 93 Singkawang. Tujuan penelitian ini untuk memilah 2 media pembelajaran mana yang lebih efektif pada materi satuan pengukuran. Hasil dari penelitian terdapat perbedaan dari pembelajaran menggunakan media tangga pintar dengan media dakon satuan, besar pengaruh media tangga pintar ES sebesar 2,005 dan persentase pengaruh positif dari penggunaan media tangga pintar yaitu sebesar 80,89 %. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media tangga pintar lebih efektif dibanding media dakon satuan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586
Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204–214. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188
Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079
Fertikawati, R., Gunawan, G., Purwanto, J., Untarti, R., & Syauqy, A. (2024). Peningkatan Ketahanan Pribadi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL). JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 273–286. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.24011
Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Meningkatkan kemampuan advanced mathematical thinking dengan menggunakan model pembelajaran matematika knisley pada mata kuliah trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 69–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p69-80
Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291–308. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.417
Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Matematis Siswa Sma. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360
Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (SMART STAIR) untuk meningkatkan pemahaham siswa pada materi satuan alat ukur. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 3(1), 24–31.
Lestari, R., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Al Maarif 01 Singosari. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(3), 96–105. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/21303
Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141. https://www.neliti.com/publications/269969/meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-bangun-ruang-sisi-datar-m
Novtalien, E. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN 43 Lebong Utara [Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/1678/
Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Mengenai Pengenalan Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189.
OECD. (2018). What 15-year-old students in Indonesia know and can do. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10.
OECD. (2019a). Programme For InternationalStudent Assessment (PISA) 2018 Result in Focus-What 15-years-olds know and they can do with what they know. OECD Publishing.
OECD. (2019b). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. In PISA: Vols. I, II & II. Paris: OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199
Patterson, J. M. (2024). Repurposing Video Games as Discussion Tools. International Journal of Game-Based Learning, 14(1), 1–19. https://doi.org/10.4018/IJGBL.349589
PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 : Insights and Interpretations. Oecd 2019.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519
Putra, R. E., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568–575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263
Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Ulma, U. B., Anitra, R., & Buyung, B. (2024). Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.25034
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Akmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530