Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Watson's Error Category

Nur Laili Rohmatul Ummah(1*), Yeva Kurniawati(2)

(1) Universitas Qomaruddin
(2) Universitas Qomaruddin
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini guna mengetahui kesalahan dari peserta didik saat soal matematika mengenai materi barisan dan deret kelas X diberikan, dengan fokus pada 8 kategori kesalahan watson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan (deskriptif-kualitatif). Penelitian kali ini melibatkan tiga peserta didik kelas X, di mana masing-masing dari mereka memiliki tingkat kemampuan yang berbeda, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data melibatkan tes tertulis dan wawancara. Jumlah soal yang diberikan hanya satu. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan menggunakan metode triangulasi. Penelitian ini dianalisis berdasarkan 8 indikator kesalahan menurut Watson. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa jenis kesalahan dilakukan oleh SKT adalah oc. SKS melakukan beberapa jenis kesalahan diantaranya od, ip, um, ao dan oc. Pada SKR, jenis kesalahan yang dilakukan diantaranya od, ip, rlc, shp dan oc.

Keywords


Analysis; Error; Watson’s Error Category;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Andini, I. Z. T., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 56–65. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3144

Anggarsih, D., & Yuzianah, D. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN KRITERIA WATSON. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 84–97. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.156

Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630

Bunayya, B., Ramdani, R., & Quraisy, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 660–667. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3615

Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. California: SAGE Publications, Inc.

Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635

Firmawati, I. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana.

Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542

Habibi, H., Winiati, I., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.34

Halim, A., Asmin, & Ahyaningsih, F. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM), 13(1), 106–114. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723

Hariyani, S., Ningsih, N., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187–200. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3715

Herdianto, H., Putra, R. W. Y., & Anggoro, B. S. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan Rumus Cepat Arimetika Sosial dan Perbandingan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 17–30. http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/88

Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544

Khusnatun, K., Danaryanti, A., & Sari, A. (2021). Analisis kesalahan ditinjau dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan Kriteria Watson pada siswa SMA Negeri se-Banjarmasin Utara tahun pelajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 34–39. http://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/7

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis STEM-PBL pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420

Mafruhah, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 75–84. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5867

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School BT - 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993–1004. https://doi.org//10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004

Rahman BP, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757

Rosyidi, A. H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Al-Khoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan SPLDV. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.

Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826

Septiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Dengan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2599–2608. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1638

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606–1619. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098

Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37

Simanungkalit, R. H., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2023). Trend Pembelajaran Matematika Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 1093–1095. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2272

Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan. (2014). Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. In Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume, 3(1), 78–82. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2541

Yusup, M. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Watson. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu, Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. https://core.ac.uk/reader/335075470




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23257

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 nur laili rohmatul ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter