Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif
(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) Scopus ID: 57199144819 - Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58–65. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/11
Anggraini. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Seminar PPG SM-3T UM 2016.
Arafahanisa, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia.
Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Astutiani, R., Isnartob, & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/294
Azhil, I. M. (2017). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.60-68
Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno, S. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/9067
Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/9145
Creswell, J. W. (2008). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gök, T., & Sýlay, I. (2010). The effects of problem solving strategies on students’ achievement, attitude and motivation. Latin-American Journal of Physics Education, 4(1), 2. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=3694877
Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, A., & Baidowi, B. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 106–114. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.52
Juniasani, A., Sutrisno, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2022). Mathematical Communication Skills of Junior High School Students with High Mathematical Resilience on Opportunity Materials. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 6(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v6i1.1796
Kemdikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khanifah, K., Sutrisno, S., & Purwosetiyono, F. X. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa Kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544
Marlina, M., Hajidin, H., & Ikhsan, M. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 83–95. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1289
Muhtarom, Murtianto, Y. H., & Sutrisno. (2017). Thinking process of students with high-mathematics ability:(a study on QSR NVivo 11-assisted data analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 6934–6940. https://www.ripublication.com/Volume/ijaerv12n17.htm
Nasriadi, A. (2016). Berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gaya kognitif. Numeracy, 3(1), 15–26. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/195
Ninik, N., Hobri, H., & Suharto, S. (2014). Analisis kemampuan pemecahan masalah untuk setiap tahap model polya dari siswasmk ibu pakusari jurusan multimedia padapokok bahasan program linier. KadikmA, 5(3), 61–68. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1374
Nur’Aisyah, M., Sutrisno, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 143–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11127
Pradita, D. A. R., Dwiyana, D., & Sisworo, S. (2019). Proses Penalaran Analogi Siswa Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1589–1595. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13057
Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 163–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.159
Rosdiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf
Setiawati, K. P., Lukito, A., & Khabibah, S. (2021). Semiotic analysis of formal operational students with field dependent and field independent cognitive style in linear programming problem solving. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 144–158. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1215
Sirait, M. A., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2016). Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP di Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15641
Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626
Uji, L. T., Asikin, M., & Mulyono, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Brain Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1071
Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Implusif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi: Program Pascasarjana UNESA.
Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Pos, J. J. K. (2013). Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13–24. https://www.researchgate.net/profile/Dian-Septi-Nur-Afifah/publication/318967128_PROFIL_METAKOGNISI_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_SOAL_SISTEM_PERSAMAAN_LINEAR_DUA_VARIABEL_BERDASARKAN_GAYA_KOGNITIF_METAKOGNISI’S_PROFILE_STUDENT_IN_SOLVE_EQUATION_SYSTEM_PROBLE
Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.
Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.109
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Firmansyah Alib Nur Wibowo, Yanuar Hery Murtianto, Sutrisno Sutrisno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530