Systematic Literature Review: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pendekatan Matematika Realistik
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Untuk memperoleh pembelajaran yang baik dan efektif , siswa harus memiliki kemampuan pemecahan masalah. Namun kenyataannya kemampuan tersebut masih rendah, salah satu faktornya adalah penyajian proses belajar yang tidak kontekstual berdasarkan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga solusi alternatifnya yaitu penggunaan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi pendekatan pembelajaran realistik dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui metode Systematic Literature Review dengan menggunakan 20 artikel dari 40 artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi yaitu dengan subjek penelitian siswa SMP, memenuhi sinta 1-4 dan pada tahun 2013-2023. Artikel tersebut dicari menggunakan database jurnal nasional dan internasional yaitu Google Scholar, Garuda, Researchgate, Scopus dan Science Direct. Hasil temuan diperoleh bahwa kemampuan siswa SMP dalam memecahkan masalah meningkat setelah menggunakan pendekatan matematika realistik. Untuk penelitian selanjutnya, dapat mengupas lebih luas penggunaan RME dan pengaruhnya dalam problem solving di berbagai tingkat satuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aeni, N., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2022). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Pendekatan RME terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2923–2935. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1613
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa Smp Kelas Vii Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 2–7. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2027
Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.39
Anggraini, R. S., & Fauzan, A. (2020). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Mathematical Problem Solving Ability. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 94. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.595
Asni, A., Murniasih, T. R., & Pranyata, Y. I. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Langkah Polya Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(2), 76–86. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i2.4587
Bakoban, F. I., Syahputra, E., & Khairani, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMPN 13 Medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2962–2971. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1645
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.
Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Matematika Realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.33387/dpi.v6i1.350
Fitriani, N., & Arnawa, I. M. (2020). An initial observation of learning devices and mathematical problem solving ability of senior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012067
Fitriyana, E. V., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Systematic Literatur Review: Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Penddidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Edumath, 9(1), 20–28.
Gee, E., Fauzan, A., & Atmazaki, A. (2018). Designing learning trajectory for teaching sequence and series using RME approach to improve students’ problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012096
Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2018). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/4000
Hidayat, E. I. F., Vivi Yandhari, I. A., & Alamsyah, T. P. (2020). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 106. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.21103
Indriani, M. N., & Imanuel. (2018). Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 256–262.
Irawan, A., Kencanawaty, G., & Febriyanti, C. (2018). Realistic mathematics and ethnomathematics in improving problem solving abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012108
Izzati, N. (2017). Penerapan Pmr Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Smp. Jurnal Kiprah, 5(2), 30–49. https://doi.org/10.31629/kiprah.v5i2.283
Lubis, A. N. M. T., Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2021). The ability to solve mathematical problems through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012050
Marthalena, R., Kartini, & Maimunah. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1427–1438.
Mauk, A. F., Amsikan, S., & Deda, Y. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Di Tinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 14–20. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp14-20
Maulina, R., Zubainur, C. M., & Bahrun. (2020). Conceptual and procedural knowledge of junior high school students through realistic mathematics education (RME) approach. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012017
Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Nursyahidah, F., Saputro, B. A., & Rubowo, M. R. (2018). A Secondary Student’s Problem Solving Ability in Learning Based on Realistic Mathematics with Ethnomathematics. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5607
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing.
Polya, G. (1971). How To Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton University Press.
Rachmawati, C., & Sarmi, P. (2023). The Effect of a Realistic Mathematical Approach on the Mathematical Problem Solving Ability of Class VIII Students of SMP IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII . 1(6), 1295–1314.
Rahmawati, D., & Putri, A. D. (2019). Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Pokok Bahasan Segiempat di MTS Negeri 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 1(1), 1–20.
Rakhmawati, I. A. (2020). Realistic mathematics education learning model to improve junior high students’ problem-solving ability in social arithmetics. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012010
Rista, L., Eviyanti, C. Y., & Andriani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Esteem Siswa Melalui Pembelajaran Humanistik Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1153–1163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.345
Santrock, J. . (2008). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Septiani, Aryanti, Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran LAPS-Heuristic Dengan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2599–2608. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1638
Septiani, Awaliyah, Pujiastuti, H., & Faturrohman, M. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Systematic Literature Review : Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 4(6), 7882–7893.
Sipayung, T. N., Simanjuntak, S. D., Wijaya, A., & Sugiman. (2021). An analysis of the ability to apply student problem solving concepts and algorithms in online and offline learning systems based on realistic mathematical approaches. Journal of Physics: Conference Series, 1836(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012053
Siregar, Y. P., Simamora, E., & Rajagukguk, W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2048–2063. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1437
Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar , Kemampuan The Effectiveness of Realistic Approach Based on Learning Achievement , Problem Solving Ability , and Mathematical Self Confidence. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154.
Suherman, S. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. 44(January). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019
Sumartini, T. . (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2).
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/iejme/5721
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The effectiveness of applying realistic mathematics education approach in teaching statistics in grade 7 to students’ mathematical skills. Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 185–197. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.185.197
Wahyuni, R. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 85–92. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.263
Yuanita, P., Zulnaidi, H., & Zakaria, E. (2018). The effectiveness of Realistic Mathematics Education approach: The role of mathematical representation as mediator between mathematical belief and problem solving. PLoS ONE, 13(9), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0204847
Zulkipli, Z., & Ansori, H. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 34–44. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5118
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.17399
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erlinda Isulis Marissa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530