Kebaruan Penelitian Model ADDIE di Dunia Pendidikan Matematika: Analisis Bibliometrika dan Pemetaan Informasi
(1) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(3) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian riset dan pengembangan telah banyak digunakan, terkhusus dalam dunia pendidikan, akan tetapi, sebaran model dengan model ADDIE belum dipetakan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memetakan informasi terkait model pengembangan ADDIE yang digunakan dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini merupakan metode bibliometrika dengan data sejumlah 100 literatur menggunakan Publish or Perish (PoP) dengan data base Google Schoolar dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2022. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah pengembangan produk dengan model ADDIE menjadi sebuah tren penelitian adalah kelas 8, jenjang SMP, penelitian research and development (R&D), media pembelajaran dan pendidikan matematika. Sedangkan pengembangan produk ADDIE menjadi model pembaruan pada kelas 1,2 dan 3, pada tingkat pendidikan SLB, model pembelajaran Kolaboratif dan Open-Ended, dan poster.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Angko, N., & Mustaji. (2017). Pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15
Asysyaffa, M., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks untuk Peserta Didik Kelas X SMK Jurusan Teknologi dan Rekayasa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3123–3135. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.946
Fitriani, R., & Soebagyo, J. (2022). Kajian Bibliometrik: Mathematical Communication dalam Pembelajaran Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 45–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13680
Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261
Karlina, C. C., & Rakhmawati, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Model Komik Matematika Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Siswa. JURNAL E-DuMath, 6(1), 26–29. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/je.v6i1.1161
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28.
Maryam, M., Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis Open Ended pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059
Mujahidah, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Berbasis VOSviewer: Motivation and Interesting in Learning Mathematics. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 75–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13597
Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v1i1.762
Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059
Mulyatna, F., Jinan, A. Z., Amalina, C. N., Widyawati, E. P., Aprilita, G. A., & Suhendri, H. (2023). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2854
Rahmawati, N. D., Komarudin, & Mulyatna, F. (2022). Desain Ethnic-math HOTS pada Museum Islam Indonesia di Tebuireng. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 333–340. https://doi.org/https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/6055
Rahmawati, S. D., Mulyatna, F., & Gusniwati, M. (2022). PENGARUH KECERDASAN VISUAL SPASIAL DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-155. https://doi.org/https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i1.3456
Saviraningrum, W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik dengan Kata Kunci Mathematical Critical Thinking Student Independent Menggunakan VOSviewer. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(1), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13529
Wicaksono, K. A. D., Handayanto, A., & Happy, N. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantu Media Powerpoint untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Program Linear. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 461–466. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6668
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/JOMP/article/view/8697
Yuniati, S., & Sari, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Propinsi Riau. Jurnal Analisa, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.1588
Zahwa, N., Imtinan, K. F., Rahmasari, I., Parandrengi, M. J., Zulkardi, Z., & Meryansumayeka, M. (2022). PENGEMBANGAN POSTER LUAS LINGKARAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMPERKENALKAN PROTOKOL KESEHATAN DI MASA PANDEMI. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.1-8
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i2.15089
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 tutik shahidayanti, Suparman Suparman, Meita Fitrianawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530