Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital
(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(2) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(3) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Akbar, M Firman, and Filia Dina Anggaraeni. 2017. “Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital Dan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Skripsi.” Jurnal Indigenous 2 (1): 31.
Amin, Ihdi. 2020. Model Pembelajaran PME (Planning Monitoring Evaluating). Semarang: Scopindo Media Pustaka.
Arima, Mendi Tutut, Nurhadifah Amaliyah, Perawati Bte Abustang, and Syamsul Alam. 2021. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makasar.” Jurnal Pendas Mahakam 6 (2): 105.
Ayubi, Ibnu Imam Al, Erwanudin, and Martin Bernard. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah
Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (3): 356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360.
Ayuni, Indah Resti Suri, Achi Rinaldi, and Nurfadila. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi ( Matematis ) Pada Materi Relasi Fungsi Dengan Pengembangan E-Modul Dan Kvisoft Flipbook
Maker.” Prosiding: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2020 3 (2): 92.
Dewi, Yuliana, Farida, Abi Fadila, and Ana Risqa JL. 2024. “Analysis of Students’ Creative Thinking
Skills from the Perspective of Environmental Literacy and Digital Literacy Influence.” E3S Web of Conferences 482: 2. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202448204002.
Elpira, Bella. 2018. “Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh.” UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 57.
Fadila, A., A. Septiana, V. Amelia, T. Wahyuni, W. Wahyuni, and . Sugito. 2019. “The Influence of
Group Investigation Learning Implementation Judging from Learning Motivation Against Students’
Mathematical Problem Solving Ability.” Journal of Physics: Conference Series 1155 (1): 2. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012098.
Fauzi, Nurul Fajriati, and Usmeldi. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK.” Journal of Multidicsiplinary Research and Development 4 (1): 196.
Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley.
IEA. 2012. TIMSS 2011 Internatonal Result in Mathematics. Boston College: TIMSS & PRRLS International Study Center.
Indrawati, Farah, Nurul Hikmah, and Mailizar. 2021. “Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital.” Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat 04 (05): 484.
Isnaeni, Sarah, Aditia Ansori, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.” Journal
On Education 01 (02): 309.
Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.
M.Nur, Isman. 2023. Statistik Dasar. Sumatera Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia.
Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersy: USA: Pricenton University Press.
Putri, Melynia Kesuma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping And Sharing (Rms) Dengan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari
Literasi Digital Peserta Didik.” Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, 104.
Putri, Rafika, and Granita. 2022. “Pengembangan LKS Berbasis Model Planning Monitoring Evaluating ( PME ) Pada Materi Program Linear.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6 (2): 253–54.
Rahayu, Diar Veni, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika.” Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika 5 (1): 30–31.
Rochmatika, Indri, and Enceng Yana. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana.” Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 13 (1): 64.
Rosida, Erika Nur, Lenny Kurniati, and Ratih Kusumawati. 2019. “Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa.” SQUARE : Journal of Mathematics
and Mathematics Education 1 (1): 38.
Silalahi, Dumaris E. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Soraya, Septiany Maulani, Kurjono, and Imas Purnamasari. 2023. “Pengaruh Literasi Digital Siswa
Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderator.” Jurnal Educatio 9 (2): 685. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaf, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zaki, Anita Mutiara. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating)
Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa.” Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 80
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530