Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Literasi Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif

Firmansyah Alib Nur Wibowo(1), Yanuar Hery Murtianto(2), Sutrisno Sutrisno(3*)

(1) Universitas PGRI Semarang
(2) Universitas PGRI Semarang
(3) Scopus ID: 57199144819 - Universitas PGRI Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan pemecahan masalah pada soal literasi matematika berdasarkan Teori Polya pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Subyek penelitian adalah siswa SMP PGRI 1 Semarang yang dipilih secara purposif. Subyek terdiri dari empat siswa, dua siswa bergaya kognitif reflektif dan dua siswa bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data meliputi Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data diuji dengan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini berbantuan software NVivo untuk manajemen dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subyek reflektif mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanaan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban. Sementara itu, subyek impulsif belum mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali jawaban.

Keywords


Problem Solving; Mathematical Literacy Problems; Cognitive Style;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58–65. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/11

Anggraini. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Seminar PPG SM-3T UM 2016.

Arafahanisa, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Thesis: Universitas Pendidikan Indonesia.

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Astutiani, R., Isnartob, & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/294

Azhil, I. M. (2017). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jrpm.2017.2.1.60-68

Bahiyyah, S. F., Indiati, I., & Sutrisno, S. (2021). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal literasi matematika berdasarkan metode newman ditinjau dari kemandirian belajar. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(3), 436–446. http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/9067

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari Adversity Quotient Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149. https://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner/article/view/9145

Creswell, J. W. (2008). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gök, T., & Sýlay, I. (2010). The effects of problem solving strategies on students’ achievement, attitude and motivation. Latin-American Journal of Physics Education, 4(1), 2. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=3694877

Indah, N., Prayitno, S., Amrullah, A., & Baidowi, B. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 106–114. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.52

Juniasani, A., Sutrisno, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2022). Mathematical Communication Skills of Junior High School Students with High Mathematical Resilience on Opportunity Materials. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 6(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v6i1.1796

Kemdikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khanifah, K., Sutrisno, S., & Purwosetiyono, F. X. D. (2019). Literasi Matematika Tahap Merumuskan Masalah Secara Matematis Siswa Kemampuan Tinggi dalam Memecahkan Masalah Matematika Kelas VIII. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 37–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.4544

Marlina, M., Hajidin, H., & Ikhsan, M. (2014). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa di SMA Negeri 1 Bireuen. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 83–95. https://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/1289

Muhtarom, Murtianto, Y. H., & Sutrisno. (2017). Thinking process of students with high-mathematics ability:(a study on QSR NVivo 11-assisted data analysis). International Journal of Applied Engineering Research, 12(17), 6934–6940. https://www.ripublication.com/Volume/ijaerv12n17.htm

Nasriadi, A. (2016). Berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gaya kognitif. Numeracy, 3(1), 15–26. https://ejournal.bbg.ac.id/numeracy/article/view/195

Ninik, N., Hobri, H., & Suharto, S. (2014). Analisis kemampuan pemecahan masalah untuk setiap tahap model polya dari siswasmk ibu pakusari jurusan multimedia padapokok bahasan program linier. KadikmA, 5(3), 61–68. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/1374

Nur’Aisyah, M., Sutrisno, S., & Pramasdyahsari, A. S. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(1), 143–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i1.11127

Pradita, D. A. R., Dwiyana, D., & Sisworo, S. (2019). Proses Penalaran Analogi Siswa Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1589–1595. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13057

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif reflektif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 163–171. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.159

Rosdiana, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Skripsi: Universitas PGRI Semarang.

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 713–720. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Setiawati, K. P., Lukito, A., & Khabibah, S. (2021). Semiotic analysis of formal operational students with field dependent and field independent cognitive style in linear programming problem solving. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 144–158. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v7i2.1215

Sirait, M. A., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2016). Kemampuan Literasi Matematis Siswa ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP di Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(06), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15641

Sutrisno, Sudargo, & Titi, R. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK Kimia Industri Theresiana Semarang. JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3626

Uji, L. T., Asikin, M., & Mulyono, M. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Model Pembelajaran Brain Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 6. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1071

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Implusif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi: Program Pascasarjana UNESA.

Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Pos, J. J. K. (2013). Profil Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13–24. https://www.researchgate.net/profile/Dian-Septi-Nur-Afifah/publication/318967128_PROFIL_METAKOGNISI_SISWA_DALAM_MENYELESAIKAN_SOAL_SISTEM_PERSAMAAN_LINEAR_DUA_VARIABEL_BERDASARKAN_GAYA_KOGNITIF_METAKOGNISI’S_PROFILE_STUDENT_IN_SOLVE_EQUATION_SYSTEM_PROBLE

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113.

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir kritis siswa ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer dalam menyelesaikan masalah geometri. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.109




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.14064

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Firmansyah Alib Nur Wibowo, Yanuar Hery Murtianto, Sutrisno Sutrisno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter