Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended

Chyntia Wigi Verina Teresia(1), Niluh Sulistyani(2*)

(1) Universitas Sanata Dharma
(2) Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk mendeskripsikan  kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan soal open-ended materi barisan dan deret. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI SMA di Klaten TA 2021/2022. Pemilihan subjek didasarkan pada keterwakilan setiap tipe gaya belajar berdasarkan hasil analisis angket gaya belajar dan kemampuan siswa berdasarkan dokumen nilai guru. Kemampuan berpikir kreatif siswa diukur dengan tes essay menggunakan 3 soal tipe open-ended dan teknik wawancara. Data tes dianalisis secara deskriptif dan kualitatif sedangkan data hasil wawancara dianalisis secara kualitatif. Diperoleh simpulan, 1) Siswa gaya belajar visual memiliki kategori kurang kreatif menyelesaikan satu soal dan kreatif dalam menambah informasi lain; 2) Siswa gaya belajar auditorial memiliki kategori kurang kreatif dalam menyelesaikan satu soal dan cukup kreatif dalam memahami kesalahan dengan mengingat materi; 3) Siswa gaya belajar kinestetik memiliki kategori kurang kreatif menyelesaikan satu soal, cukup kreatif menggunakan gerakan tangan saat menjelaskan hasil pekerjaan yang kurang rapi, dan kreatif menjelaskan sambil mencoret lembar soal.

Keywords


Creative Thinking Skill; Learning Style; Open Ended

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Becker, J. P. (2006). The “open approach” to teaching school mathematics. Proceedings of the Korea Society of Mathematical Education Conference, 10a, 45–62. https://koreascience.kr/article/CFKO200634742894434.page

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

DePorter, B., & Hernacki, M. (2008). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Mizan.

Fatmawiyati, J. (2018). Telaah kreativitas. In Magister Psikologi Universitas Airlangga. https://www.researchgate.net/publication/328217424_TELAAH_KREATIVITAS

Ghofur, A., Nafisah, D., & Eryadini, N. (2016). Gaya Belajar dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 166–184. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/psi.v1i2.285

Guo, J., & Woulfin, S. (2016). Twenty-First Century Creativity: An Investigation of How the Partnership for 21st Century Instructional Framework Reflects the Principles of Creativity. Roeper Review, 38(3), 153–161. https://doi.org/10.1080/02783193.2016.1183741

Irbah, D. A., Kusumaningsih, W., & Sutrisno, S. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2), 115–127. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/mpp.v12i2.3829

Khasanah, U., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Soal Cerita Pokok Bahasaan SPLDV Berdasarkan Tahapan Wallas Ditinjau Dari Gaya Belajar. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 30–38. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/9705

Krissetyaningrum, Y. E. (2012). Deskripsi Gaya Belajar Para Siswa Kelas VIII SMP Stella Duce 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 dan Implikasinya dalam Penyusunan Topik-Topik Bimbingan Belajar. Skripsi: Universitas Sanata Dharma.

Kristania, M. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1895

Marzuki, Asih, E. C. M., & Wahyudin. (2019). Creative thinking ability based on learning styles reviewed from mathematical communication skills. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012066

Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. Pedagogia, 4(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69

National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs.” Retrieved November 16, 2022, from nea (National Education Association). https://www.nea.org/professional-excellence/student-engagement/tools-tips/being-21st-century-educator

Nurlaela, N., Doyan, A., & Gunada, I. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 2 Labuapi. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 199. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4363

Purwasih, R. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah di Tinjau dari Adversity Quotient Tipe Climber. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 323. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.2118

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan disposisi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/4880

Rudyanto, H. E., Hadi, F. R., Winanto, A., Novianto, A., Hawa, A. M., Sari, Y., Khoiriyah, I. S. A., & Santika, M. (2019). Open Ended Mathematical Problem Solving: An Analysis of Elementary Students’ Creative Thinking Abilities. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012077

Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kota Pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95–106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.500

Santi, N., Soendjoto, A., & Winarti, A. (2018). Critical Thinking Ability of Biology Education Students through Solving Environmental Problems. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 35–39. http://eprints.ulm.ac.id/3844/

Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 511–520. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.866

Sari, R. F., & Afriansyah, E. A. (2022). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan belief siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 275–288. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1755

Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Student’s Creativity in Solving and Posing Matehematical Problem. IndoMS. J.M.E, 1(1), 17–40.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas XI pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394

Triwibowo, Z., Dwidayati, N. K., & Sugiman. (2017). Analysis of mathematical creative thinking ability viewed from students learning styles in seventh grader through treffinger learning model with open-ended approach. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 391–399. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.17987




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14904

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niluh Sulistyani, Chyntia Wigi Verina Teresia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter