Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Geogebra
(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(3) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500.
Arnidha, Y., & Noerhasmalina, N. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Matematika. JURNAL E-DuMath, 4(2), 46. https://doi.org/10.26638/je.755.2064
Asriyanti, I., Jana, P., & Triyadi, T. (2023). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika. 2682(2), 285–296.
Baharuddin, M. R., Cokroaminoto, U., Matematika, P., Palopo, C., Pecahan, O., Awal, K., & Pendahuluan, A. (n.d.). 1607-Article Text-3538-1-10-20220114. 6, 90–101.
Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 79–87. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.558
Daher, W. (2021). Middle School Students’ Motivation in Solving Modelling Activities With Technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(9), 1–13. https://doi.org/10.29333/ejmste/11127
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Software Geogebra Pada Materi Transformasi Geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Fitriana, A., Maarif, S., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Analysis of Learning Obstacle to Numeracy Ability Based on Mathematical Resilience of Elementary Students. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 5(2), 75–84.
Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14.
Irfan, M., Nilawati, A. R., & Sulistyowati, F. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya. 2682(2), 243–250.
Kemendikbudristek. (2021). Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar. Modul Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar, 1, 22.
Khasanah, U., & Nugraheni, E. A. (2022). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vll Pada Materi Segiempat Berbantuan Aplikasi Geogebra di SMP Negeri 239 Jakarta. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 181–190. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.813
Lestari & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Lestari, A., Mulyono, B., & Susanti, E. (2022). Implementasi Blended Learning Pada Materi Bilangan Pecahan Numeracy Skills of Students Through the Implementation of Blended Learning on Fraction. 5, 60–70.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640
Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi, 10(2), 179–190.
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Mubarokah, H. R., Pambudi, D. S., Diah, N., & Lestari, S. (2023). Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Tipe AKM Materi Pola Bilangan. 7(2), 343–355.
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84.
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Muslimah, I. R., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi untuk Siswa Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik. 2682(2), 205–218.
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499
Pujiati, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Aritmetika Sosial. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v14i1.4787
Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881
Riswari, L. A., & Bintoro, H. S. (2020). The Influence of Problem-Based Learning Model in Improving Student Engagement in Mathematics. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 158–173.
Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2020). Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar.
Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.996
Sri Hartatik. (2020). Indonesia Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1456
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Tresnasih, I., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2022). Analisis Numerasi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal AKM. Prisma, 11(2), 478. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2454
Utami, F. M. (2020). Pentingnya pendidikan karakter dalam literasi digital matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 211–219.
Wijaya, R., Fahreza, F., & Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Mengembangkan Karakter Toleransi dan Demokrasi Siswa pada Pembelajaran PKn Kelas V di SD Negeri Paya Peunaga. Bina Gogik, 6(2), 49–60.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding SNasPPM VI Universitas PGRI Ronggolawe, 6(1), 659–666.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 571–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.571-578
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v9i1.19624
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 indah sekar tari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530