Profil Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Isma Asriyanti(1), Padrul Jana(2*), Marsiyam Marsiyam(3), Totok Triyadi(4)

(1) Universitas PGRI Yogyakarta
(2) SCOPUS ID: 57212465049, Universitas PGRI Yogyakarta.
(3) SMK N 4 Yogyakarta
(4) SMA Negeri 1 Seyegan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika terutama dalam bentuk soal cerita. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif pada materi barisan aritmatika dan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Kuliner 3 SMK Negeri 4 Yogyakarta yang berjumlah 36 Orang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan literasi numerasi didominasi pada kategori sedang. Secara rinci 17% siswa memiliki kemampuan rendah, 61% siswa memiliki kemampuan sedang, dan 22% siswa memiliki kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Lebih detail dari ketiga indikator literasi numerasi yang diujikan diperoleh indikator pertama (LN1) 84% dikuasai, indikator kedua (LN2) 67,6% benar dan indikator ketiga (LN3) sebesar 37,6% menjawab benar. Walaupun pada LN3 memperoleh persentase menjawab benar rendah namun secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa secara umum kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi sudah cukup baik. 


Keywords


Numeracy Literacy; Mathematics Learning; Vocational High School Student;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1041

Ego, I. D., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh kebiasaan berpikir terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1), 197–202. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4715

Ermiana, I., Umar, Khair, B. N., Fauzi, A., & Sari, M. P. (2021). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Inklusif dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita. Journal of Elementary Education, 04(6), 895–105. http://dx.doi.org/10.22460/collase.v4i6.9101

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Nurjanah, M., Dewi, D. T., Al Fathan, K. M., & Mawardini, I. D. (2022). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD/MI. Muallimuna?: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 87. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6499

Patriana, W. D., & Wulandari, M. D. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Berorientasi Literasi Numerasi di Sekolah Dasar dalam Kegiatan Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(2), 116–131. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/17906

Pulungan, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan Linear Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3, 266–274. https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.4574

Putri, B. A., & Utomo, D. P. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 6(2), 141–153. https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.141-153

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95. http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi ditinjau dari efikasi diri pada peserta didik SMP. Edumatica?: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 138–149. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/18429

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2018). Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika. Seminar Nasiional Pendidikan Matematika, 3(2019). https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/issue/view/14

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Pedagogy?: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Tim Gerakan Literasi Numerasi. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Vol. 8, Issue 9).

Wisudaningsih, E. T., & Lestari, W. (2022). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 65–73. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5163




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.16273

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isma Asriyanti, Padrul Jana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter