Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Menggunakan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Ukuran Pemusatan Data

Fahmi Cholid(1*), Nur Robiah Nofikusumawati Peni(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Teknologi memainkan peran penting dalam pendidikan modern, menantang para pendidik untuk mengadaptasi dan memanfaatkan aplikasi multimedia seperti e-modul, Canva, dan lembar kerja langsung, khususnya dalam matematika, di mana keterlibatan peserta didik rendah karena kurangnya interaktivitas. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang difasilitasi dengan liveworksheet terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran pengukuran konsentrasi data. Penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja langsung adalah alat yang efektif, dinilai baik (3,02), meningkatkan pembelajaran dan berpikir kritis. Hal ini menunjukkan bahwa memasukkan liveworksheet ke dalam pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk kemajuan pendidikan, menunjukkan potensi signifikan teknologi dalam memperkaya lingkungan belajar dan mendorong pemikiran kritis di kalangan peserta didik.


Keywords


Critical Thinking; E-LKPD; Multimedia; Liveworksheet; Problem Based Learning;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afriani, N. R. (2022). Effectiveness of The Problem Based Learning Model on Critical Thinking Ability about Science Subject for Fifth Grade Elementary School Students. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1), 46–58. https://doi.org/10.17509/eh.v14i1.36791

Amir, M. F., Hasanah, F. N., & Musthofa, H. (2018). Interactive multimedia based mathematics problem solving to develop students’ reasoning. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.14), 272–276. https://www.sciencepubco.com/index.php/ijet/article/view/14691

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 193. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645

Cicchino, M. I. (2015). Using game-based learning to foster critical thinking in student discourse. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 9(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1481

Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.

Lund, A. M. (2001). Measuring usability with the USE questionnaire. Usability Interface, 8(2), 3–6. https://doi.org/https://www.researchgate.net/profile/Arnold-Lund/publication/230786746_Measuring_Usability_with_the_USE_Questionnaire/links/56e5a90e08ae98445c21561c/Measuring-Usability-with-the-USE-Questionnaire.pdf

Meilina, S., & Andriani, A. (2023). Implementation of TPACK-based Liveworksheet Approach on Students’ Learning Motivation and Critical Thinking in Science Learning at Elementary School. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences, ICONESS 2023, 22-23 July 2023, Purwokerto, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2023.2335408

Miao, Z., & Reynolds, D. (2017). The effectiveness of mathematics teaching in primary schools: Lessons from England and China. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315563763

Mumu, J., & Tanujaya, B. (2018). Desain pembelajaran materi operasi pada himpunan menggunakan permainan “Lemon Nipis.” Journal of Honai Math, 1(1), 14–23. https://doi.org//10.30862/jhm.v1i1.770

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.

Oja, K. J. (2011). Using problem-based learning in the clinical setting to improve nursing students’ critical thinking: an evidence review. Journal of Nursing Education, 50(3), 145–151. https://doi.org/10.3928/01484834-20101230-10

Prihandono, T., Supriyono, A., Meilina, I. L., & Ernasari, E. (2023). Penerapan E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 12(3), 114–126. https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43462

Rahayu, S. S., Rinaldi, A., & Gunawan, W. (2021). Aplikasi Program Linear: Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 107. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11442

Rizki, N., Baiduri, B., & Inganah, S. (2023). Analysis of Critical Thinking Ability in Liveworkheet Assisted Cooperative Learning Settings. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1474–1483. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.7130

Roshanty, Y. D. (2019). Perbedaan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Berdasarkan Asal Sekolah dan Gender. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(03), 31–44.

Rosyidah, N. F., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Model Problem Based Learning Menggunakan Web Liveworksheet untuk Kelas VII SMP. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 138–145. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/1732

Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1934

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual terhadap berpikir kritis siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104.

Tama, D. A., & Setyadi, D. (2022). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1536–1548. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1303

Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking critically about critical thinking and problem-based learning in higher education: A scoping review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1). https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28773

Vilianti, Y., Pratama, F., & Mampouw, H. (2018). Description of the ability of social arithedical stories by study problems by students VIII SMP reviewed from the polya stage. International Journal of Active Learning, 3(1), 23–32. https://www.learntechlib.org/p/208686/

Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E–LKPD) Berbantuan Liveworksheet. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2022: LITERASI DAN NUMERASI DALAM DIGITALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA, 149–157. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/article/view/6866

Wilder, S. (2015). Impact of problem-based learning on academic achievement in high school: a systematic review. Educational Review, 67(4), 414–435. https://doi.org/10.1080/00131911.2014.974511

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Yu, L., & Zin, Z. M. (2023). The critical thinking-oriented adaptations of problem-based learning models: a systematic review. Frontiers in Education, 8, 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1139987




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22945

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter