Video Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Belajar KPK Bersama Sangkuriang

Nidya Pangestika(1*), Nur Azizah(2), Maya Rosalia Dewi(3), Siti Rohimah(4), Julianti Kristianti(5), Dede Sulaiman(6), Abdul Karim(7)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(6) Universitas Indraprasta PGRI
(7) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran berbasis TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) harus digunakan untuk menyajikan pembelajaran yang mengasyikan dan lekat dengan penerapannya di kehidupan sehari-hari khususnya bagi pelajaran-pelajaran yang sulit dipahami. Banyak peserta didik di Indonesia yang masih menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit terlebih pada materi KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil). Untuk itu media pembelajaran berbentuk video interaktif dengan penggabungan cerita rakyat dan materi KPK peneliti buat agar dapat membantu peserta didik khususnya di kelas empat dan lima Sekolah Dasar belajar materi KPK dengan lebih mudah dan menyenangkan. Media Pembelajaran berbasis TIK yang peneliti buat menggunakan model pengembangan ADDIE dimodifikasi menjadi ADD yang terdiri dari tiga tahap yaitu:  Analysis, Design, dan Development. Media pembelajaran matematika berbasis TIK berbentuk video pembelajaran “Belajar KPK Bersama Sangkuriang” mendapatkan skor 80% dari ahli media dan skor 77% dari ahli materi di mana video tersebut dikatakan sudah layak untuk bisa dijadikan media pembelajaran KPK bagi peserta didik kelas empat dan lima Sekolah Dasar.

Keywords


Least Common Multiple; Interactive Learning Videos; ICT; ADDIE Modified;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Arumi, E. R., & Maimunah, M. (2020). Pemanfaatan E-Book Interaktif bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang. E-Dimas: Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 414–419. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3598

Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1995–2014. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/199

Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Putri, D. A. E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Oleh Guru Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.512

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan video animasi “Bang Dasi” berbasis aplikasi Camtasia pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.6352

Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402

Kasri, M. A., Sahiruddin, S., & Arbin, L. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Video. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 85–94. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4468

Komala, E. (2017). Penerapan Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1612

Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(1), 8–29. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/3

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805

Mufidah, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 23–28. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1007

Nurhalin, Y., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–194.

Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Santika, I., Wintoro, A., Mulyaningsih, S., & Rahman, M. (2024). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK BERUPA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STORYBOARD. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(2), 292–306. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/728

Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798

Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558

Ulma, U. B., Anitra, R., & Buyung, B. (2024). Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223

Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Siswa Kelas IV. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.764

Wahyuni, A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824

Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.23441

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nidya Pangestika, Nur Azizah, Maya Rosalia Dewi, Siti Rohimah, Julianti Kristianti, Dede Sulaiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter