Analisis Bibliometrik dengan Kata Kunci Mathematical Critical Thinking Student Independent Menggunakan VOSviewer
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan analisis bibliometrik yang dilakukan untuk studi tren publikasi, pertumbuhan kutipan pola penerbit, dan lain-lain. Aspek yang terkait dari jurnal individu, bidang subjek dan institusi terkait tema “Mathematical Critical Thinking Student Independent”. Data penelitian diambil dari Google Scholar dalam 10 tahun terakhir dengan maximum number of results 1000. Diperoleh sebanyak 442 artikel hasil dari proses penyaringan direalisasikan dalam grafik pemetaan sesuai tahun proses penyaringan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.921
Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451
Benyamin, B., Qohar, A., & Sulandra, I. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 909–922. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574
Cahyadi, D., Peri, M., & Awang, Imanuel Sairo Rayo, K. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VA SD Negeri 09 Sintang Tahun Pelajaran 2020/2021. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 5(1), 152–161. https://doi.org/https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1651
Chotimah, S., Ramdhani, F. A., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Negeri di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.71
Comarú, M. W., Lopes, R. M., Braga, L. A. M., Batista Mota, F., & Galvão, C. (2021). A bibliometric and descriptive analysis of inclusive education in science education. Studies in Science Education, 57(2), 241–263. https://doi.org/10.1080/03057267.2021.1897930
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.889
Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production: How great is the impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831. https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z
Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2021). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 91–102. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v5i2.1673
Fitriani, N., & Yuliani, A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p91-97.168
Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/article/view/677
Haniyah, D., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender berbasis VOSViewer. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 121–136. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/3966
Hapsari, S. (2016). A Descriptive Study of the Critical Thinking Skills of Social Science at Junior High School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(3), 228–234. https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i3.3791
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Herawati, P., Utami, S. B., & Karlina, N. (2022). Analisis Bibliometrik: Perkembangan Penelitian Dan Publikasi Mengenai Koordinasi Program Menggunakan Vosviewer. Jurnal Pustaka Budaya, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.31849/pb.v9i1.8599
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis kemampuan berfikir kritis matematik serta kemandiriaan belajar siswa smp terhadap materi SPLDV. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Hidayat, W., & Sari, V. T. A. (2019). Kemampuan berpikir kritis matematis dan adversity quotient siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/1454
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 157. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3325
Kajori, F. I., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 3(2), 103–113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30596%2Fjmes.v3i2.11111
Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik terhadap Trend Riset Matematika Terapan di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234–241. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835
Kristial, D., Soebagjoyo, J., & Ipaenin, H. (2021). Analisis biblometrik dari istilah “Etnomatematika.” Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(2), 178–190. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.62
Maghfiroh, L. N., & Soebagyo, J. (2022). Android-Based Mathematics Learning Media Development Research: A Bibliometric Analysis using VosViewer. Jurnal Pendidikan, 23(2), 842–852. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp842-852
Nurfitriyanti, M., Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Adversity Quotient dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 263. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5929
Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1445
Pratiwi, V. E., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 6(2), 11–18.
Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Di Bandung Barat. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
Razak, F. (2018). Hubungan Kemampuan Awal Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas Vii Smp Pesantren Immim Putri Minasatene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.299
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika : Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590
Soebagyo, J., & Putri, D. A. (2022). Analisis Riset Kalkulus Peubah Banyak dengan Database Google Scholar Menggunakan VosViewer. Jurnal Mathematics Education Sigma, 3(2), 59–65. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/10583
Sugestiana, S., & Soebagyo, J. (2022). Bibliometrik Research Trends on the Utilization of Learning Management System in Mathematics Learning on Google Scholar Using Vosviewer. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 5(4), 936–947. https://doi.org/10.29062/edu.v5i4.326
Supinah, R., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Terhadap Tren Penggunaan ICT Pada Pembelajaran Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 276–290. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6153
Thomson, S., De Bortoli, L., & Buckley, S. (2013). The PISA 2012 assessment of students’ mathematical, scientific and reading literacy Programme for International Student Assessment (PISA) PISA 2012: How Australia measures up Australian Council for Educational Research.
Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13529
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
Copyright (c) 2022 Widya Saviraningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530