Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self-confidence pada Materi Barisan dan Deret Bilangan
(1) 
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan self-confidence pada materi barisan dan deret bilangan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 13 Kota Jambi fase E1. Subjek penelitian yakni 3 siswa fase E1 dengan tingkat self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan mencakup angket self-confidence, tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa dengan tingkat self-confidence (tinggi, sedang dan rendah). Siswa memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dengan self-confidence tinggi. Siswa dengan self-confidence sedang memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu fluency, flexibility serta elaboration. Sementara itu, hanya ada satu indikator yang dapat dipenuhi oleh siswa dengan self-confidence rendah, yaitu fluency. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam bidang pendidikan terutama dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-confidence.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Apriliya, & Mochamad Abdul Basir. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Matriks Ditinjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 97–111. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.39
Cysarah, D., Jumroh, & Destiniar. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 7 Palembang. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2), 52–64. https://doi.org/10.31540/jmse.v3i2.1156
Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman matematik siswa SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936
Ernitasari, A. O., Susanto, Nursafrida, L. N., Sunardi, & Oktavianingtiyas, S. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau dari Self-Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(5), 1231–1242. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1231-1242
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p333-346
Ghurfah, A., Sripatmi, S., Novitasari, D., & Baidowi, B. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Tingkat Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23022
Hayati, K. Q. M., Fitraini, D., Nurdin, E., & Irma, A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Tarbiyah Suska Conference Series, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.24014/tscs.v1i1
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kadir, I. A., Machmud, T., Usman, K., & Katili, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 128–138. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Kusno, K., & Setyaningsih, E. (2021). Self-Regulated Learning of Mathematics for Teacher Prospectives in the Development of Student E-Worksheets. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 205. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3911
Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Kelas X Melalui Pendekatan Open Ended Pada Materi Trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.67
Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312
Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di kabupaten bandung barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 83–88. https://www.neliti.com/publications/504840/analisis-kemampuan-berpikir-kreatif-matematis-siswa-sma-di-kabupaten-bandung-bar
Resiyana, K., & Hendriana, B. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Kepercayaan Diri Peserta Didik. Jurnal Education and Development, 9(3), 163–169. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29–42. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394
Triyani, I., & Azhar, E. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3160–3177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.955
Tsani, D. F., & Saputra, R. (2021). Pengembagan Media Pembelajaran Board Game Go-Metra untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 15–30. https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676
Wardani, Y. E., & Suripah, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3039–3052. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2338
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22396
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewi Rahmawati, Nizlel Huda, Marlina Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530