Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Materi Pythagoras

Ida Ma'rifah(1), Burhanudin Arif Nurnugroho(2*)

(1) Unversitas Ahmad Dahlan
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan proyek ini adalah membuat video pembelajaran menggunakan pendekatan CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) sebagai skenario video yang valid dan praktis serta dapat membantu siswa kelas VIII memahami materi Pythagoras. Penelitian ini berjenis R&D (Reasearch and Development) dengan pendekatan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi) melalui angket validasi ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Data diperoleh untuk mengetahui validitas dan kepraktisan pembelajaran video. Rata-rata gabungan penilaian ahli materi sebesar 3,53 dengan kriteria sangat baik, 3,63 dengan kriteria sangat baik untuk ahli media, dan tanggapan siswa terhadap video memperoleh rata-rata 3,05 kriteria baik pada uji coba kelas kecil dan 2,92 kriteria baik pada uji coba kelas besar. Video pembelajaran berbasis model CORE pada materi Pythagoras ini valid dan praktis digunakan dalam kelas, sesuai dengan hasil pengujian.


Keywords


Development; Learning Video; CORE; ADDIE; Pythagoras;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdigapbarova, U., & Zhiyenbayeva, N. (2022). Organization of student-centered learning within the professional training of a future teacher in a digital environment. Education and Information Technologies, 1–15.

Annajmi, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/110

Asmi, A. N., & Mulyatna, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Daryanto. (2016). Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Fitriani, S., Syarifuddin, H., & Nasution, M. L. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran connecting organizing reflecting extending. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(2), 19–24. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5546

Geven, K., & Editoring, R. S. (2021). Student-Centered Learning. In Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_305166

Koehler, A. A., & Meech, S. (2022). Ungrading Learner Participation in a Student-Centered Learning Experience. TechTrends, 66(1), 78–89.

Komariah, S., Suhendri, H., & Hakim, A. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP Berbasis Android. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(1), 43. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i1.2805

Konita, M., Asikin, M., & Asih, T. S. N. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 611–615. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29072

Liljedahl, P., Santos-Trigo, M., Malaspina, U., & Bruder, R. (2016). Problem solving in mathematics education. Springer Nature.

Mulyatna, F. (2019). Proses Pembentukan Konsep dalam Menemukan Kembali Teorema Pythagoras dan Miskonsepsi yang Terjadi dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 1(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.762

Mulyatna, F., Nurrahmah, A., & Seruni. (2020). Look Same but Different: Misconceptions in Linear Combinations BT - Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education (SEMANTIK 2019). 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.107

Nur, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Self-Confidence Peserta Didik. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.

Pribadi, B. A. (2017). Media dan teknologi dalam pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rochim, A., Herawati, T., & Nurwiani, N. (2021). Deskripsi Pembelajaran Matematika Berbantuan Video Geogebra dan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–280. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.996

Santosa, M. H. (2022). Student-centered Learning. OSF Preprints. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/5xmkt

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117

Soubra, L., Al-Ghouti, M. A., Abu-Dieyeh, M., Crovella, S., & Abou-Saleh, H. (2022). Impacts on Student Learning and Skills and Implementation Challenges of Two Student-Centered Learning Methods Applied in Online Education. Sustainability, 14(15), 9625.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sumargiyani, S., Susandi, A. D., Ainurrahman, M. A., & Nafi’ah, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Untuk Memahamkan Konsep. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 129–139. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1727

Yang, J., Zhang, Y., Pi, Z., & Xie, Y. (2021). Students’ achievement motivation moderates the effects of interpolated pre-questions on attention and learning from video lectures. Learning and Individual Differences, 91, 102055. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.lindif.2021.102055




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v8i1.13372

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ida Ma'rifah, Burhanudin Arif Nurnugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter