Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar
(1) SINTA ID : 6199874, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Afrilina, A.R., Haryono, Y., & Jufri, L.H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 15-28. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843
Delnitawati., Salayan, M., & Karnasih, I. (2020). Representasi Matematis Melalui Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Microsoft Excel dan Kalkulator Kertas Grafik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(1), 26-36. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i1.419
Djaali, & Pudji, M. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Farhan, M. & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678
Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972
Fitri, N., Munzir, S., & Duskri M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika 4(1), 59-67. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/6902/6463
Fitriasari, P., & Ningsih, Y. L. (2021). Developing e-module of the Non-linear Equation based on constructivism approach with a Microsoft Excel-assisted. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 40-53. https://mail.online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/13746/12429
Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206-216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831
Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. https://core.ac.uk/download/pdf/230667975.pdf
Lusiana, L., & Ningsih, Y. L. (2018). Students ’Mathematical Representation Ability Through Implementation of Maple. Infinity: Journal of Mathematics Education, 7(2), 155–164. https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/820/587
Maghfiroh, S. & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64-79. https://doi.org/https://doi.org/10.33592/pelita.Vol10.Iss1.373
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.
Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K.N.S. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99-110. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960
Puspitasari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307-318. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv8n2_12/476
Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093
Ritonga, J., & Suryana, D. (2019). Perbandingan Kecepatan Konvergensi Akar Persamaan NonLinier Metode Titik Tetap dengan Metode Newton Raphson Menggunakan Matlab. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 11(2), 51–64. https://doi.org/10.37424/informasi.v11i2.17
Sunandar, E., & Indrianto, I. (2020). Perbandingan Metode Newton-Raphson & Metode Secant Untuk Mencari Akar Persamaan dalam Sistem Persamaan Non-Linier. PETIR: Jurnal Pengkajian dan Penerapan Teknik Informatika, 13(1), 72–79. https://jurnal.itpln.ac.id/petir/article/view/893/662
The National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standard for School Mathematics. NCTM 2000, 1-392. https://www.rainierchristian.org/NCTM_principles-and-standards-for-school-mathematics.pdf.
Umayah, Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85-94. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/5075/2857
Utami, P., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical representation ability of student grade X in mathematics learning on problem bassed learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164-171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.25486
Yudhanegara, M. R., & Lestari, K. E. (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah terbuka (penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(4), 94-103. https://journal.unsika.ac.id/index.php/solusi/article/view/71/71
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23363
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Arif Rahman Hakim, Fauzi Mulyatna, Muhamad Farhan, M. Tohimin Apriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530