Keefektifan Bahan Ajar dalam Mendukung Tercapainya Tujuan Pembelajaran Kognitif Matematika

Diva Nathania Hartono(1), Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro(2*)

(1) Universitas Pelita Harapan
(2) Universitas Pelita Harapan
(*) Corresponding Author

Abstract


Siswa diharapkan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang saling berkesinambungan. Faktanya, hasil mini kuis siswa kelas X-7 SMA Y menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran kognitif belum tercapai. Bahan ajar dapat digunakan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kognitif. Bahan ajar yang disusun oleh penulis berupa power point dan worksheet. Tujuan penelitan ini untuk mengkaji keefektifan penggunaan bahan ajar dalam mendukung tercapainya tujuan pembelajaran kognitif matematika. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian, bahan ajar yang disusun oleh penulis, efektif membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran kognitif. Hal ini didukung oleh umpan balik mentor dan siswa serta hasil pengerjaan worksheet siswa. Maka dari itu, penulis menyarankan agar pendidik mengoptimalkan penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran.


Keywords


Teaching Materials; Cognitive Learning Objectives; Stages;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agus R, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Informatika Berbasis Google Site Custome Domain. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 360–368. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2105

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Araiku, J., Somakim, S., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2021). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk guru matematika di Indonesia. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v17i1.2838

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. Conference: Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Untuk Mendukung Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. https://doi.org/https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1441.6083

Chesaria, R. D., Adi, W., & Muchsini, B. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 1(1), 94–102. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/6381

Defina. (2022). BIPA dan MKWK Bahasa Indonesia: Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar di IPB. Bogor: IPB Press.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan bahan ajar media pembelajaran berbasis kearifan lokal mahasiswa pendidikan matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Ayu Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/828

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Mardati, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Datar Untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD Journal (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 1–7. http://journal.uad.ac.id/index.php/JPSD/article/view/7246

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear Combinations BT - Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019). 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107

Nazifah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Analisis Ukuran Efek Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 288–295. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jpm.v16i3.2419

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2018 Untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Putra, R. W. Y., Nurwani, Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan, 1(2), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.133

Rahmawati, N. D., Komarudin, K., & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 8, 333–340. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–155. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/cartesian/article/view/3456

Rosida, R., Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 35–45. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11886

Sugiman, S. (2008). Koneksi matematik dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras/article/view/687

Susanto, H. A., Suswandari, M., Kusumaningsih, D., Hadiyatmini, S., & Mulyati, S. (2022). PEDOMAN IMPLEMENTASI LESSON STUDY. Klaten: Lakeisha.

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.15115

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Diva Nathania Hartono, Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter