Penerapan Team Game Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama PTMT

Salwa Sausan(1*), Rusydi Ananda(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) merupakan tujuan penelitian ini dilaksanakan. Penelitian dilakukan pada bulan November 2021. Lokasi penelitian berada di SMP Swasta YPK Medan. Sebanyak 26 siswa kelas VII dijadikan subjek dalam penelitian ini. Angket, lembar observasi, dan tes digunakan sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana guru bertindak sebagai peneliti. Adapun penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu : 1) Model Team Game Tournament dapat membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar: 2) Hasil belajar siswa dapat meningkat dengan penerapan model Team Game Tournament selama PTMT dengan manajemen waktu yang tepat.


Keywords


Team Game Tournament; Classroom Action Research; Limited Face to Face Learning Process;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.321.8

Damayanti, S., & Apriyanto, M. T. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235–244. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2497

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 49. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Seminar Nasional Sains 2020, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

Hamzah, M. ., & Muhlisrarini. (2018). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Depok: PT. Raja Grafindo Indonesia.

Kesuma, A. T. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Erlangga.

Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan Perubahan dari TCL (Teacher Center Learning) ke SCL (Student Center Learning). 1(9), 76–86.

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Pattanang, E., Limbong, M., & Tambunan, W. (2021). Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Pada Smk Kristen Tagari. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–120. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i2.3275

Ratieh, W., & Fachrurrozie. (2014). Teams Games Tournament (Tgt) Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.15294/dp.v9i1.3355

Sani, Z. M., Sudarmin, & Nurhayati, S. (2016). Pembelajaran team game tournament berbantuan media numbered card untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 56–65.

Sugiata, I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Ulia, N. (2016). Peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun datar dengan pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/626

Utarni, H., & Mulyatna, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematics Education dengan Strategi Means Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 02(01), 15–34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/ja.v2i1.1399




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.13029

Article Metrics

Metrics Loading ...

Metrics powered by PLOS ALM

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Salwa Sausan, Rusydi Ananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530 Flag Counter