Keluwesan Memberikan Ide dalam Berpikir Kreatif Melalui Proses Matematisasi untuk Memecahkan Masalah Matematis
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keluwesan memberikan ide dalam berpikir kreatif melalui proses matematisasi untuk memecahkan masalah matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas XI MIPA yang telah mendapatkan materi barisan dan deret. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini ada tiga tahap yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 3 kelompok siswa yang berbeda. Kelompok flexibility yang pertama dapat melewati semua proses matematisasi horizontal dan melewati semua proses matematisasi vertikal, serta mampu menyelesaikan masalah dengan 2 cara yang berbeda. Selanjutnya, kelompok flexibility yang kedua mampu melewati semua proses matematisasi horizontal dan melewati semua proses matematisasi vertikal, namun hanya mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan 1 cara. Sedangkan kelompok flexibility yang ketiga hanya mampu mengungkapkan hubungan antara bahasa masalah dengan simbol matematika.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Cai, J., & Ding, M. (2017). On mathematical understanding: perspectives of experienced Chinese mathematics teachers. Journal of Mathematics Teacher Education, 20(1), 5–29. https://link.springer.com/article/10.1007/s10857-015-9325-8
Chamberlin, S. A. (2010). Mathematical problems that optimize learning for academically advanced students in grades K-6. Journal of Advanced Academics, 22(1), 52–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/1932202X1002200103
Chong, M. S. F., Shahrill, M., Putri, R. I. I., & Zulkardi. (2018). Teaching problem solving using non-routine tasks. AIP Conference Proceedings, 1952(1), 20020. https://doi.org/https://doi.org/10.1063/1.5031982
Cropley, A. J., & Cropley, D. (2009). Fostering creativity: A diagnostic approach for higher education and organizations. Hampton Press Cresskill, NJ. https://www.researchgate.net/profile/Arthur-Cropley/publication/259979702_Fostering_Creativity_A_Diagnostic_Approach_for_Higher_Education_and_Organisations/links/00b7d5300b04a8d78c000000/Fostering-Creativity-A-Diagnostic-Approach-for-Higher-Education-and-
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi kemampuan berpikir kreatif matematika pokok bahasan peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/460/0
Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://www.neliti.com/publications/266424/peningkatan-pemahaman-konsep-matematis-melalui-penggunaan-media-kantong-bergamba
Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika Dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Maulana, F., & Yuniawati, N. T. (2018). Students’ problem solving ability in non-routine geometry problem. International Journal of Information and Education Technology, 8(9), 661–667. https://www.researchgate.net/profile/Fajri-Maulana/publication/325969122_Students’_Problem_Solving_Ability_in_Non-routine_Geometry_Problem/links/5bd32569299bf1124fa4d0c9/Students-Problem-Solving-Ability-in-Non-routine-Geometry-Problem.pdf
Minarni, A., Napitupulu, E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 43–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22342/jme.7.1.2816.43-56
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mualifah, M., Basuki, K. H., & Lestari, I. (2020). Pengaruh berpikir kreatif dan percaya diri terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 213–222. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5312
Mulyani, S. (2020). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Syntax Idea, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i3.160
Mulyatna, F., & Kusumaningtyas, W. (2017). Simbolisasi dalam Metode Numerik sebagai Representasi Konsep dan Prosedur. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 73–86. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i2.129
Nuramalina, Y., Hendrayana, A., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Rigorous Mathematical Thinking ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis dan Gaya Belajar Matematis. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 13(1), 133–149. https://doi.org/https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/6035
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of students’ creative thinking in solving arithmetic problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/iejme/3962
Rahmawati, D. (2020). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 13–21. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/2647
Rahmawati, T., Yuhana, Y., & Anriani, N. (2019). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12650
Rismawati, M., & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 91–105.
Ruseffendi, H. E. T. (2010). Perkembangan pendidikan matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Safi’i, A., & Bharata, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis terhadap Kemampuan Computer Self-Efficacy. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 215–226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9826
Shofwah, N., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Berdasarkan Gender di MTs Al-Khairiyah Pakuncen Serang Banten. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 163–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i2.8999
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Students’ Creative Thinking in Solving and Posing Mathematical Problem. Journal on Mathematics Education, 1(1), 17–40. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jme.1.1.794.17-40
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Torrance, E. P. (1972). Predictive Validity of The Torrance Tests of Creative Thinking. The Journal of Creative Behavior, 6(4), 236–252. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.1972.tb00936.x
Utomo, H. P., Hendrayana, A., Yuhana, Y., & Saputro, T. V.D. (2021). Pengaruh Gender terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Ditinjau dari Minat Belajar. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v3i2.12643
Winarso, W. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 95–118. https://badge.dimensions.ai/details/doi/10.24235/eduma.v3i2.58?domain=https://www.syekhnurjati.ac.id
Wulandari, M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan dalam menyelesaikan soal materi barisan pada siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 571–578. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i3.571-578
Yimer, A., & Ellerton, N. F. (2006). Cognitive and metacognitive aspects of mathematical problem solving: An emerging model. Mathematics Education Research Group of Australsia, Conference Proceedings, 575–585.
Zamakhsyari, & Rahayu, S. (2020). Fostering Ill-Structured Problem-Solving Skills of Chemistry Students Using Socioscientific Issues as Learning Contexts. AIP Conference Proceedings, 2215(1), 020027.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13033
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Gita Ayu Nengsih, Syamsuri Syamsuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530