Profil Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Numerasi

Fauziyah Kartika Aditama(1*), Cika Noviana Putri(2), Ahmad Wachidul Kohar(3)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir kritis siswa SMA dalam menyelesaikan soal numerasi. Instrumen utama dalam penelitian ini yaitu peneliti dan instrumen pendukungnya terdiri dari tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis, dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini melibatkan 6 siswa jenjang SMA dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data menggunakan indikator berpikir kritis FRISCO (Focus, Reason, Inference, Situation, Clarity, dan Overview). Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Siswa kategori tinggi memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis FRISCO; 2) Siswa dengan kategori sedang memenuhi sebagian indikator berpikir kritis FRISCO, yaitu aspek Focus, Clarity, dan Overview; 3) Siswa dengan kategori rendah tidak dapat memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis FRISCO. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis setiap siswa berbeda-beda tergantung dari pengalaman belajar di kelas. Hasil penelitian ini penting bagi guru agar lebih terampil dalam mengembangkan model pembelajaran yang sesuai.


Keywords


Critical Thinking; Numeracy; Math Ability;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asih, F. P. (2018). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL SPLDV DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.26714/JKPM.5.2.2018.9-19

Benyamin, B., Qohar, Abd., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V5I2.574

Diana, H. A., & Saputri, D. V. (2021). MODEL PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEAM TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA BERBASIS SOAL NUMERASI. Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/NUMERACY.V8I2.1609

Ebiendele Ebosele Peter. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3). https://doi.org/10.5897/AJMCSR11.161

Ennis, R. (2011). Critical Thinking: Reflection and Perspective Part II. Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 5–19. https://doi.org/10.5840/INQUIRYCTNEWS201126215

Geiger, V., Forgasz, H., & Goos, M. (2015). A critical orientation to numeracy across the curriculum. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 47(4), 611–624. https://doi.org/10.1007/s11858-014-0648-1

Isroil, A., Ketut Budayasa, I., & Masriyah, D. (2017). PROFIL BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(2), 93–105. https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.2.93-105

Jain, P., & Rogers, M. (2019). Numeracy as critical thinking. Adults Learning Mathematics: An International Journal, 14(1), 23-33. https://eric.ed.gov/?id=EJ1232382

Kivunja, C. (2015). Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4Cs "Super Skills" for the 21st Century through Bruner's 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm. Creative Education, 06(02), 224–239. https://doi.org/10.4236/ce.2015.62021

Lestari, E. P., & Siswono, T. Y. E. (2022). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MENYELESAIKAN SOAL NUMERASI BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN NUMERASI. MATHEdunesa, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.26740/MATHEDUNESA.V11N2.P538-547

Maftukhin, M., Dwijanto, R., & Budhiati, V. (2014). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1). https://doi.org/10.15294/UJME.V3I1.3433

Mahardiningrum, A. S., & Ratu, D. N. (2018). PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP PANGUDI LUHUR SALATIGA DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 75–84. https://doi.org/10.31980/MOSHARAFA.V7I1.343

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Plummer, K. J., Kebritchi, M., Leary, H. M., & Halverson, D. M. (2022). Enhancing Critical Thinking Skills through Decision-Based Learning. Innovative Higher Education, 47(4), 711–734. https://doi.org/10.1007/s10755-022-09595-9

Rahimah, N. (2019). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(1), 59–68. https://doi.org/10.33654/JPL.V14I1.637

Rit, O. R., Budi Waluya, S., & Mariani, S. (2020). Mathematics Critical Thinking Reviewed from Self-efficacy and Motivation of Learning in Arias Learning Article Info. Journal of Primary Education, 9(2), 243–250. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i2.32690

Sachdeva, S., & Eggen, P.-O. (2021). Learners’ Critical Thinking About Learning Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(3), em0644. https://doi.org/10.29333/IEJME/11003

Safitri, H. A. (2018). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH HOT DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(7). https://core.ac.uk/download/pdf/230666696.pdf

Sri Mardiyanti Syam, A., Bone, I., HOS Cokroaminoto, J., & Bone, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika siswa. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 19(1), 939–946. https://doi.org/10.30863/EKSPOSE.V1I1.883

Taubah, R. (2018). Student Critical Thinking Viewed from Mathematical Self-efficacy in Means Ends Analysis Learning with the Realistic Mathematics Education Approach. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 189–195. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.18047

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fauziyah Kartika Aditama, Cika Noviana Putri, Ahmad Wachidul Kohar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter