Video Pembelajaran Matematika Berbasis TIK: Belajar KPK Bersama Sangkuriang
(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(6) Universitas Indraprasta PGRI
(7) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Arumi, E. R., & Maimunah, M. (2020). Pemanfaatan E-Book Interaktif bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang. E-Dimas: Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4), 414–419. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i4.3598
Asiyah, S. R. (2023). Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa SDN Bulukerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 1995–2014. http://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/199
Febriani, A., Azizah, Y., Satria, N., & Putri, D. A. E. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Oleh Guru Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(1), 73–83. https://doi.org/10.55352/edu.v1i1.512
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan video animasi “Bang Dasi” berbasis aplikasi Camtasia pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.6352
Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS berbasis pendekatan open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814
Karim, A., Purnama, I. M., Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2022). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Educandy. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(1), 43–62. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i1.4402
Kasri, M. A., Sahiruddin, S., & Arbin, L. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Video. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(2), 85–94. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i2.4468
Komala, E. (2017). Penerapan Resource Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1612
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 1(1), 8–29. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/3
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Lestari, I. D. (2018). Peranan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) di SDN RRI Cisalak. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3(2), 137–142. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v3i2.3033
Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis pengembangan bahan ajar. Nusantara, 2(2), 180–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/805
Mufidah, A., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dan Cara Mengatasinya pada Siswa Kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 23–28. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1007
Nurhalin, Y., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–194.
Purwanto, M. N. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Santika, I., Wintoro, A., Mulyaningsih, S., & Rahman, M. (2024). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TIK BERUPA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN STORYBOARD. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 4(2), 292–306. https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/728
Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798
Sudjana, N., & Rivai, A. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tamu, S. D., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengembangan Modul dan Video Pembelajaran Matematika Persiapan Ujian Nasional pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 21–31. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4558
Ulma, U. B., Anitra, R., & Buyung, B. (2024). Pengaruh Alat Peraga DAPEMBILAH terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembagian Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(2), 191–198. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22223
Unaenah, E., Anggita, A. D., Nusaibah, F., & Gunawan, F. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Siswa Kelas IV. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.572349/seroja.v2i4.764
Wahyuni, A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824
Widiastika Asti, M., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada konsep sistem peredaran darah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 47–64. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.602
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v10i1.23441
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nidya Pangestika, Nur Azizah, Maya Rosalia Dewi, Siti Rohimah, Julianti Kristianti, Dede Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530