Konsep Geometri pada Unsur Wayang Kulit
(1) Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Geometri sebagai salah satu cabang matematika memainkan peranan penting dalam desain dan bentuk wayang kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran geometri pada proses desain dan pembuatan wayang kulit, sehingga diharapkan proses pembelajaran matematika dapat mengambil contoh budaya pada pewayangan dalam materi ajar geometri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan mengamati bentuk dan pola geometri datar pada wayang kulit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada wayang kulit, yaitu tarpesium, lingkaran, dan konsep pencerminan. Pada akhirnya, terdapat unsur dan konsep matematika dalam kebudayaan wayang kulit. Dengan pendekatan etnomatematika pada pembelajaran matematika dapat memberikan makna kontekstual bagi siswa, sehingga pemahaman konsep matematika siswa dapat maksimal
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. Indonesian Journal Of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 182–192. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.44
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Barton, B. (1996). Ethnomathematics: Exploring cultural diversity in mathematics. Thesis (Ph.D. Mathematics Education): University of Auckland.
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Development of Instructional Materials Based on Ethnomathematic in Mathematics Learning in Junior High School. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133–150.
Ekowati, D. W., Kusumaningtyas, D. I., & Sulistyani, N. (2017). Ethnomathematica dalam pembelajaran matematika (pembelajaran bilangan dengan media batik madura, tari khas Trenggal dan tari khas Madura). Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 716–721. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v5i2.4820
Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 12(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/vol12iss1pp1-6ar358
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8177
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada bentuk jajanan pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 217–232. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Khusna, H., & Ulfah, S. (2021). Kemampuan pemodelan matematis dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 153–164. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.857
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Loita, A. (2018). Simbol-Simbol Dalam Gunungan. Magelaran, 1(2), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/magelaran.v1i2.463
Muhathir, M., Santoso, M. H., & Larasati, D. A. (2021). Wayang Image Classification Using SVM Method and GLCM Feature Extraction. Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering, 4(2), 373–382. https://doi.org/10.31289/jite.v4i2.4524
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F., Karim, A., & Wiratomo, Y. (2022). EKSPLORASI KEMBALI ETNOMATEMATIKA PADA JAJANAN PASAR DI DAERAH CILEUNGSI. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 76–84. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/2477
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Nuhung, M. (2019). Dinamika Masyarakat dan Budaya dalam Pendidikan Islam. Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(1), 101–107. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/213
Nurcahyo, R. J., & Yulianto, Y. (2021). Menelusuri Nilai Budaya yang Terkandung dalam Pertunjukan Tradisional Wayang. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 159–165. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11440
Perasutiyo, I., Muchyidin, A., & Nursuprianah, I. (2022). Golden Ratio and the Meaning of the Wayang Kulit Gunungan Philosophy. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 41–53. https://doi.org/https://doi.org/10.58421/misro.v1i1.10
Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploring the activities of culture festival. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12024. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1188/1/012024/meta
Purbarini, D. (2011). Keanekaragaman bentuk panakawan wayang kulit purwa. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055
Rahmawati, Y., & Muchlian, M. (2019). Eksplorasi etnomatematika rumah gadang minangkabau Sumatera Barat. Jurnal Analisa, 5(2), 123–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5942
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam permainan tradisional Jawa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.562
Roshanty, Y. D. (2019). Perbedaan Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Geogebra Berdasarkan Asal Sekolah dan Gender. PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 01(03), 31–44.
Saraswati, D. L., Pratama, D., & Putri, D. A. (2019). Pemanfaatan Wayang sebagai Media Pembelajaran. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1). https://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/608
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/7521
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study (E-Journal), 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Setiawan, E. (2020). Nilai Filosofi Wayang Kulit sebagai Media Dakwah. Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat, 18(1), 33–50. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1971208
Sroyer, A. M., Nainggolan, J., & Hutabarat, I. M. (2018). Exploration of Ethnomathematics of House and Traditional Music Tools Biak-Papua Cultural. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i3.2751
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh model realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260
Taruno, S. K. (2013). Wayang Kulit Purwa (Gaya Surakarta). Jakarta: CV. Trias Grafika. https://books.google.co.id/books?id=qSGeMwEACAAJ
Trandililing, P. (2015). Etnomatematika Toraja (Eksplorasi Geometri Budaya Toraja). Jurnal Imiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(2), 47–57. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/172
Wahyuni, I. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Pesisir Selatan Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Fenomena: Journal of Indonesian Islamic Research, 15(2), 225–238. http://ejournal.iain-jember.ac.id/index.php/fenomena/article/view/563
Widyokusumo, L. (2010). Kekayaan Ragam Hias dalam Wayang Kulit Purwa Gagrak Surakarta (sebagai Inspirasi Desain Komunikasi Visual). Humaniora, 1(2), 402. https://doi.org/10.21512/humaniora.v1i2.2883
Yudianto, M. R. A., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2020). Analisis Pengaruh Tingkat Akurasi Klasifikasi Citra Wayang dengan Algoritma Convolitional Neural Network. (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi, 4(2), 182–191. https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jurti.v4i2.1319
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.15977
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Indah Mayang Purnama, Yogi Wiratomo, Abdul Karim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530