Analisis Kemampuan Numerasi dalam Mengerjakan Soal Tipe AKM Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Hanifah Qoriyani(1*), Erni Widiyastuti(2)

(1) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(2) Universitas Muhammadiyah Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan numerasi sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan numerasi dalam mengerjakan soal tipe AKM ditinjau dari gaya kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Jatilawang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes GEFT, tes kemampuan numerasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent tidak mampu memenuhi indikator numerasi yaitu menganalisis informasi, menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol, serta pemeriksaan pendapat untuk mengambil keputusan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent hampir memenuhi semua indikator kemampuan numerasi. Kekurangannya kadang siswa kurang teliti saat membaca data di gambar atau diagram pada soal. Siswa dengan gaya kognitif field independent jauh lebih unggul dibandingkan siswa field dependent dalam mengerjakan dan menjelaskan pengerjaan soalnya.


Keywords


Numeracy Skills; AKM; Field-Independent Cognitive Style; Field-Dependent Cognitive Style;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Salameh, E. M. (2011). A Study of Al-Balqa’ Applied University Students Cognitive Style. International Education Studies, 4(3), 189–193. https://doi.org/10.5539/ies.v4n3p189

Alvani, A. (2016). Profil Kreativitas Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal tentang Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 171–178. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6437

Ananiadou, K., & Claro, M. (2009). 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. In In OECD Education Working Papers (Issue 41). OECD Publishing.

Aryadi, W., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Atasoy, R., & Güçlü, N. (2020). Evaluation of Numeracy Skills of Adults According to the Results of PIAAC 2015 in Turkey. World Journal of Education, 10(2), 27–49. https://doi.org/10.5430/wje.v10n2p27

Balitbangbuk. (2020a). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. In Jakarta: Balitbangbuk, Kemendikbudristek RI.

Balitbangbuk. (2020b). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum 2020 1. Jakarta: Balitbangbuk, Kemendikbud RI.

Bennison, A. (2015). Developing an analytic lens for investigating identity as an embedder-of-numeracy. Mathematics Education Research Journal, 27(1), 1–19. https://doi.org/10.1007/s13394-014-0129-4

Darmono, A. (2012). Identifikasi Gaya Kognitif (Cognitive Style) Peserta Didik Dalam Belajar. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3(1), 63–69.

GLN. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasonal. Jakarta: Kemendibud.

Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Ilmah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–149.

Istiqomah, N., & Rahayu, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1), 144–149. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.496

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaanan Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kemendikbud. (2019). Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar.” Online. https://www.kemdikbud.go.id diakses pada 6 Februari 2023 pukul 20.00.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. In Jakarta: Kemendikbud RI. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Kepner, M. D., & Neimark, E. D. (1984). Test-retest reliability and differential patterns of score change on the Group Embedded Figures Test. Journal of Personality and Social Psychology, 46(6), 1405–1413. https://doi.org/10.1037/0022-3514.46.6.1405

Kus, M. (2018). Numeracy. Brock Education Journal, 27(2), 58–62.

Ling, C., & Salvendy, G. (2009). Effect of evaluators’ cognitive style on heuristic evaluation: Field dependent and field independent evaluators. International Journal of Human Computer Studies, 67(4), 382–393. https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2008.11.002

Maulidina, A. P., & Hartatik. S. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–6.

Messick, S. (1982). Cognitive Styles in Educational Practice*. ETS Research Report Series, 1982(1), i–30.https://doi.org/10.1002/j.2333-8504.1982.tb01299.x

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Nugrahanto, S., & Zuchdi, D. (2019). Indonesia PISA Result and Impact on The Reading Learning Program in Indonesia. International Conference on Interdisciplinary Language, 297(Icille 2018), 373-377. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icille-18.2019.77

OECD. (2014). PISA 2012 Results : What Students Know and Can Do: Student Performance in Mathematics, Reading and Science. In OECD Publishing: Vol. I. Paris.

OECD. (2016). The Survey of Adult Skill, Second Edition. In OECD Publishing. Paris.

OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework: Reading, Mathematics and Science, Preliminary Version. In OECD Publishing (Vol. 1, Issue 1). Paris.

OECD. (2019). PISA 2018 Result Combined Executive Summaries. In PISA: Vols. I, II & II. Paris: OECD. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Purpura, D. J., Hume, L. E., Sims, D. M., & Lonigan, C. J. (2011). Early literacy and early numeracy: The value of including early literacy skills in the prediction of numeracy development. Journal of Experimental Child Psychology, 110(4), 647–658. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2011.07.004

Sari, S. P., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2021). Students’ Numeracy Skills Relating to Algebra Topic Using COVID-19 Context. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 5(1), 182. https://doi.org/10.31764/jtam.v5i1.3881

Shi, C. (2011). A Study of the Relationship between Cognitive Styles and Learning Strategies. Higher Education Studies, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.5539/hes.v1n1p20

Snowman, J., McCown, R., & Biehler, R. (2012). Psychology Applied to Teaching (M. Kerr (ed.); 13 th). Wadsworth, Cengage Learning.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Suningsih, A. (2015). Pembelajaran Garis Lurus Dengan Model Elicting Activities dan Team Assisted Individualization Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal E-DuMath, 1(1), 30–42. https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath/article/view/80

Tout, D., & Gal, I. (2015). Perspectives on numeracy: reflections from international assessments. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 691–706. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0672-9

Wahyu Utomo, M. F., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 185–193. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25569

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D., & Cox, P. W. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1–64. https://doi.org/10.3102/00346543047001001

Wooldridge, B., & Haimas-Bartolf, M. (2006). The Field Dependent/Field Independence Learning Style; Implications for Adult Student Diversity, Outcomes Assessment and Acountability. New York: Nova Science Publisher.

Zakiah, N. E. (2020). Level Kemampuan Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132–147.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.20132

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanifah Qoriyani, Erni Widiyastuti, M.Si

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter