Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Solusi Persamaan Nirlanjar

Arif Rahman Hakim(1*), Fauzi Mulyatna(2), Muhamad Farhan(3), M. Tohimin Apriyanto(4)

(1) SINTA ID : 6199874, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan representasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal solusi persamaan nirlanjar di Program Studi Pendidikan Matematika. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas R6Ayang berjumlah sebanyak 36 orang dan subjek penelitian 3 orang yang mewakili masing-masing kriteria. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pada mata kuliah metode numerik untuk bab solusi persamaan nirlanjar. Tes digunakan untuk melihat indikator dari kemampuan representasi matematis yang dimiliki mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75,0% kemampuan representasi matematis mahasiswa masih dikatakan berkriteria rendah, 13,9% kemampuan representasi matematis mahasiswa berkriteria sedang, dan 11,1% kemampuan representasi matematis mahasiswa berkriteria tinggi. Secara keseluruhan lebih dominan mahasiswa berada pada kriteria rendah untuk menjawab soal-soal representasi matematis pada materi solusi persamaan nirlanjar.

Keywords


Analysis; Mathematical Representation Ability; Solution Nonlinear Equations;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afri, L. D. (2019). Pengembangan Soal Tes Kemampuan Representasi Dan Penalaran Matematis Serta Skala Sikap Self Concept Untuk Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 8(1), 1–14.

Afrilina, A. R., Haryono, Y., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika. JKPM(Jurnal Kajian Pendidikan Matematika ), 2682(1), 15–28. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14843

Apriliyani, S. W., Hartati, L., & Rahmatulloh, R. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Statistika Ditinjau dari Self Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 193. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.11148

Delnitawati, Salayan, M., & Karnasih, I. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Melalui Contextual Teaching and Learning Menggunakan Media Microsoft Excel dan Kalkulator Kertas Grafik. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v5i1.419

Depdiknas. (2006). Permen Nomor 22 Tahun 2006. Depdiknas.

Djaali, H., & Muljono, P. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pisa Konten Change and Relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802–2815. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.972

Fitri, N., Munzir, S., & Duskri, M. (2017). Meningkatkan kemampuan representasi matematis melalui penerapan model problem based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 59–67. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.6902

Fitriasari, P., & Ningsih, Y. L. (2021). Pengembangan E-module Materi Persamaan Nirlanjar dengan Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Microsoft Excel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 40–53. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.13746

Kartika, R. W., Megawanti, P., & Hakim, A. R. (2021). Pengaruh adversity quotient dan task commitment terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 206–216. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.36831

Lestari & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569–575. https://virtual-class.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/29321

Lusiana, L., & Ningsih, Y. L. (2018). STUDENTS’MATHEMATICAL REPRESENTATION ABILITY THROUGH IMPLEMENTATION OF MAPLE. Infinity Journal, 7(2), 155–164. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p155-164

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segiempat. Pelita: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 20(1), 64–79. https://ejournal.unis.ac.id/index.php/pelita/article/view/373

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, K. N. S. (2020). Analisis kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 99–110. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.7960

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 307–318. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.564

Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. H. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093

Ritonga, J., & Suryana, D. (2019). Perbandingan kecepatan konvergensi akar persamaan non linier metode titik tetap dengan metode newton raphson menggunakan matlab. INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 11(2), 51–64.

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. Prisma, 11(1), 71–81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Sunandar, E., & Indrianto, I. (2020). Perbandingan Metode Newton-Raphson & Metode Secant Untuk Mencari Akar Persamaan Dalam Sistem Persamaan Non-Linier. PETIR, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.33322/petir.v13i1.893

Umayah, U., Hakim, A. R., & Nurrahmah, A. (2019). Pengaruh metode contextual teaching and learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 85–94. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5075

Utami, P. R., Junaedi, I., & Hidayah, I. (2018). Mathematical representation ability of students’ grade X in mathematics learning on problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(3), 164–171. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.25486




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23363

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arif Rahman Hakim, Fauzi Mulyatna, Muhamad Farhan, M. Tohimin Apriyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter