Analisis Pemecahan Masalah Etnhic-Math HOTS Mahasiswa Tipe Climbers Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient
(1) SINTA ID: 5997633, Universitas Hasyim Asy'ari
(2) Universitas Hasyim Asy'ari Jombang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah Ethnic-Math HOTS mahasiswa tipe Climbers berdasarkan langkah Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek diawali dengan memberikan angket Adversity quotient pada 9 mahasiswa. Subjek penelitian yang dipilih adalah satu mahasiswa bertipe Climbers dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket adversity quotient, tes pemecahan masalah Ethnic-Math HOTS, dan pedoman wawancara. Hasil Pembahasan dalam artikel ini bahwa mahasiswa tipe Climbers dapat melaksanakan seluruh empat langkah pemecahan masalah Polya dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdiyani, S. S., Khabibah, S., & Rahmawati, N. D. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Jogoroto Berdasarkan Langkah-langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v7i2.774
Amalia, H. F., & Manoy, J. T. (2021). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasar Langkah Polya Ditinjau dari Adversity Quotient. MATHEdunesa, 10(3), 507–513. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n3.p507-513
Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Anggo, M. (2011). Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(01), 25–32. https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i01.188
Dahliani, B. M., Turmuzi, M., Wahidaturrahmi, W., & Azmi, S. (2023). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Lombok Barat Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 83–95. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23028
Dewi, L. P., & Rahmawati, N. D. (2022). Ethnic-Math Hots Pada Kue Kering Homemade Iedul Fitri 1443 Hijriah. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 85–90.
Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan Substansi Genetika kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18.
Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 14, 209–219.
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48–51. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Rahmawati, N. D. (2022). Pemecahan Masalah Literasi Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). CV Jejak (Jejak Publisher).
Rahmawati, N. D., Amintoko, G., & Faizah, S. (2018). Kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dalam memecahkan masalah fungsi pembangkit. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1).
Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340.
Rahmawati, N. D., Mardiyana, M., & Usodo, B. (2015). Profil siswa SMP dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan literasi matematis ditinjau dari adversity quotient (AQ). Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(5).
Rosita, I., & Abadi, A. P. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan langkah-langkah polya. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).
Sam, H. N., & Qohar, A. (2016). Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 156–163.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) EDISI REVISI. Tangerang: Tira Smart.
Stoltz, P. G. (2000). Adversity quotient. Jakarta: Grasindo.
Sumartini, T. . (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Yani, M., Ikhsan, M., & Marwan, M. (2016). Proses berpikir siswa sekolah menengah pertama dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan langkah-langkah Polya ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 42–57. https://doi.org/10.22342/jpm.10.1.3278.42-57
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.21382
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Novia Dwi Rahmawati, Siti Faizah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530