Peningkatan Ketahanan Pribadi dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Ratna Fertikawati(1), Gunawan Gunawan(2*), Joko Purwanto(3), Reni Untarti(4), Akhmad Syauqy(5)

(1) Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(3) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(4) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(5) SMK Negeri 1 Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan pribadi dan prestasi belajar matematika dalam proses pembelajaran yang menggunakan model problem-based learning (PBL). Jenis penelitian adalah tindakan kelas atau biasa disebut sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Purwokerto pada kelas XI AKL 1. Materi yang disampaikan adalah matriks. Subjek penelitian terdiri dari 35 peserta didik dengan rincian 31 orang putri dan 4 orang putra. PTK terdiri dari tiga siklus yang kegiatannya mulai dari merencanakan, melaksanakan, merefleksi, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan dan tes akhir siklus sehingga instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan proses pembelajaran, lembar pengamatan ketahanan pribadi, dan tes siklus. Teknik analisis data meliputi analisis peningkatan hasil ketahanan pribadi, keterlaksanaan proses pembelajaran, ketuntasan belajar, dan tes akhir pada masing-masing siklus. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan yaitu adanya peningkatan skor rata–rata ketahanan pribadi peserta didik dari 44,49% menjadi 85,92%, meningkatnya rata–rata prestasi belajar dari 37,40% menjadi 93,38%, dan peningkatan ketuntasan belajar dari 3% menjadi 94,12%. Penelitian ini memberikan hasil yang dapat digunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan afektif dan kognitif peserta didik di kelas.

Keywords


Personal Resilience; Learning Achievement; Problem-Based Learning;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andinny, Y. (2015). Pengaruh konsep diri dan berpikir positif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 126–135. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119

Ariyanto, L., Herman, T., Sumarmo, U., & Suryadi, D. (2019). Prospective teachers’ mathematical resilience after participating in Problem-based Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4), 42036. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042036

Aslan, A. (2021). Problem- based learning in live online classes: Learning achievement, problem-solving skill, communication skill, and interaction. Computers & Education, 171, 104237. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104237

Astuti, P. H. M., Bayu, G. W., & Aspini, N. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 26(2), 243–250. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.36105

Azizi, A. (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) dengan Bermain Peran (BP) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 188–194. https://doi.org/10.58258/jupe.v4i5.855

Baker, F. R. L., Baker, K. L., & Burrell, J. (2021). Introducing the skills-based model of personal resilience: Drawing on content and process factors to build resilience in the workplace. Journal of Occupational and Organizational Psychology, 94(2), 458–481. https://doi.org/10.1111/joop.12340

Dewi, D. K., & Sunarso, S. (2020). Strategi Pembentukan Ketahanan Pribadi Siswa Berbasis Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Kesadaran Bernegara (Studi di SMA Taruna Nusantara Magelang Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 26(1), 40–54. https://doi.org/10.22146/jkn.53132

Djulikhah. (2017). Peningkatan Ketahanan Pribadi Siswa dalam Pelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif STAD Siswa Kelas XI TKR 2 SMK Negeri 1 Singosari. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 576–587. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5016

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Fuente, J. de la, Fernández-Cabezas, M., Cambil, M., Vera, M. M., González-Torres, M. C., & Artuch-Garde, R. (2017). Linear relationship between resilience, learning approaches, and coping strategies to predict achievement in undergraduate students. ,. Frontiers in Psychology, 8(1039), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01039

Hafiz, M., & Dahlan, J. A. (2017). Comparison of mathematical resilience among students with problem based learning and guided discovery learning model. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 12098. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012098

Kang, M., Park, Y.-J., Choi, S., & Lee, S.-J. (2018). The Effects of PBL(Problem-Based Learning) on Academic Resilience, Learning Flow, and Academic Motivation of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 19(6), 291–298. https://doi.org/10.5762/KAIS.2018.19.6.291

Milsan, A. L., & Wewe, M. (2018). Hubungan antara kecerdasan logis matematis dengan hasil belajar matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65–99. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16183

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Ndia, L., Solihatin, E., & Syahrial, Z. (2020). The Effect of Learning Models and Multiple Intelligences on Mathematics Achievement. International Journal of Instruction, 13(2), 285–302. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13220a

Octaviana, A., Nuryani, P., & Robandi, B. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 12–20. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3.20745

Purnama, I. M. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika di SMAN Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 233–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.995

Purwanto, J., Gunawan, G., & Kusuma, J. W. (2023). Improving Personal Resilience and Student Learning Achievement Through Problem-Based Instruction Learning. International Journal of Economy, Education and Entrepreneurship (IJE3), 3(1), 200–206. https://doi.org/10.53067/ije3.v3i1.135

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 2598, 242–248. https://core.ac.uk/download/pdf/154347516.pdf

Sani, R. A. (2015). Pembelajaran saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Soedarsono, S. (1997). Ketahanan pribadi & ketahanan keluarga sebagai tumpuan ketahanan nasional. Jakarta: Intermasa.

Suginem, S. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 32–36. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/metaedukasi/article/view/3149

Wilder, S. (2015). Impact of problem-based learning on academic achievement in high school: a systematic review. Educational Review, 67(4), 414–435. https://doi.org/10.1080/00131911.2014.974511

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.24011

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ratna Fertikawati, Gunawan Gunawan, Joko Purwanto, Reni Untarti, Akhmad Syauqy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter