Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Berdasarkan Watson's Error Category
(1) Universitas Qomaruddin
(2) Universitas Qomaruddin
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andini, I. Z. T., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika berdasarkan Kriteria Watson ditinjau dari Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 56–65. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3144
Anggarsih, D., & Yuzianah, D. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GARIS DAN SUDUT BERDASARKAN KRITERIA WATSON. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 84–97. https://doi.org/10.51517/nabla.v7i2.156
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630
Bunayya, B., Ramdani, R., & Quraisy, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Himpunan. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 660–667. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3615
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches. California: SAGE Publications, Inc.
Fatkya, R. A., & Wicaksono, B. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Siswa Pengguna Aplikasi Brainly. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 9(1), 159–168. https://doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19635
Firmawati, I. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Satya Wacana.
Ghifari, M., Salsabila, E., & Aziz, T. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis pada Bentuk Aljabar Ditinjau Perbedaan Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 243. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9542
Habibi, H., Winiati, I., & Kurniawati, Y. (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.35719/mass.v1i2.34
Halim, A., Asmin, & Ahyaningsih, F. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM), 13(1), 106–114. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723
Hariyani, S., Ningsih, N., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187–200. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3715
Herdianto, H., Putra, R. W. Y., & Anggoro, B. S. (2018). Pengembangan Modul Berbantuan Rumus Cepat Arimetika Sosial dan Perbandingan. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 17–30. http://ejournal.unitaspalembang.ac.id/index.php/nabla/article/view/88
Khanifah, Sutrisno, & Purwosetiyono, F. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544
Khusnatun, K., Danaryanti, A., & Sari, A. (2021). Analisis kesalahan ditinjau dari jawaban siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan Kriteria Watson pada siswa SMA Negeri se-Banjarmasin Utara tahun pelajaran 2019/2020. Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 34–39. http://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/7
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765
Kurniawati, Y., & Ummah, S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis STEM-PBL pada Materi Statistika. Conscilience: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 48. https://doi.org/10.30587/jc.v1i2.6420
Mafruhah, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 75–84. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/pmat/article/view/5867
Marpaung, N. Q. R. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di MTs Swasta Aisyiyah Sumatera Utara. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). The Influence of Learning Model and Learning Motivation Towards Mathematical Reasoning Abilities in Junior High School BT - 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019). Proceedings of the 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 295–301. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.056
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 993–1004. https://doi.org//10.22460/jpmi.v1i5.p993-1004
Rahman BP, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Rosyidi, A. H. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Al-Khoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan SPLDV. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.
Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Septiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Dengan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2599–2608. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1638
Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606–1619. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA N 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.33087/phi.v2i2.37
Simanungkalit, R. H., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2023). Trend Pembelajaran Matematika Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 6(1), 1093–1095. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2272
Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1–14. https://doi.org/10.24952/logaritma.v7i01.1660
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan. (2014). Paparan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. In Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wulandari, A. I., & Sulasmono, B. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) Volume, 3(1), 78–82. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i2.2541
Yusup, M. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Watson. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu, Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. https://core.ac.uk/reader/335075470
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23257
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 nur laili rohmatul ummah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530