Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Pembelajaran Creative Problem Solving

Arina Ulil Faroh(1*), Mohammad Asikin(2), Sugiman Sugiman(3)

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat terjadi pada pembelajaran, salah satunya pada pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran CPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode yang digunakan adalah literature review, dengan 15 artikel yang di-review. Berdasarkan kajian literatur diperoleh hasil, yaitu: 1) model pembelajaran CPS terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, kemampuan pemecahan masalah, dan penalaran adaptif; 2) model pembelajaran CPS menggunakan empat tahapan, yaitu: klasifikasi masalah, mengemukakan pendapat, evaluasi dan pemilihan, serta implementasi. Selama proses pembelajaran dengan model CPS perlu diciptakan lingkungan yang kondusif.


Keywords


Literature Review; Creative Problem Solving; Creative Thinking;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agoestanto, A., & Masitoh, S. (2021). Mathematical creative thinking ability viewed from students’ learning interest and adversity quotient through creative problem-solving learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042074

Akhdiyat, A. M., & Hidayat, W. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematik Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1045–1054.

Arifah, N., & Asikin, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-Ended ( Sebuah Kajian Teoritik ). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 441–446.

Asikin, M., Prastiyo, D. P., & Suhito. (2019). Students ’ mathematical creative thinking ability in creative problem solving learning based on self-esteem. UNNES Journal of Mathematics Education, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.25263

Avvisati, F., Echazarra, Givord, P., & Schwabe, M. (2019). Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018. In OECD Publishing: Vols. I–III.

Aziz, Z., Prasetia, I., Muhammadiyah, U., Utara, S., & Kreatif, K. B. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal EduTech, 7(1), 107–113.

Eftafiyana, S., Nurjanah, S. A., Armania, M., Sugandi, A. I., & Fitriani, N. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Teorema: Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 85–92.

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING ( cps ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Jurnal Gammath, 4(1).

Hendra, A. H., Junaedi, I., & Soedjoko, E. (2018). Mathematical creative thinking ability viewed from the types of personality on CPS learning model. UNNES Journal of Mathematics Education, 7(2), 137–140. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i2.22790

Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 9–16. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220

Hsm, S. A. A. P., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri. (2021). Kemapuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Self Regulated Learning dengan Pendekatan Open-Ended Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(1), 11–22. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i1.847

Hu, R., Xiouhui, S., & Shieh, C. J. (2017). A Study on the Application of Creative Problem Solving Teaching to Statistics Teaching. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 8223(7), 3139–3149. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00708a

Khalid, M., Saad, S., Rafiah, S., Hamid, A., Abdullah, R., Ibrahim, H., & Shahrill, M. (2020). Enhancing Creative and Problem Solving Skills Through Creative Problem Solving in Teaching Matematics. Creativity Studies, 13(2), 270–291.

Kim, S., Choe, I., & Kaufman, J. C. (2019). The development and evaluation of the effect of creative problem- solving program on young children ’ s creativity and character. Thinking Skills and Creativity, 33(August 2018), 100590. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100590

Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2016). The Literature Review Six Steps to Success (3rd ed.).

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Munafiah, S., Rochmad, & Dwijanto. (2019). Disposisi Matematis pada Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 819–823.

Murwaningsih, T., & Fauziah, M. (2022). The Effectiveness of the TASC , CPS , and DI on Divergent Thinking Skill at Elementary School in Indonesia. International Journal of Instruction, 15(1), 167–184. https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iji.2022.15110a

Muthaharah, T. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63–75.

Puspita, L., Supriadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungsi Kelas X MAN 2 Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1), 1–12.

Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper : A step - by - step approach. International Journal of Basic and Applied Science, 03(01), 47–56.

Rolia, Rosmiyadi, & Husna, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Program Linear Kelas XI SMK. VOX EDUKASI, 8(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v8i2.39

Septian, A., Komala, E., & Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 8(2), 182–190.

Sholihah, F., Suyitno, H., & Dwijanto. (2022). Creative Mathematical Thinking Ability in Creative Problem Solving Model Viewed from Gender. Journal of Primary Education, 9(1), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v11i3.36047

Suherman, S., & Vid´akovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(March), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Wahyuningsih, S., Satyananda, D., Octoviana, L. T., & Nurhakiki, R. (2019). Implementation of Creativity Problem Solving Model Using E-Learning in Applied Graph Theory Course Implementation of Creativity Problem Solving Model Using E-Learning in Applied Graph Theory Course. Journal of Physics: Conference Series, 1227(012017), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012017

Wasiran, Y., & Andinasari. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 51–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1466 Meningkatkan




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13071

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Arina Ulil Faroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter