Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Konteks Budaya

Muhammad Irfan(1*), Alvia Ratna Nilawati(2), Fitria Sulistyowati(3), Sukiyanto Sukiyanto(4)

(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(3) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(4) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author

Abstract


Numerasi dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan menggunakan berbagai macam angka dan simbol dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi pada siswa fase D. Adapun subjek penelitian ini adalah salah satu siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Intrumen yang telah disusun yaitu lembar tes kemampuan numerasi yang bermuatan budaya dan Tri-N. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa soal tes tertulis numerasi yang memuat budaya Candi Umbul dan wawancara siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S mampu menyelesaikannya namun masih ada beberapa kesalahan pada indikator mampu menganalisis informasi yang disajikan dan melakukan kesalahan terhadap penarikan kesimpulan jawaban.


Keywords


Numeracy; Tri-N; Candi Umbul Culture;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anastasyia, N. (2020). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR DITINJAU. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/19236-Full_Text.pdf

Atsila, K. S., & Setyawan, F. (2022). Profil Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 2(1), 1205–1210. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/semhasmengajar/article/view/6904

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/1607

Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). Telaah Penerapan Tri-N (niteni, nirokke, nambahi) pada buku bahasa Indonesia kelas IX SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388–397. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.174

Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian PMRI dengan soal HOTS guna meningkatkan kompetensi literasi numerasi dalam asesmen kompetensi minimum. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPMAT), 138–148. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/191

Dwi Cahyanovianty, A., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1439–1448.

https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/651

Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300–310. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88

Matitaputy, C. (2016). Miskonsepsi siswa dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 113–119. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.266

Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129

Naibaho, T., Simangunsong, V. H., & Sihombing, S. (2022). Penguatan Literasi Dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Special Issue for NICoMSE 2022 Universitas HKBP Nommensen, 111–117. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/841/352

Prihatni, Y. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2(1), 280–300.

Putri, B. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar. Disertasi: Universitas Muhammadiyah Malang.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis kesalahan siswa berdasarkan tahapan newman dan scaffolding pada materi aritmatika sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.337

Vicente, J. R., Rafiei Miandashti, A., Sy Piecco, K. W. E., Pyle, J. R., Kordesch, M. E., Chen, J., & Basis, L. (2019). Pisa 2021 Mathematics Framework (Second Draft). ACS Applied Materials & Interfaces, 11(19), 2–4.

Widodo, A., Haryati, L. feni, Syazali, M., Indraswati, D., & Anar, A. P. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Dasar Inklusif Selama Pandemi Covid-19. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 53–60. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.928

Wijayanti, A., Widodo, S. A., Pusporini, W., Wijayanti, N., Irfan, M., & Trisniawati. (2022). Optimization of Mathematics Learning with Problem Based Learning and 3N ( Niteni , Nirokke , Nambahi ) to improve mathematical problem solving skills. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 5(2), 123–134. https://indomath.org/index.php/indomath/article/view/35

Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245–260.

https://www.e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/1650

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dan Literasi Membaca Peserta Didik Kelas XI MA Islamiyah Senori Tuban. Prosiding SNasPPM VI Universitas PGRI Ronggolawe, 6(1), 659–666. http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/622

Yustitia, V., & Juniarso, T. (2019). Literasi matematika mahasiswa dengan gaya belajar visual. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(2), 100–109. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i2.5044

Yusuf, R. M. M., & Ratnaningsih, N. (2022). Analisis Kesalahan Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Paedagogy, 9(1), 24. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4507




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.15686

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitria Sulistyowati, Alvia Ratna Nilawati, Muhammad Irfan, Sukiyanto Sukiyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter