Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar
(1) SINTA ID : 6199874, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afri, L. D. (2019). Pengembangan Soal Tes Kemampuan Representasi Dan Penalaran Matematis Serta Skala Sikap Self Concept Untuk Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 1–14.
Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM(Jurnal Kajian Pendidikan Matematika ), 2682(1), 15–28. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843
Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148
Delnitawati, Salayan, M., & Karnasih, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Melalui Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Microsoft Excel dan Kalkulator Kertas Grafik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i1.419
Depdiknas. (2006). Permen Nomor 22 Tahun 2006. Depdiknas.
Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan kemampuan representasi matematis melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902
Fitriasari, P., & Ningsih, Y. L. (2021). Pengembangan E-module Materi Persamaan Nirlanjar dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Microsoft Excel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 40–53. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.13746
Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831
Lestari & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. https://virtual-class.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/29321
Lusiana, L., & Ningsih, Y. L. (2018). STUDENTS’MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY THROUGH IMPLEMENTATION OF MAPLE. Infinity Journal, 7(2), 155–164. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p155-164
Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 20(1), 64–79. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/373
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.
Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093
Ritonga, J., & Suryana, D. (2019). Perbandingan kecepatan konvergensi akar persamaan non linier metode titik tetap dengan metode newton raphson menggunakan matlab. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 11(2), 51–64.
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. Prisma, 11(1), 71–81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074
Sunandar, E., & Indrianto, I. (2020). Perbandingan Metode Newton-Raphson & Metode Secant Untuk Mencari Akar Persamaan Dalam Sistem Persamaan Non-Linier. PETIR, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.33322/petir.v13i1.893
Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075
Utami, P. R., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical representation ability of students’ grade X in mathematics learning on problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.25486
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23363
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arif Rahman Hakim, Fauzi Mulyatna, Muhamad Farhan, M. Tohimin Apriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530