Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi
(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir logis matematis siswa yang ditinjau dari kecemasan matematika ketika melaksanakan pembelajaran luring kembali. Kualitatif deskriptif digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa angket kecemasan matematika dan tes uraian kemampuan berpikir logis matematis serta dilengkapi dengan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Siswa kelas VIII dipilih untuk menjadi subjek dalam penelitian ini. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan hasil angket kecemasan matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memiliki kecemasan rendah, sedang, dan tinggi itu berbeda-beda pada setiap indikatornya. Siswa dengan kecemasan matematika tinggi mampu menyelesaikan soal secara runtut dan menarik kesimpulan dengan tepat, sedangkan siswa dengan kecemasan matematika sedang hanya menjawab soal dengan operasi matematika sederhana dan siswa dengan kecemasan matematika tinggi tidak mampu menyelesaikan soal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Andriawan, B., & Budiarto, M. T. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. MATHEdunesa:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v3n2.p%25p
Anita. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp. Infinity Journal, 3(1), 125. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43
Anita, N., Rahmawati, A., & Asriningsih, T. M. (2020). Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami, 3(1), 206–211.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika Dan Pemahaman Matematis. Jurnal Formatif, 6(20), 12–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Choirudin, Amalia, S., Ningsih, E. F., Wahyudi, A., & Fathani, A. H. (2021). Kecemasan Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Matematika Selama Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ). SNASTEP: Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects Of Mathematics Anxiety In Pre-service Teacher Education. AARE 2011 Conference Proceedings, 1–14.
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Fadiana, M., Amin, S. M., & Lukito, A. (2018). Profil Generalisasi Berdasarkan Perspektif Semiotik Siswa Operasional Konkret Dan Operasional Formal. JIPMat, 3(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2517
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2015, 459–467.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 179–188. https://doi.org/https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Fitriyah, D. M., Indrawatiningsih, N., & Khoiri, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 1. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5286
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi FS, C. A. (2020). Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 2(1), 59–72. https://doi.org/: http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16312
Hastuti, E. S., Umam, K., Eclarin, L., & Perbowo, K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual Dalam Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 61–86. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914 1.
Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan Matematik Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205–214. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no2.2019pp205-214
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika : Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal Of Mathematics Education And Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537
Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28
Maharani, R. (2018). Kontribusi Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Matematis Logis Terhadap Penyelesaian Masalah Pembuktian Dan Kecemasan Matematika. INSPIRAMATIKA - Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 89–101. https://doi.org/https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v4i2.1074
Mawaddah, S. (2017). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dengan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia Dengan Tema “Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif,” 501–511.
Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid-19 Menurut Perspektif Siswa SMA Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501
Nofrialdi, I., Maison, & Muslim. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(November), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.248
Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. In Solo: Cakra Books.
Nurjanah, I., & Alyani, F. (2021). Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah pada Pembelajaran Matematika dalam Jaringan. Jurnal Elemen, 7(2), 407–424. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3522
Pane, L. Y., Kamid, & Asrial. (2013). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains, 2, 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i2.1668
Sukendra, I. K. (2018). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Emasains, VII(1), 91–98.
Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan Dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, Dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 17. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.228
Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan , Aktivitas , Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134–147. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10
Utami, A. K. S., & Haerudin. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Logis Matematis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762
Wulandari, L., & Fatmahanik, U. (2020). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi. LAPLACE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.312
Yanti, D. I., & Fadiana, M. (2022). Korelasi Antara Kecemasan Matematika Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(April), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i1.3678
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13602
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tiara Ameylia, Meyta Dwi Kurniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530