Pemahaman Guru Matematika SMP terhadap Konteks dan Konten Soal serta Aktivitas yang Mendukung Literasi Matematika
(1) Universitas Sanata Dharma
(2) Universitas Sanata Dharma
(3) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdussakir. (2018). Literasi Matematika dan Upaya Pengembangannya Dalam Pembelajaran di Kelas. Seminar Pendidikan Matematika “Menanamkan Pendidikan Karakter (Akhlaqul Karimah) Dan Kesadaran Literasi Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Matematika” Oleh Program Studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumenep, 3 Maret 2018, 1–16.
Astuti, & Sari, N. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Struktur Aljabar di STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 73–80.
Bowen, R. S. (2017). Understanding by Design. Vanderbilt University Center for Teaching.
Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25. https://www.neliti.com/publications/408794/peran-guru-dalam-gerakan-literasi-di-sekolah-dasar
Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara, E. (2022). PISA DAN AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi. Subang: UNSUB Press.
Ehmke, T., van den Ham, A. K., Sälzer, C., Heine, J., & Prenzel, M. (2020). Measuring mathematics competence in international and national large scale assessments: Linking PISA and the national educational panel study in Germany. Studies in Educational Evaluation, 65(May 2017), 100847. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100847
Fahmy, A. F. R., Wardono, W., & Masrukan, M. (2018). Kemampuan literasi matematika dan kemandirian belajar siswa pada model pembelajaran RME berbantuan Geogebra. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 559–567. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/20198
Faizah, M., & Ridwan, A. (2022). Improving Madrasah Students’ Numerical Literacy Using Drawing Strategy on Story Questions. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 31–36. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.006
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535
Fitni, F., Suanto, E., & Maimunah, M. (2023). Pengembangan Lkpd Elektronik Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2224. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.7022
Golla, E., & Reyes, A. (2022). Pisa 2022 Mathematics Framework (Draft). OECD Publishing, November 2018.
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Hidayati, V. R., Wulandari, N. P., Maulyda, M. A., Erfan, M., & Rosyidah, N. A. K. (2020). Literasi Matematika Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Pisa Konten Shape and Space. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 195–204. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.
Jablonka, E. & Niss, M. (2014). Mathematical Literacy. In Encyclopedia of Mathematics Education (In S. Lerm, pp. 391–396). Springer. https://doi.org/10.5951/mtlt.2019.0397
Jaenudin, J., Nindiasari, H., & Pamungkas, A. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 69. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.256
KEMENDIKBUD RI. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. In 2023.
Kemendikbudristek. (2023). Laporan Pisa Kemendikbudristek. Pemulihan Pembelajaran Indonesia, 1–25.
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452–469. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.158
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/825
Mashuri, S., Kurniawan, R., & Jahring, J. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Quantity. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 179. https://doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15417
Miles, Matthew B.; Huberman, M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publication.
Nuringtyas, T., & Setyaningsih, N. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Berbasis Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1211–1224. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2330
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus.
OECD. (2016). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2015.
Pakpahan, R. (2012). Model Alternatif Ujian Akhir. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(2), 121–131. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i2.74
Paloloang, M. F. B., Juandi, D., Tamur, M., Paloloang, B., & Adem, A. M. G. (2020). Meta Analisis: Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa di Indonesia Tujuh Tahun Terakhir. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 851–864. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3049
PISA. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA) 2018: Insights and Interpretations. Oecd 2019.
PISA. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1, 1–9.
Pulungan, D. A., Herosian, M. Y., & Harahap, I. H. (2024). Kesulitan Guru Menerapkan Pembelajaran Literasi Matematika di Madrasah Ibtidaiyyah Kota Medan. Journal of Education Research, 5(1), 651–659. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.849
Pusat Penilaian Pendidikan BALITBANG KEMENDIKBUD. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, 021, 1–206.
Pusmendik. (2022). Asesment Kompetensi Minimum.
Qoriyani, H., & Widiyastuti, E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Mengerjakan Soal Tipe AKM Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2682(1), 69–86. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20132
Rahayu, W., Sulaeman, E., Arnawisuda Ningsi, B., Arofah, I., & Akbari, W. (2023). Analisis kemampuan pemahaman guru sekolah dasar dalam mengembangkan butir soal berbasis literasi numerik. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(01), 10–18. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i01.30490
Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JIPMat, 3(2), 81–85. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Sriningsih, N. N., Sarjana, K., Hayati, L., & Prayitno, S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 96–104. https://doi.org/10.29303/griya.v2i1.134
Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126
Sugianto, R., Hasanah, N., & Syaifuddin, M. (2023). Persepsi Guru Matematika terhadap Literasi Numerasi dan Pengaruhnya pada Pembelajaran di SMA. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 8(1), 50–62. https://doi.org/10.15642/jrpm.2023.8.1.50-62
Sulfayanti, N. (2023). Kajian Literatur: Faktor dan Solusi untuk Mengatasi Rendahnya Literasi Matematis Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 382–388. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.590
Susanto, D., Sihombing, S., Radjawane, M. M., & Wardani, A. K. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi (pada Mata Pelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 90.
Tout, D., Coben, D., Geiger, V., Ginsburg, L., Hoogland, K., Maguire, T., Thomson, S., & Turner, R. (2017). Review of the PIAAC Numeracy Assessment Framework: Final Report.
Triani, L., & Rofi’ah, S. (2023). Analisis Persepsi Guru Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi. Jurnal Basicedu, 7(4), 2521–2529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5942
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.27-38
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.24991
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Niluh Sulistyani, Margaretha Madha Melissa, Kintan Limiansih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530