Pengembangan Media Belajar Matematika Menggunakan Videoscribe Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Rini Mandasari(1*), Desniarti Desniarti(2)

(1) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(2) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran menggunakan Videoscribe pada materi bangun ruang sisi datar serta mengetahui kelayakan, kemenarikan dan keefektifan terhadap media belajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah anak didik kelas 8-1 MTs.S Zending Islam Indonesia dengan instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, respon siswa, uji kemenarikan dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi media sebanyak 82% di kategori sangat valid, persentase validasi pakar materi sebanyak 85% di kategori sangat valid dan hasil angket presentase sebanyak 3,02 pada skala 4,00. Penelitian ini menghasilkan produk berupa video belajar memakai Videoscribe tentang bangun ruang sisi datar fokus pada balok serta kubus.

Keywords


Mathematics Learning Media; Videoscribe; Polyhedron;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.

Afifah, N., & Hidayat, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. SwarnaDwipa, 2(3), 189–200. https://doi.org/10.24127/sd.v2i3.889

Akram, T. O. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Videoscribe pada Materi Trigonometri. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Alifah, Z. N., & Utami, N. S. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3399–3411. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6151

Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. (2018). Development of learning media based on videoscribe to improve writing skill for descriptive text of english language study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187–194. https://www.learntechlib.org/p/209049/

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720

Fuad, M. K., & Azizah, D. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 365–372. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1214

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar. AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety), 2(1), 209–217. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i1.158

Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875

Jumiati, S., & Jumaisyaroh, T. (2022). Pengembangan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 384–393. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/334

Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). WORKSHOP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BATANG NAPIER DI MIS NURUS SALAM DELI TUA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 4(1), 321–324. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/683

Khayroiyah, S., & Nasutiom, H. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK dengan Menggunakan Media Belajar Macromedia Flash. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 93–104. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2413

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Mardiansyah, M., Zen, Z., Bentri, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan iSpring Suite Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Family Education, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.82

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357

Nasution, M., & Hidayat, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Autograph. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 673–682. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.306

Nurrahmah, A., Seruni, S., & Mulyatna, F. (2020). Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNITY SERVICE PROGRAMME. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184

Putri, F. A., & Suparman, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kekongruenan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 359–370. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13219

Ramadhani, R., Nasution, A. S., & Desniarti, D. (2021). MODEL PENINGKATAN MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MEDIA SOSIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 4(1), 486–493. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/794

Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128

Sidabutar, R. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 344–352.

Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 58–61.

Supriatna, H., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan LUDO untuk Pembelajaran IPS di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2337–2345. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25817

Umayah, U., & Fajrun, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Video Scribe untuk Guru Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 935–939. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12716

Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Zaini, A. W., Susilawati, S., & Astuti, R. N. (2022). Improving Student Learning Outcomes Through the Development of Videoscribe Sparkol-Based Learning Media. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3). https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.512




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.24722

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter