Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Watson's Error Category

Nur Laili Rohmatul Ummah(1*), Yeva Kurniawati(2)

(1) Universitas Qomaruddin
(2) Universitas Qomaruddin
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini guna mengetahui kesalahan dari peserta didik saat soal matematika mengenai materi barisan dan deret kelas X diberikan, dengan fokus pada 8 kategori kesalahan watson. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan (deskriptif-kualitatif). Penelitian kali ini melibatkan tiga peserta didik kelas X, di mana masing-masing dari mereka memiliki tingkat kemampuan yang berbeda, yakni tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data melibatkan tes tertulis dan wawancara. Jumlah soal yang diberikan hanya satu. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan, dengan menggunakan metode triangulasi. Penelitian ini dianalisis berdasarkan 8 indikator kesalahan menurut Watson. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa jenis kesalahan dilakukan oleh SKT adalah oc. SKS melakukan beberapa jenis kesalahan diantaranya od, ip, um, ao dan oc. Pada SKR, jenis kesalahan yang dilakukan diantaranya od, ip, rlc, shp dan oc.

Keywords


analisis, kesalahan, Watson's Error Category

References


Andini, I. Z. T., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 56–65. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3144

dan Kebudayaan, K. P., & Pendidikan, R. I. B. (2014). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Peserta didik Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2682(1), 159–168.

Firmawati, I. (2013). Analisis Kesalahan Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengarankab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW.

Habibi, I. W. T., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Peserta didik SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Mathematics and Natural Sciences Education.

Ibrahim, H. (2012). Teori Belajar Perilaku”. Mister Phsics Education.

Kebudayaan, K. P. D. (2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Stem-Pbl Pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420

Mafruhah, L., & Muchyidin, A. (2020). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika.

Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan peserta didik berdasarkan kategori kesalahan menurut watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993–1004.

Ningsih, N., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187–200.

Rosyidi, A. H. (2015). Analisis Kesalahan Peserta didik Kelas II MTs Al-Khoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan SPLDV. Surabaya: Tesis UNESA.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D).

Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahapeserta didik di stkip siliwangi bandung. TEOREMA: Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 47–54.

Zebua, V., Rahmi, R., & Yusri, R. (2020). Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Lemma, 6(2), 122–133.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23257

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 nur laili rohmatul ummah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter