Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital

Lilis Suryani(1*), Abi Fadila(2), Siska Andriani(3)

(1) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(2) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(3) UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating) terhadap pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan Quasi Exsperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pekalongan tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes pemecahan masalah dan angket literasi digital. Teknik analisis data menggunakan uji normalitias, uji homogenitas , uji anava dua arah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis maka disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis antara model pembelajaran PME dan pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh antara siswa yang memiliki literasi digital basic, medium, dan advanced terhadap pemecahan masalah, 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran PME dengan literasi digital terhadap pemecahan masalah matematis.

Keywords


igital literacy; problem solving; planning-monitoring-evaluating

References


Akbar, M Firman, and Filia Dina Anggaraeni. 2017. “Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital Dan Self-Directed Learning Pada Mahasiswa Skripsi.” Jurnal Indigenous 2 (1): 31.

Amin, Ihdi. 2020. Model Pembelajaran PME (Planning Monitoring Evaluating). Semarang: Scopindo Media Pustaka.

Arima, Mendi Tutut, Nurhadifah Amaliyah, Perawati Bte Abustang, and Syamsul Alam. 2021. “Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makasar.” Jurnal Pendas Mahakam 6 (2): 105.

Ayubi, Ibnu Imam Al, Erwanudin, and Martin Bernard. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah

Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (3): 356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360.

Ayuni, Indah Resti Suri, Achi Rinaldi, and Nurfadila. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi ( Matematis ) Pada Materi Relasi Fungsi Dengan Pengembangan E-Modul Dan Kvisoft Flipbook

Maker.” Prosiding: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2020 3 (2): 92.

Dewi, Yuliana, Farida, Abi Fadila, and Ana Risqa JL. 2024. “Analysis of Students’ Creative Thinking

Skills from the Perspective of Environmental Literacy and Digital Literacy Influence.” E3S Web of Conferences 482: 2. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202448204002.

Elpira, Bella. 2018. “Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh.” UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 57.

Fadila, A., A. Septiana, V. Amelia, T. Wahyuni, W. Wahyuni, and . Sugito. 2019. “The Influence of

Group Investigation Learning Implementation Judging from Learning Motivation Against Students’

Mathematical Problem Solving Ability.” Journal of Physics: Conference Series 1155 (1): 2. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012098.

Fauzi, Nurul Fajriati, and Usmeldi. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK.” Journal of Multidicsiplinary Research and Development 4 (1): 196.

Gilster, Paul. 1997. Digital Literacy. New York: Wiley.

IEA. 2012. TIMSS 2011 Internatonal Result in Mathematics. Boston College: TIMSS & PRRLS International Study Center.

Indrawati, Farah, Nurul Hikmah, and Mailizar. 2021. “Peningkatan Pembelajaran Matematika Melalui Literasi Digital.” Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat 04 (05): 484.

Isnaeni, Sarah, Aditia Ansori, Padillah Akbar, and Martin Bernard. 2019. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel.” Journal

On Education 01 (02): 309.

Jaya, I Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

M.Nur, Isman. 2023. Statistik Dasar. Sumatera Barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia.

Polya, G. 1973. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. New Jersy: USA: Pricenton University Press.

Putri, Melynia Kesuma. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping And Sharing (Rms) Dengan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau Dari

Literasi Digital Peserta Didik.” Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung, 104.

Putri, Rafika, and Granita. 2022. “Pengembangan LKS Berbasis Model Planning Monitoring Evaluating ( PME ) Pada Materi Program Linear.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 6 (2): 253–54.

Rahayu, Diar Veni, and Ekasatya Aldila Afriansyah. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika.” Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika 5 (1): 30–31.

Rochmatika, Indri, and Enceng Yana. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana.” Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan 13 (1): 64.

Rosida, Erika Nur, Lenny Kurniati, and Ratih Kusumawati. 2019. “Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa.” SQUARE : Journal of Mathematics

and Mathematics Education 1 (1): 38.

Silalahi, Dumaris E. 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Soraya, Septiany Maulani, Kurjono, and Imas Purnamasari. 2023. “Pengaruh Literasi Digital Siswa

Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderator.” Jurnal Educatio 9 (2): 685. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitaf, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zaki, Anita Mutiara. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating)

Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa.” Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 80




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter