Tren Penelitian Research and Development Berbasis Pendekatan Kontekstual: Analisis Bibliometrika dan Pemetaan Informasi
(1) Ahmad Dahlan University
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Agustiningsih. (2015). Video sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pedagogia, 4(1), 50–58.
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349–8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Anggreni, W., B, N. A. Y., & Muchlis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 229–237. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864
Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Addie untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1(1), 1–15. https://jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalkwangsan/article/downloadSuppFile/1/1
Antari, L., Muslimin, M., & Rukmala, R. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4536
Asmayanti, A., Cahyani, I., & Idris, N. S. (2020). Model Addie Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman. Seminar Internasional Riska Bahasa XIV, 259–267. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa
Aulia, M. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika pada Siswa SMP. June, 2–9.
Cascajares, M., Alcayde, A., Salmerón-Manzano, E., & Manzano-Agugliaro, F. (2021). The bibliometric literature on scopus and wos: The medicine and environmental sciences categories as case of study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(11). https://doi.org/10.3390/ijerph18115851
Chow, J. C., Ho, S. Y. C., Chien, T. W., & Chou, W. (2023). A leading author of meta-analysis does not have a dominant contribution to research based on the CJAL score: Bibliometric analysis. Medicine (United States), 102(15), E33519. https://doi.org/10.1097/MD.0000000000033519
Dewi, P. D. P., & Suniasih, N. W. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Dewi, S., Damayanti, I., Fitri, M., & Ugelta, S. (2018). Pengembangan Media Video Latihan Olahraga Kesehatan Bagi Masyarakat Umum Berbasis Web. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 3(1), 40. https://doi.org/10.17509/jtikor.v3i1.8796
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Friantini, R. N., Winata, R., & Permata, J. I. (2020). Pengembangan Modul Kontekstual Aritmatika Sosial Kelas 7 SMP. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 562–576. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.278
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/4305
Gupta, S. M., Naqvi, W. M., Mutkure, K. N., Varma, A., Thakur, S., & Umate, R. (2022). Bibliometric Analysis on Bibliometric Studies of Case Reports in the Medical Field. Cureus, 14(10). https://doi.org/10.7759/cureus.29905
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com
Harta, I., Tenggara, S., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9077
Hazrina, A., Yat, R., & Kuston, S. (2017). Pengembangan Teknologi Pelontar Bola Tenis Lapangan Berbasis Microcontroller. Urnal Terapan Ilmu Keolahragaan 2017 Vol.02 No.02 Halaman 18-24 EISSN:, 02(02), 18–24.
Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098
Hidayatulloh, M. S. (2017). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Bilangan Bulat. Aksioma, 7(2), 24. https://doi.org/10.26877/aks.v7i2.1416
Istikomah, & Purwoko, R. Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realisik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. MAJU?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).
Khairunnufus, U., Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.981
Koo, M., & Lin, S. C. (2023). An analysis of reporting practices in the top 100 cited health and medicine-related bibliometric studies from 2019 to 2021 based on a proposed guidelines. Heliyon, 9(6), e16780. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16780
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.
Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma?: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Marwantika, A. I. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Journal of Da’wah, 1(1), 24–41. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1274
Maryam, M., Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059
Mejia, C., Wu, M., Zhang, Y., & Kajikawa, Y. (2021). Exploring Topics in Bibliometric Research Through Citation Networks and Semantic Analysis. Frontiers in Research Metrics and Analytics, 6(September), 1–16. https://doi.org/10.3389/frma.2021.742311
Mubarrok, U. S., & Rahmawati, Z. (2020). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bank Wakaf. Malia (Terakreditasi), 12(1), 17–28. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.1938
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174–183.
Nalarita, Y., & Listiawan, T. (2019). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon Yulia. 6223(2), 85–94.
Naziihah, A., Herwanto, D., & Nugraha, B. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Sis-Log In Apps untuk Mempersingkat Distribusi Hasil Pertanian Sayuran. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 10(2), 110. https://doi.org/10.23887/janapati.v10i2.34870
Nengsi, S., Zulyetti, D., Huda Nelvi, M., & Yayasan Abdi Pendidikan Payakumbuh, S. (2021). Pengembangan LKS Biologi dengan Pendekatan Kontekstual Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI. Jurnal Edukasi, 1(1), 12–28.
Norman, R., Hulme, R. C., Sarantopoulos, C., Chandran, V., Shen, H., Rodd, J. M., Joseph, H., & Taylor, J. S. H. (2023). Contextual diversity during word learning through reading benefits generalisation of learned meanings to new contexts. Quarterly Journal of Experimental Psychology, 76(7), 1658–1671. https://doi.org/10.1177/17470218221126976
Rahmawati, S. N. A., & Supriyanto, A. (2020). Pentingnya Kepemimpinan dan Kerjasama Tim Dalam Implemeentasi Manajemen Mutu Terpadu. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/jdmp.v5n1.p1-9
Rohmah, N., Azza, A., & Dewi, I. C. (2023). Development of contextual learning models through collaboration between lecturers, students, and village governments in nursing education. Korean Journal of Medical Education, 35(1), 71–83. https://doi.org/10.3946/kjme.2023.250
Rosa, E., Salom, R., & Perea, M. (2022). Contextual diversity favors the learning of new words in children regardless of their comprehension skills. Journal of Experimental Child Psychology, 214, 105312. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105312
Serino, G., Mareschal, D., Scerif, G., & Kirkham, N. (2024). Playing hide and seek: Contextual regularity learning develops between 3 and 5 years of age. Journal of Experimental Child Psychology, 238, 105795. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2023.105795
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan modul matematika dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk siswa kelas VII SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.16771
Sintia, W., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Rancang Bangun Sistem Monitoring Kelembaban Tanah dan Suhu Udara Berbasis GSM SIM900A DAN ARDUINO UNO. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 60–65.
Suciartini, N. N. A. (2017). Urgensi Pendidikan Toleransi dalam Wajah Pembelajaran sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/88
Tampu, I. E., Haj-Hosseini, N., & Eklund, A. (2021). Does anatomical contextual information improve 3d u-net-based brain tumor segmentation? Diagnostics, 11(7), 1–15. https://doi.org/10.3390/diagnostics11071159
Tamur, M., Nurjaman, A., & Marzuki. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Riset Global Tentang Penerapan Software Matematika Menggunakan Basis Data Scopus. 12(3), 3025–3037.
Trimpl, M. J., Boukerroui, D., Stride, E. P. J., Vallis, K. A., & Gooding, M. J. (2021). Interactive contouring through contextual deep learning. Medical Physics, 48(6), 2951–2959. https://doi.org/10.1002/mp.14852
Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.413
Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 6.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.21208
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Lina Rachmawati, Suparman Suparman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530