Pengembangan Interactive Digital Comic Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Yani Supriani(1*), Giyanti Giyanti(2), Zuyyin Syafana(3)

(1) Universitas Serang Raya
(2) Universitas Serang Raya
(3) Universitas Serang Raya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitan ini dibuat bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Interactive Digital Comic pada materi operasi aljabar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan peneliti. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan aplikasi Canva untuk mendesain komik dan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation) dengan hasil penelitian yang diperoleh dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Interactive Digital Comic layak digunakan dengan tingkat kelayakan ahli materi memperoleh nilai 94% dengan kriteria “Sangat Baik”, ahli media memperoleh nilai 86% dengan kriteria “Sangat Baik”. Nilai rata-rata indeks gain adalah 0,46 termasuk ke dalam kategori sedang. Terdapat peningkatan yang signifikan dari sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran Interactive Digital Comic pada materi operasi aljabar di SMP N 21 Kota Serang.


Keywords


Interactive Digital Comic; Canva; Creative Thinking Skills;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, M. (2020). Learning Management System (LMS) Berbasis Android Era Revolusi Industri 4.0 Penunjang Creative Thinking Skill Mathematics Siswa. ASNA: Jurnal Kependidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2), 12–27. https://ejournal.maarifnujateng.or.id/index.php/asna/article/view/44

Arisandy, D., Marzal, J., & Maison, M. (2021). Pengembangan game edukasi menggunakan Software Construct 2 berbantuan Phet Simulation berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3038–3052. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.993

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Tau?q, I. (2017). Buku Guru Matematika SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Azman, F. N., Zaibon, S. B., & Shiratuddin, N. (2015). Digital storytelling tool for education: An analysis of comic authoring environments. Advances in Visual Informatics: 4th International Visual Informatics Conference, IVIC 2015, Bangi, Malaysia, November 17-19, 2015, Proceedings 4, 347–355.

Fauzan, I., Anriani, N., & Sudiana, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Materi Trigonometri Untuk Siswa SMA. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 3(4), 271–281. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/13465

Kamal, B., Hendrayana, A., & Ihsanudin, I. (2020). Pengembangan Kelas Virtual Terhadap Peningkatan Kecakapan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(3), 256–266. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/9114

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117–132. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609

Khotimah, H., & Hidayat, N. (2022). Interactive Digital Comic Teaching Materials to Increase Student Engagement and Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 6(2), 245–258. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.46038

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Kuswanti, A., Matondang, N., & Kusuma, A. S. (2022). Komunikasi Kreatif Remaja Melalui Pemanfaatan Media Digital Canva Di Kelurahan Meruyung-Depok. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(3), 192–197. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v5i3.2271

Mamolo, L. A. (2019). Development of digital interactive math comics (DIMaC) for senior high school students in general mathematics. Cogent Education, 6(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/2331186X.2019.1689639

Molina, N. B., Djong, K. D., Dosinaeng, W. B. N., & Jagom, Y. O. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 3(2), 187–199. https://doi.org/https://doi.org/10.30822/asimtot.v3i2.1374

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreatifitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramadia Widiasarana Indonesia.

Munir. (2013). Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Pradipta, I. D. B. P. E., Sariyasa, S., & Lasmawan, I. W. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI GEOMETRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 10(1), 21–30. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3504/0

Rachman, A. F., & Amelia, R. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA di kabupaten bandung barat dalam menyelesaikan soal pada materi trigonometri. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1). https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/430

Rachmawati, F., Kirana, T., & Widodo, W. (2017). Buku ajar interactive book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 19–29. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p19-29

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis kemampuan berfikir kreatif matematis siswa SMK pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) di kota Cimahi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Ratnasari, S., & Nasrullah, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELUANG. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(6), 1675–1688. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/11687

Samura, A. O. (2019). Kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis melalui pembelajaran berbasis masalah. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20–28. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1934

Septiani, P. E., Sugiyanti, S., & Rubowo, M. R. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Sedang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(5), 388–396. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i5.7744

Setyorini, S., Agustino, H., Hidayatullah, S., & Rachmawati, I. K. (2022). Pelatihan Komputer Desain Canva Bagi Anak Remaja di Desa Mojosari Kepanjen Malang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 793–798. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1214

Supriana, S., & Rahmat, T. (2022). Analisis aspek kognitif TIMSS pada soal latihan buku ajar matematika kelas VIII Kurikulum 2013 semester II. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(6), 549–559. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/13380

Treffinger, D. J., Young, G. C., Selby, E. C., & Shepardson, C. (2002). Assessing Creativity: A Guide for Educators. National Research Center on the Gifted and Talented. https://eric.ed.gov/?id=ED505548

Tupalessy, A., Kereh, C. T., & Singerin, S. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Dalam Model Discovery Learning Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Science Map Journal, 3(2), 47–55. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jmsvol3issue2pp47-55

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5328




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14779

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yani Supriani, Giyanti Giyanti, Zuyyin Syafana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter