Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring bagi Siswa SMA Selama Masa Covid-19
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(*) Corresponding Author
Abstract
Dalam masa pandemi Covid-19 pembelajaran daring menjadi salah satu pembelajaran yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran. Selama proses pembelajaran daring berlangsung pasti menghadapi berbagai kesulitan atau kendala, khususnya pada pelajaran matematika. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesulitan belajar matematika secara daring bagi siswa SMA selama masa Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey, yaitu dengan melakukan penyebaran angket secara online. Subjek penelitian ini ialah siswa SMA kelas X IPS 4 di SMA Negeri 3 Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran daring dari kebanyakan siswa. Kesulitan peserta didik selama pembelajaran daring adalah masalah sinyal atau jaringan internet dan kondisi kuota yang terbatas. Kesulitan yang dihadapi siswa saat belajar matematika daring karena beberapa faktor, antara lain: 1) Rumus yang berlebihan, 2) Sedikitnya korelasi antara pendidik dan siswa, 3) Terlalu banyak soal yang diberikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al Amin, Y., & Murtiyasa, B. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(1), 49–65. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/mtk/article/view/15463
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297
Annisah, S., & Masfiah, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. JPSP, 1(1), 61–70.
Apriliyani, S. W., & Mulyatna, F. (2021). Flipbook E-LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras. Prosiding Seminar Nasional Sains, 2(1), 491–500. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5389
Arbain, A., & Farman, F. (2021). Pembelajaran Daring Masa Darurat Covid-19 Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.720
Ayus, A. D., Gusniwati, G., & Buhaerah, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Daring (E-Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 31–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5052
Badraeni, N., Pamungkas, R. A., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2020). Analisis kesulitan siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematik dalam mengerjakan soal pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 247–253. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.195
Choirudin, Amalia, S., Ningsih, E. F., Wahyudi, A., & Fathani, A. H. (2021). Kecemasan Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Matematika Selama Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ). SNASTEP: Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang.
Falah, H., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Smp Berdasarkan Motivasi Pada Pembelajaran Daring. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(1), 8–17. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/peka/article/view/1253
Fatmianeri, Y., Hidayanto, E., & Susanto, H. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 50–62. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Handayani, I., & Asri, A. M. A. N. (2021). Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 202–210. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36014
Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2020). Efektivitas Online Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 311–318. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1199
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/3207
Lisgianto, A., & Mulyatna, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dimensi Tiga Berbasis Etnomatematika untuk SMK Teknik. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 15–28. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/5558
Maharani, A., Krisdianto hadiprasetyo, & Exacta, A. P. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Darurat Covid-19 Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Ngadirojo Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 6(2), 6–12. https://doi.org/10.53565/pssa.v6i2.182
Melfawani, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Learning Management System Selama Pandemi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 837–847.
Mishra, D. L., Gupta, D. T., & Shree, D. A. (2020). Online Teaching-Learning in Higher Education during Lockdown Period of COVID-19 Pandemic. International Journal of Educational Research Open. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
Muslih, M. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI TEKNIK MNEMONIC DEVICE SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SULANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Ilmiah Didaktika PGRI, 8(1), 1–7. http://didaktika.id/index.php/didaktika/article/view/93
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi barisan dan deret dengan langkah-langkah menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 371–384. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3681
Rakhmah, B., Sapti, M., & Pangestika, R. R. (2021). Deskripsi Kendala Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3738–3746. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1449
Rerendo, E. F., Pangesti, G. D., Mukarromah, N. A. A., Putri, V., Zulkardi, Z., & Sari, N. (2021). Peningkatan Keprofesionalan Guru Matematika Selama Pandemi Melalui Pelatihan dan Pembinaan Guru. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 156–166. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/30197
Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/180
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmetika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 567–574. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/4018
Setiawan, N., Azizah, P. N., Yuanita, V. E., Masruroh, V., Rahmawati, P., Mardikasari W, S., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa SMP di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 91–95. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1811
Setiawan, T. H., & Aden, A. (2020). Efektifitas penerapan blended learning dalam upaya meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa melalui jejaring schoology di masa pandemi covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 493–506. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/5366
Setyorini, I. (2020). Pandemi covid-19 dan online learning: apakah berpengaruh terhadap proses pembelajaran pada kurikulum 13? Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1b), 95–102. https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/31
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa melaksanakan pembelajaran secara daring selama masa pandemi covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 142–146. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2202
Subaidah, S., & Nuryanti, N. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. SUPERMAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 50–63. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/721
Suherman, S., Komarudin, K., & Supriadi, N. (2021). Mathematical creative thinking ability in online learning during the Covid-19 Pandemic: A systematic review. Online Learning in Educational Research, 1(2), 75–80. http://publicatio.bibl.u-szeged.hu/24526/1/49-279-1-PB.pdf
Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051–1061. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.491
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wiratomo, Y., & Mulyatna, F. (2020). Use of Learning Management Systems in Mathematics Learning during a Pandemic. Journal of Mathematical Pedagogy (JoMP), 1(2), 62–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jomp.v1n2.p%25p
Yansa, H., & Retnawati, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 84–97. https://www.researchgate.net/profile/Hajra-Hajra-Yansa/publication/348590613_Identifikasi_Praktik_dan_Hambatan_Guru_dalam_Asesmen_Kognitif_Matematika_di_Masa_Pandemi_COVID-19/links/60068141299bf14088a63ba7/Identifikasi-Praktik-dan-Hambatan-Guru-dalam-Asesmen-Kognitif-Matematika-di-Masa-Pandemi-COVID-19.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v7i2.12987
Article Metrics
Metrics powered by PLOS ALM
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ummu Hanifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat: Jln. Nangka No. 58C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530