Pengaruh Model Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 060870 Medan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen dengan non-equivalent control group design untuk melihat pengaruh penggunaan model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada pecahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent sample t-test). Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai sig. 2-tailed adalah 0,003 kurang dari 0,05 (sig. 2-tailed ? 0,05) artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amalia, L., & Sulistyorini, Y. (2022). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 5(1), 109–116. https://doi.org/10.33503/prismatika.v5i1.2195
Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.
Azhari, A., & Huda, Y. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2646–2657. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.2984
Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645
Berampu, P. Y. K. (2022). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Pada Kemampuan Geometri Siswa SMP. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 9(2), 68–74. https://doi.org/10.31869/ip.v9i2.3897
Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis realistik terintegrasi higher order thinking skills (HOTS) pada materi bangun ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31
Durachman, D., & Cahyo, E. D. (2020). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematis siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 56–74. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1954
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580
Febriyanti, F., Bagaskorowati, R., & Makmuri, M. (2019). The Effect of The Realistic Mathematics Education (RME) Approach and The Initial Ability of Students on The Ability of Student Mathematical Connection. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 153–156. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.2117
Fitriani, K., & Maulana, -. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 40–52. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2355
Halim, A., Asmin, & Ahyaningsih, F. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM), 13(1), 106–114. https://doi.org/10.24114/paradikma.v12i2.23723
Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD berbasis model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Eksponen, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.138
Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 223–234.
Kelen, W. M. D. E. L. (2020). Pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. PROSIDING SENDIKA, 6(2).
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-faktor kesulitan belajar matematika siswa madrasah ibtidaiyah da’watul falah kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14
Komalig, R. N., Gusmania, Y., & Husna, A. (2019). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMRI) TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 23–31. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v8i1.1774
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425–432. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.524
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189
Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Noer, S. H. (2017). Strategi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Matematika.
Nurfadhillah, S., Barokah, S. F., Nur’alfiah, S., Umayyah, N., & Yanti, A. A. (2021). Pengembangan media audio visual pada pembelajaran matematika di kelas 1 MI Al Hikmah 1 Sepatan. PENSA, 3(1), 149–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1274
Nurfadilah, I., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2021). Using Realistic Mathematics Education in Mathematical Problem-Solving Ability Based on Students’ Mathematical Initial Ability. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 35. https://doi.org/10.31000/prima.v5i1.3166
Pardede, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri 1 Sipahutar TA 2018/2019 [Skripsi: Universitas HKBP Nommensen]. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/2727
Purwitasari, D. I., Astawa, I. W. P., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Penerapan blended learning berbantuan schoology untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 143–152. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2852
Puspiali, R., Nurasiah, I., & Khaleda, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Di SDN 1 Cicurug Kabupaten Sukabumi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(3), 2489–2496. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i3.5480
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.566
Rahayu, R., Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Kuliner Melayu Riau di Sekolah Dasar. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 7(3), 18–24. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2659
Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Septiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Dengan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2599–2608. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1638
Setyawan, D. (2020). Meningkatan hasil belajar siswa menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan media konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155–163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473
Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Siregar, Y. P., Simamora, E., & Rajagukguk, W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2048–2063. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1437
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, Sri, & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Susanti, Susanti, Siregar, N. A. R., & Elvi, M. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 2(2), 44–53. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v2i2.197
Syadid, R. A. A. C. I., & Sutiarso, S. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 327–336. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9808
Syafruddin, F., & Jeranah, J. (2020). Efektivitas Penerapan Model Quantum Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Hasil Belajar Siswa. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(2), 224–235. https://doi.org/10.24252/asma.v2i2.17487
Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.23136
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mona Chairani Sihotang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530