Kajian Bibliometrik: Mathematical Communication dalam Pembelajaran Matematika

Riska Fitriani(1), Joko Soebagyo(2*)

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meninjau trend penelitian mathematics communication skills dalam pendidikan matematika dan memberikan rekomendasi variabel yang memiliki potensi untuk diteliti di masa mendatang. Metode analisis bibliometrik digunakan untuk menjaring artikel penelitian yang relevan. Data pencarian diambil dari media Google Scholar dimulai dari 0-0 dengan kata kunci mathematics communication skills dan mathematics education. Hasil penyaringan artikel mendapati 472 artikel dari 980 artikel dalam rentang tahun 1964-2022. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, analisis data menggunakan Harzing's Publish atau Perish, Excel dan VOSviewers. Manfaat dari penelitian ini ialah dapat membantu para peneliti yang akan meneliti lebih lanjut mengenai mathematics communication skills dengan melihat peluang yang sudah ditemukan pada penelitian ini. Hasil penelitian memberikan rekomendasi variabel yang memiliki potensi diteliti di masa mendatang terkait mathematics communication skills yaitu mathematical content, evaluation, dan mathematical understanding.


Keywords


Bibliometrics; Mathematical Communication, Mathematics Education

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151–164. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1586

Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2021). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v5i2.1673

Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3966

Hiebert, J. (1992). Reflection and communication: Cognitive Considerations in School Mathematics Reform. International Journal of Educational Research, 17(5), 439–456. https://doi.org/10.1016/S0883-0355(05)80004-7

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Kajori, F. I., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(2), 103–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v3i2.11111

Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik terhadap Trend Riset Matematika Terapan di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234–241. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835

Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62

Laksananti, P. M., Setiawan, T. B., & Setiawani, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma, 8(1), 88–96. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Maulyda, M. A., Annizar, A. M., Hidayati, V. R., & Mukhlis, M. (2020). Analysis of students’ verbal and written mathematical communication error in solving word problem. Journal of Physics: Conference Series, 1538(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1538/1/012083

Nengsih, G. A., & Syamsuri, S. (2022). Keluwesan Memberikan Ide dalam Berpikir Kreatif Melalui Proses Matematisasi untuk Memecahkan Masalah Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 7(2), 219. https://doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13033

Niss, M., & Højgaard, T. (2019). Mathematical Competencies Revisited. Educational Studies in Mathematics, 102(1), 9–28. https://doi.org/10.1007/s10649-019-09903-9

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.155

Qohar, A. (2011). Pengembangan Instrumen Komunikasi Matematis untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika FMIPA, 5, 44–57. https://eprints.uny.ac.id/6968/1/Makalah Peserta 4 - Abd. Qohar2.pdf

Raymond, A. M. (1997). Inconsistency between a beginning elementary school teacher’s mathematics beliefs and teaching practice. Journal for Research in Mathematics Education, 28(5), 550–576. https://doi.org/10.2307/749691

Rohmah, F. F., & Soebagyo, J. (2022). Investigasi Kemampuan Penalaran Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMP Ditinjau dari Emotional Intelligence. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 149–158. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/1854

Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis Bibliometrik Jurnal Marine Research in Indonesia. Media Pustakawan, 25(4), 60–65. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/view/200

Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590

Sarumaha, K. S., Sarumaha, R., & Gee, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV di Kelas VIII SMPN 3 Maniamolo Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–14. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Afore/article/view/432

Setyaningsih, I., Indarti, N., & Jie, F. (2018). Bibliometric analysis of the term’green manufacturing’. International Journal of Management Concepts and Philosophy, 11(3), 315–339. https://doi.org/https://doi.org/10.1504/IJMCP.2018.093500

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Supriani, Y., & Sholahudin, U. (2019). Mengembangkan Kemampuan Memformulasikan Konjektur Siswa melalui Experiential Learning. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 173. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3885

Uhl Chamot, A., Dale, M., O’Malley, J. M., & Spanos, G. A. (1992). Learning And Problem Solving Strategies Of Esl Students. Bilingual Research Journal, 16(3–4), 1–34. https://doi.org/10.1080/15235882.1992.10162635

Wantika, R. R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Geometri Sudut. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 69–74. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1043.69-74

Willig, A. C. (2012). A meta-analysis of selected studies on the effectiveness of bilingual education. The New Immigration: An Interdisciplinary Reader, 55(3), 249–287. https://doi.org/10.4324/9780203621028-22




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13680

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Riska Fitriani, Joko Soebagyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter