Pengembangan Media Belajar Matematika Menggunakan Videoscribe Materi Bangun Ruang Sisi Datar
(1) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(2) Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434–443.
Afifah, N., & Hidayat, B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe pada Materi Sejarah Kerajaan Islam di Sumatra dan Akulturasinya Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Metro. SwarnaDwipa, 2(3), 189–200. https://doi.org/10.24127/sd.v2i3.889
Akram, T. O. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkol Videoscribe pada Materi Trigonometri. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Alifah, Z. N., & Utami, N. S. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3399–3411. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6151
Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. (2018). Development of learning media based on videoscribe to improve writing skill for descriptive text of english language study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187–194. https://www.learntechlib.org/p/209049/
Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720
Fuad, M. K., & Azizah, D. (2023). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Persoalan Matematika Menurut Teori Watson. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 4(1), 365–372. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/1214
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan media uno math untuk mengukur pemahaman konsep luas bangun datar. AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety), 2(1), 209–217. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i1.158
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.2875
Jumiati, S., & Jumaisyaroh, T. (2022). Pengembangan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 384–393. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/334
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). WORKSHOP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BATANG NAPIER DI MIS NURUS SALAM DELI TUA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENGABDIAN, 4(1), 321–324. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/view/683
Khayroiyah, S., & Nasutiom, H. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK dengan Menggunakan Media Belajar Macromedia Flash. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 93–104. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2413
Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805
Mardiansyah, M., Zen, Z., Bentri, A., & Supendra, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan iSpring Suite Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP. Jurnal Family Education, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.24036/jfe.v3i1.82
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2023). PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DI MGMP MATEMATIKA KOMISARIAT CISARUA. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 4, 101–109. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/39357
Nasution, M., & Hidayat, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Geometri Berbantuan Software Autograph. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 673–682. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.306
Nurrahmah, A., Seruni, S., & Mulyatna, F. (2020). Engklek and Dakon Traditional Games as Mathematical Learning Innovation. 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMMUNITY SERVICE PROGRAMME. https://prosiding.upgris.ac.id/index.php/iccsv2019/iccsp220/paper/view/3184
Putri, F. A., & Suparman, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kekongruenan. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 359–370. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13219
Ramadhani, R., Nasution, A. S., & Desniarti, D. (2021). MODEL PENINGKATAN MINAT BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI MEDIA SOSIAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN, 4(1), 486–493. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/794
Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). Pkm Inovasi Pembelajaran Matematika Sd/Mi Melalui Permainan Ular Tangga. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1128
Sidabutar, R. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Classroom Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 344–352.
Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 58–61.
Supriatna, H., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan LUDO untuk Pembelajaran IPS di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2337–2345. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25817
Umayah, U., & Fajrun, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Video Scribe untuk Guru Sekolah Dasar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 935–939. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12716
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media audio visual menggunakan videoscribe sebagai penyajian informasi pembelajaran pada kelas sistem operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zaini, A. W., Susilawati, S., & Astuti, R. N. (2022). Improving Student Learning Outcomes Through the Development of Videoscribe Sparkol-Based Learning Media. Jurnal At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 5(3). https://doi.org/10.37758/jat.v5i3.512
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.24722
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530