Pengaruh Model Problem Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Rimalita Rimalita(1*), Nurul Husna(2), Mariyam Mariyam(3)

(1) STKIP Singkawang
(2) STKIP Singkawang
(3) STKIP Singkawang
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah harus dimiliki oleh setiap siswa karena berguna bagi pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran PBL dan problem posing  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Singkawang pada materi trigonometri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning yang besar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Singkawang dengan nilai effect size yaitu 2,73, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran problem posing yang besar secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Negeri 1 Singkawang dengan nilai effect size yaitu 2,24, 3) pengaruh model pembelajaran PBL lebih besar dari pengaruh model pembelajaran problem posing. 4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi setelah diterapkannya pembelajaran PBL dan problem posing.


Keywords


Mathematical Problem Solving Ability; Problem Based Learning, Problem Posing; Learning Motivation; Trigonometry;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ali, D., Nurhanurawati, & Noer, S. H. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Poblem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829–838. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Daulay, L. A. (2011). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Thesis: Universitas Negeri Medan.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018). Pengembangan kelas virtual dengan google classroom dalam keterampilan pemecahan masalah (problem solving) topik vektor pada siswa SMK untuk mendukung pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. SEMNASTIKA UNIMED, 268–279.

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendri, S., & Kenedi, A. K. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 10–24.

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47–57.

Jabar, A. (2015). Penerapan pendekatan problem posing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear. Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 80–87. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.4

Kartikasari, D., Supandi, S., & Shodiqin, A. (2017). EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM POSING (PP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA PADA MATERI TURUNAN. SENATIK 2017, 154–159.

Mubarok, T., & Purnomo, E. (2017). PENGARUH METODE PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGGUNAKAN ALAT UKUR PRESISI. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(2), 91–100. https://doi.org/10.21831/teknik%20mesin.v5i2.7096

Nurfeni, R. A. (2014). Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Posing Ditinjau dari Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purnamasari, P. D., & Sugiman, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(4), 1–7. https://doi.org/10.21831/jpm.v5i4.2643

Puspitasari, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi: IAIN Tulungagung.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471

Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i2.4387

Riansyah, M., Hardianti, D., & Asyhara, S. A. (2020). Pengaruh model pembelajaran koperatif tipe NHT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 3(1), 81–90.

Saputra, B. A., & Suryanti, P. D. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Internasional Universitas Jember. https://www.academia.edu/12332140/PENGARUH_METODE_PEMBELAJARAN_PROBLEM_POSING_TERHADAP_KEMAMPUAN_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA_SISWA

Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V.D. (2021). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12643

Wulandari, S. (2017). Perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara yang belajar menggunakan pembelajaran problem based learning dan problem posing. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1291




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20482

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 rima lita, nurul husna, mariyam mariyam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter