Penerapan Model Pembelajaran TGT Berbantuan Wordwall terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Salma Nurulhuda(1*), Mariyam Mariyam(2), Dina Anika Marhayani(3)

(1) ISBI Singkawang
(2) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(3) Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui ada  tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa antara kelas dengan model TGT berbantuan wordwall dengan model pembelajaran langsung; 2) Mengetahui aktivitas belajar siswa saat diterapkan model TGT berbantuan wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen yaitu Quasi Exsperimental Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V SDS Torsina III Singkawang. Sampel yang dipilih kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol) yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dari hasil perhitungan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol ialah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas V; 2) Berdasarkan hasil observasi diperoleh persentase sebesar 83,13%. Jadi kesimpulannya aktivitas belajar siswa dinyatakan aktif selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model TGT berbantuan wordwall pada materi operasi hitung pecahan di kelas VA.

Keywords


Concept Understanding Ability; TGT Learning Model; Wordwall Media;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustin, F., & Nindiasari, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan ISpring Suite terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 287–296. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22749

Ariyani Raharjo, A. S., Rufi’i, R., & Hartono, H. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(2), 441–452. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2823

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 27–31. https://doi.org/10.26737/jpmi.v2i1.206

Aulia, N. I., & Handayani, H. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(3), 116–120. https://doi.org/10.24269/silogisme.v3i3.1475

Chandra, P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament (TGT) di MTs Al-Quraniyah Bengkulu. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 04(01), 1–20. https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1163

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Ermiana, I., & Fauzi, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 433–441. https://doi.org/10.29303/jcar.v6i2.7823

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). Implementasi model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di era digital. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), 205–222. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan (JPK), 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/13742

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School. Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056

Ningsih, S. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(1), 82–90. https://doi.org/10.30743/mes.v3i1.223

Noviyana, N. (2017). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Metakognisi Siswa. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1353

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Rohmah, E. A., & Wahyudin. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media game online terhadap pemahaman konsep dan penalaran matematis siswa. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 126–143. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.24937

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salma Nurulhuda, Mariyam Mariyam, Dina Anika Marhayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter