Implementasi Pembelajaran Terdiferensiasi Menggunakan Model PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Afdillah Afdillah(1), Nur Izzati(2*), Febrian Febrian(3)

(1) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(2) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(3) Universitas Maritim Raja Ali Haji
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian  ini  untuk mengetahui perbedaaan siswa yang belajar dengan pembelajaran terdiferensiasi menerapkan Model Project Based Learning dan siswa yang belajar dengan menerapkan model ekspositori kelas X pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, dan observasi. Instrument yang digunakan yaitu instrument utama yang terdiri atas lembar angket gaya belajar, lembar observasi dan lembar tes serta intrumen pendukung terdiri atas modul ajar dan lembar kerja peserta didik. Data yang dianalisis berupa data kualitatif yang menjelaskan tentang kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif yang menjelaskan data kemampuan pemecahan masalah pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hipotesis penelitian menggunakan uji Man Whitney U didapatkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran terdiferensiasi menggunakan Model Project Based Learning yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan ekspositori dengan taraf signifikansi 0,05 dan perolehan nilai signifikansi yaitu 0,00.


Keywords


Differentiated Learning; PjBL, Problem-Solving;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 696–704. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21684

Asdamayanti, N., Nasution, E. Y. P., & Sari, M. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1141–1152. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2084

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 485–490.

De, L. L., Darmawan, K. D., & Sadwika, I. N. (2024). Kemandirian Pendidikan: Eksplorasi Konsep Merdeka Belajar melalui Lensa Filsafat Pendidikan dan Pemikiran Ki Hajar Dewantara: Educational Independence: Exploring the Concept of Independent Learning through the Lens of Ki Hajar Dewantara’s Educational Phil. PROSPEK, 3(3), 368–376. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/3516

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548–561. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Fajri, S., & Trisuryanti, T. (2021). Gagasan Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Membangun Pendidikan di Indonesia Sejak 1922 Sampai dengan 2021. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.15548/thje.v3i1.2833

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hardiningsih, E. F., Masjudin, M., Abidin, Z., Salim, M., & Aziza, I. F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistika Matematika Siswa SMKN 2 Mataram. Reflection Journal, 3(1), 21–29. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1264

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Jannah, R. R., Asikin, M., & Zaenuri, Z. (2021). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 227–234. https://doi.org/10.59525/ijois.v2i2.43

Khoirunisa, L., & Hartati, L. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 3(2), 106–114. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2011

Melindarwati, T., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(1), 13. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.3720

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48–51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88–95. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. NCTM.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif, 2(6), 149–160. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Permana, R. I., Amry, Z., & Mulyono, M. (2013). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berbantuan E-Learning di SMP Negeri 1 Binjai. Paradigma Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 81–89. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i2.22893

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4, 34–37. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Prastowo, A. Y., & Waluya, S. B. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learning dengan Asesmen Kinerja. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 3(3), 209–2017. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v3i3.133

Salma, V. M., Safitri, N. A., & Darwoto. (2023). Application of Differentiated Learning to Increase Student Motivation in Physics Learning at SMAN 1 Situbondo. Experimental Student Experiences, 1(4), 311–317. https://doi.org/10.58330/ese.v1i4.198

Saragih, N. D. (2021). Menyiapkan Pendidikan dalam Pembelejaran di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2(3), 1–9.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Shaputra, R., & Supardi. (2019). Pengaruh Gaya Belajar dan Rasa Ingin Tahu terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(3), 252–259.

Sholihah, D. A. (2021). Pendidikan Merdeka dalam Perspektif Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Terhadap Merdeka Belajar di Indonesia. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 115–122. https://doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).115-122

Siburian, R., Simanjuntak, S. D., & Simorangkir, F. M. (2022). Effectiveness of online differentiated instruction in term of students’ mathematical problem solving ability. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1). https://doi.org/10.21831/jrpm.v9i1.44439

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumarni, S., & Manurung, A. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Project Based Learning pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Basicedu, 7(5), 2862–2871. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5923

Tabrani, M. B., Devianti, V., & Junedi, B. (2023). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 333–342. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.16448

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399

Wahyuni, A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Strategi Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Walidain, S. N., Haris, A., & Fitriyanto, S. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika dalam Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 50–57. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/415

Wibowo, F. A. N., Murtianto, Y. H., & Sutrisno, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 133–146. https://doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2191–2207. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2463




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i2.22082

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Afdillah Afdillah, Nur Izzati, Febrian Febrian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter