Model Pembelajaran PME: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Literasi Digital

Lilis Suryani(1*), Abi Fadila(2), Siska Andriani(3)

(1) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(2) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(3) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating) terhadap pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan Quasi Exsperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pekalongan tahun ajaran 2023/2024. Teknik sampling penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa uji anava dua arah dimana sebaran datanya sudah berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan  hasil pengujian hipotesis maka disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh dimana kemampuan pemecahan masalah matematis pada model pembelajaran PME lebih baik daripada pembelajaran konvensional; 2) terdapat pengaruh antar siswa yang memiliki literasi digital pada aspek Advanced lebih baik daripada medium dan basic, sedangkan pada medium lebih baik dari basic tetapi tidak lebih baik dari advanced; dan 3) tidak terdapat interaksi antara  model pembelajaran PME dengan literasi digital terhadap pemecahan masalah matematis.


Keywords


Digital Literacy; Problem Solving; Planning-Monitoring-Evaluating;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agustiana, E., Putra, F. G., & Farida, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dengan Pendekatan Lesson Study terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1905

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan: Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Indigenous, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458

Al Ayubi, I. I., Erwanudin, & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.355-360

Aliyyah, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating) dengan Solution Plan pada Materi Komposisi Fungsi dan Fungsi Invers. Skripsi: Jurusan Pendidikan Matematika, FITK, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59395

Amin, I., Sukestiyarno, Y. L., Waluya, S. B., & Mariani. (2020). MODEL PEMBELAJARAN PME (PLANNING-MONITORING–EVALUATING) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Arima, M. T., Amaliyah, N., Abustang, P. B., & Alam, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres bangkala III Kota Makassar. Pendas Mahakam?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 105–110. https://doi.org/10.24903/pm.v6i2.818

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.

Ayuni, I. R. S., Rinaldi, A., & Nurfadila. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Tingkat Tinggi (Matematis) pada Materi Relasi Fungsi dengan Pengembangan E-Modul dan Kvisoft Flipbook Maker. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 91–100.

Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179

Dewi, Y., Farida, Fadila, A., & Risqa JL, A. (2024). Analysis of Students’ Creative Thinking Skills from the Perspective of Environmental Literacy and Digital Literacy Influence. E3S Web of Conferences, 482, 1–6. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202448204002

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi: UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Fadila, A., Septiana, A., Amelia, V., Wahyuni, T., Wahyuni, W., & Sugito, . (2019). The Influence of Group Investigation Learning Implementation Judging from Learning Motivation Against Students’ Mathematical Problem Solving Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 2. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012098

Fauzi, N. F., & Usmeldi. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 4(1), 173–180. https://doi.org/10.38035/rrj.v4i2.466

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446.

Gilster, P., & Glister, P. (1997). Digital Literacy. New York: Wiley Computer Pub.

IEA. (2012). TIMSS 2011 Internatonal Result in Mathematics. Massachusetts: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 01(02), 309–316. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.68

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Novitasari, L. L. A., & Masriyah. (2020). Profil Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual Siswa SMP Ditinjau Dari Kepribadian Myer Briggs Indicator (MBTI). MATHEdunesa, 9(3), 631–646. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p631-646

Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68–84. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96/0

Polya, G. (1973). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. USA: Pricenton University Press.

Putri, M. K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Mind Mapping and Sharing (RMS) dengan Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Literasi Digital Peserta Didik. Skripsi: Program Studi pendidikan Matematika, UIN Raden Intan Lampung.

Putri, R., & Granita. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Model Planning Monitoring Evaluating (PME) pada Materi Program Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 253–254. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6102

Rahayu, D. V., & Afriansyah, E. A. (2015). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran pelangi matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v4i1.326

Rochmatika, I., & Yana, E. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Tukdana. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 64. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9491

Rosida, E. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pemanfaatan Teknologi Digital Siswa. Square?: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4089

Setyaningsih, R., & Rahman, Z. H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1606–1619. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5098

Silalahi, D. E. (2022). Literasi Digital Berbasis Pendidikan. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Soraya, S. M., Kurjono, & Purnamasari, I. (2023). Pengaruh Literasi Digital Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Moderator. Jurnal Educatio, 9(2), 685. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4537

Supriani, Y., Giyanti, G., & Syafana, Z. (2023). Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 167–178. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14779

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Zaki, A. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating) terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/49563




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22971

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lilis Suryani, Abi Fadila, Siska Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter