Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Kekongruenan

Fernanda Amalia Putri(1*), Suparman Suparman(2)

(1) Universitas Ahmad Dahlan
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbantuan Powtoon dengan pendekatan kontekstual pada materi kekongruenan serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan video pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX C SMP Negeri 4 Sewon, sedangkan instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli materi, validasi ahli media, respon siswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penilaian video pembelajaran memperoleh rata-rata 4,4 oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat baik dan 4,44 oleh ahli media menunjukkan kriteria sangat baik. Untuk respon siswa memperoleh rata-rata 4,45 pada uji coba kelas kecil yang termasuk kriteria sangat baik dan rata-rata uji coba kelas besar 4,22 menunjukkan kriteria sangat baik. Dengan demikian, video pembelajaran berbantuan Powtoon dengan pendekatan kontekstual materi kekongruenan valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Congruence; Contextual Approach; Learning Video; Powtoon;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297

Annur, M. F., & Hermansyah, H. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195–201. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/article/view/2544

Aprilia, D. A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 2(1), 52–61. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931

Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389

Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416–428. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391–400. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461

Bonar, N., Repo, F. M., & Calesti, N. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Masa Pandemi dengan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JUWARA: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 172–185. http://jurnal.smpharapanananda.sch.id/index.php/juwara/article/view/19

Destria, R. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual. Disertasi: UIN Raden Intan Lampung.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fitri, A., Netriwati, N., & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492

Fitri, F., Lamada, M. S., & Zulhajji, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Mit App Inventor di SMKN 2 Wajo. Jurnal MediaTIK, 4(1), 1–4. https://doi.org/10.26858/jmtik.v4i1.19720

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Makmuri, M., Wijayanti, D. A., Salsabila, E., & Fadillah, R. N. (2021). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Persamaan Garis Lurus Untuk Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 643–654. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.535

Mulyatna, F., Imswatama, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Design Ethnic-Math HOTS: Mathematics Higher Order Thinking Skill Questions Based On Culture and Local Wisdom. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(1), 48. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i1.3059

Nisa, A., MZ, Z. A., & Vebrianto, R. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 95–105. http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan Penggunaan Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring. E-Dimas: Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6417

Pratiwi, M. S., & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 12115. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1783/1/012115/meta

Purba, H. S., Saputra, N. A. B., & Adini, M. H. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powtoon Bagi Guru Madrasyah Aliyah Amuntai. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 385–390. https://www.researchgate.net/profile/Harja-Santana-Purba-2/publication/356183073_Pelatihan_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Menggunakan_Powtoon_Bagi_Guru_Madrasyah_Aliyah_Amuntai/links/61a486283068c54fa524c32c/Pelatihan-Pengembangan-Media-Pembelajaran-Meng

Pusat Penilaian Pendidikan Kemendikbud. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2019. Diakses 17 Oktober 2021. https://hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 2(1), 427–433. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/167

Ridha, M., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Septiyani, E., & Apriyanto, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Tingkat SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 153–164. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5230

Sufrah, L. I., Nasution, A. S., & Nurdalilah, N. (2021). Pembelajaran Sistem Persamaan Linier dengan Dua Variabel Melalui Pendekatan Kontekstual Di SMP. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 511–514. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/814

Tsani, D. F., & Saputra, R. (2021). Pengembagan Media Pembelajaran Board Game Go-Metra untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 15–30. https://doi.org/https://doi.org/10.28918/circle.v1i1.3676

Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p

Yulia, E. R., Wahyuni, I., & Maharani, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3009–3016. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.731




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13219

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fernanda Amalia Putri, Suparman Suparman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter