Kebaruan Penelitian Model ADDIE di Dunia Pendidikan Matematika: Analisis Bibliometrika dan Pemetaan Informasi

Tutik Shahidayanti(1*), Suparman Suparman(2), Meita Fitrianawati(3)

(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian riset dan pengembangan telah banyak digunakan, terkhusus dalam dunia pendidikan, akan tetapi, sebaran model dengan model ADDIE belum dipetakan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memetakan informasi terkait model pengembangan ADDIE yang digunakan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode bibliometrika dengan data sejumlah 100 literatur menggunakan Publish or Perish (PoP) dengan data base Google Schoolar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2022. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah pengembangan produk dengan model ADDIE menjadi sebuah tren penelitian adalah kelas 8, jenjang SMP, penelitian research and development (R&D), media pembelajaran dan pendidikan matematika. Sedangkan pengembangan produk ADDIE menjadi model pembaruan pada kelas 1,2 dan 3, pada tingkat pendidikan SLB, model pembelajaran Kolaboratif dan Open-Ended, dan poster.


Keywords


Bibliometric; ADDIE Model; Mathematics Education;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Angko, N., & Mustaji. (2017). Pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15

Asysyaffa, M., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks untuk Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknologi dan Rekayasa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3123–3135. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.946

Fitriani, R., & Soebagyo, J. (2022). Kajian Bibliometrik: Mathematical Communication dalam Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 45–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13680

Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261

Karlina, C. C., & Rakhmawati, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Komik Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa. JURNAL E-DuMath, 6(1), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1161

Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.

Maryam, M., Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059

Mujahidah, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Berbasis VOSviewer: Motivation and Interesting in Learning Mathematics. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 75–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13597

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854

Rahmawati, N. D., Komarudin, & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 333–340. https://doi.org/https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055

Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-155. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456

Saviraningrum, W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik dengan Kata Kunci Mathematical Critical Thinking Student Independent Menggunakan VOSviewer. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13529

Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461–466. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6668

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697

Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588

Zahwa, N., Imtinan, K. F., Rahmasari, I., Parandrengi, M. J., Zulkardi, Z., & Meryansumayeka, M. (2022). PENGEMBANGAN POSTER LUAS LINGKARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMPERKENALKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.1-8




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.15089

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 tutik shahidayanti, Suparman Suparman, Meita Fitrianawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter