Pengaruh Media Tangga Pintar terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Pengukuran Kelas IV SDN

Muhammad Akmal(1*), Evinna Cinda Hendriana(2), Wasis Suprapto(3)

(1) Institus Sains dan Bisnis Internasional SINGKAWANG
(2) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(3) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran pokok yang sangat vital dan signifikan dalam dunia pendidikan, Oleh karena itu penelitian tentang matematika memegang peranan penting dalam kemajuan pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan metode true experimental dengan subjek 46 siswa kelas IV SDN 93 Singkawang. Tujuan penelitian ini untuk memilah 2 media pembelajaran mana yang lebih efektif pada materi satuan pengukuran. Hasil dari penelitian terdapat perbedaan dari pembelajaran menggunakan media tangga pintar dengan media dakon satuan, besar pengaruh media tangga pintar ES sebesar 2,005 dan persentase pengaruh positif dari penggunaan media tangga pintar yaitu sebesar 80,89 %. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media tangga pintar lebih efektif dibanding media dakon satuan.


Keywords


Smart Ladder Props; Mathematics Learning Outcomes; True Experimental;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Azhari, A. (2015). Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 43. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.586

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204–214. https://doi.org/10.30998/jkpm.v1i2.1188

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Fertikawati, R., Gunawan, G., Purwanto, J., Untarti, R., & Syauqy, A. (2024). Peningkatan Ketahanan Pribadi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL). JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 273–286. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.24011

Fitriani, N., & Nurfauziah, P. (2020). Meningkatkan kemampuan advanced mathematical thinking dengan menggunakan model pembelajaran matematika knisley pada mata kuliah trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 69–80. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p69-80

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129. https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.822

Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Hidayati, K. (2012). Pembelajaran matematika usia SD/MI menurut teori belajar Piaget. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 10(2), 291–308. https://doi.org/10.21154/cendekia.v10i2.417

Imam, I., Ayubi, A., & Bernard, M. (2018). Matematis Siswa Sma. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 355–360. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Lestari, L. W. (2021). Media Tangga Pintar (SMART STAIR) untuk meningkatkan pemahaham siswa pada materi satuan alat ukur. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan Dan Inovasi Daerah, 3(1), 24–31.

Lestari, R., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tangga Pintar Pada Materi Satuan Panjang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Islam Al Maarif 01 Singosari. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(3), 96–105. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/21303

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. Maju, 5(2), 130–141. https://www.neliti.com/publications/269969/meningkatkan-prestasi-belajar-siswa-dalam-pembelajaran-bangun-ruang-sisi-datar-m

Novtalien, E. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Tangga Pintar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SDN 43 Lebong Utara [Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Curup]. https://e-theses.iaincurup.ac.id/1678/

Nurhayanti, H., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Mengenai Pengenalan Konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dengan Menggunakan Media Dakon Bilangan. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189.

OECD. (2018). What 15-year-old students in Indonesia know and can do. Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018, 1–10.

OECD. (2019a). Programme For InternationalStudent Assessment (PISA) 2018 Result in Focus-What 15-years-olds know and they can do with what they know. OECD Publishing.

OECD. (2019b). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. In PISA: Vols. I, II & II. Paris: OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i1.11199

Patterson, J. M. (2024). Repurposing Video Games as Discussion Tools. International Journal of Game-Based Learning, 14(1), 1–19. https://doi.org/10.4018/IJGBL.349589

PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 : Insights and Interpretations. Oecd 2019.

Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17–22. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.519

Putra, R. E., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568–575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263

Saputri, R., Nurlela, N., & Patras, Y. E. (2020). Pengaruh Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 38–41. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2013

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735–1742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.992

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193

Ulma, U. B., Anitra, R., & Buyung, B. (2024). Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.25034

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Akmal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter